Melansir dari laman resmi covid19.go.id pada 11.53 WIB, diketahui hingga saat ini terdapat 859,031 kasus infeksi corona di seluruh dunia dengan tingkat kesembuhan sebanyak 178.101 kasus dan tingkat kematian sebanyak 42.322 kasus. Sayangnya, sebagian besar dari kasus kematian akibat virus corona di dominasi oleh pasien lanjut usia. 

Hal ini terjadi lantaran orang lanjut usia biasanya memiliki tingkat imunitas yang lemah. Selain itu, banyak ditemukan pula penyakit komplikasi seperti diabetes, gangguan pada organ vital seperti jantung, paru-paru hingga hati yang mereka idap sebelumnya.  

Meskipun begitu, ternyata kesembuhan untuk pasien lanjut usia dari virus corona bukanlah hal mustahil. Buktinya, deretan pasien berusia 90 hingga lebih dari 100 tahun ini berhasil sembuh dari virus corona. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini! 

1. Terserang gagal jantung, nenek berusia 102 tahun asal Italia ini sembuh dari Corona

Inilah Lansia Berusia Ratusan Tahun yang Berhasil Sembuh dari CoronaZoomradio.com

Setelah menghabiskan waktu 20 hari  karantina di rumah sakit, seorang perempuan lanjut usia di Italia berhasil dinyatakan sembuh dari virus corona. Hebatnya, pasien bernama Italica Grondona ini berhasil bertahan melawan virus corona di usiannya yang kini menginjak 102 tahun! 

Hal ini tentu menjadi kabar baik, mengingat angka kematian akibat virus corona di Italia di dominasi oleh orangtua lanjut usia. Sebelumnya, Italica mulai menjalani perawatan di rumah sakit setelah  terdeteksi positif virus corona yang akhirnya membuatnya mengalami gagal jantung ringan.  

"Italica (Grondona) mewakili harapan bagi semua orang lanjut usia yang menghadapi pandemi ini," ujar Vera Sicbaldi, dokter yang merawatnya.  
 

2. Kakek berusia 100 tahun jadi pasien tertua yang sembuh dari corona di Tiongkok

Inilah Lansia Berusia Ratusan Tahun yang Berhasil Sembuh dari CoronaTelegraph.com

Seorang laki-laki asal Tiongkok berusia 100 tahun dilaporkan berhasil sembuh dari virus corona. Ia pun menjadi pasien tertua yang berhasil sembuh dari virus corona di negeri tirai bambu tersebut. 

Sebelumnya, pasien ini dikabarkan menderita alzheimer, hipertensi, dan gagal jantung. Ia pun mulai dirawat secara intensif di Rumah Sakit Bersalin dan Perawatan Kesehatan Anak Hubei pada 24 Februari lalu, setelah positif terinfeksi virus corona.  

Tiongkok sendiri telah melaporkan lebih dari 80.000 kasus infeksi virus corona dengan 3.000 kasus kematian yang sebagian besar terjadi di provinsi Hubei. 

3. Tanpa terapi antivirus, nenek berusia 95 tahun berhasil mengalahkan corona

Inilah Lansia Berusia Ratusan Tahun yang Berhasil Sembuh dari CoronaCarehome.uk

Juga dari Italia, seorang nenek berusia 95 tahun dikabarkan sembuh dari virus corona. Nenek bernama Alma Clara Corsini yang berasal dari Provinsi Modena, Italia ini mulai dirawat intensif sejak 5 Maret kemarin. 

Alma bahkan berhasil terbebas dari virus corona tanpa terapi antivirus. Ia pun menjadi warga asal Modena pertama yang berhasil sembuh dari corona. Setelah dinyatakan sembuh, Alma dipulangkan dan kembali ke panti jompo tempat ia tinggal. 

"Ya, ya, saya baik-baik saja," katanya melansir dari New York Post.  

4. Kakek berusia 101 tahun ini jadi pasien laki-laki tertua di Italia yang sembuh dari corona

Inilah Lansia Berusia Ratusan Tahun yang Berhasil Sembuh dari CoronaWest-info.com

Kabar baik selanjutnya juga datang dari Italia. Ada seorang kakek berusia 101 tahun asal Kota Rimini, Italia yang berhasil sembuh dari corona. Kakek Ini mulai dirawat di rumah sakit sejak pertengahan Maret lalu.  

Kabar kesembuhannya pun menjadi perbincangan di kalangan rumah sakit. Wakil Wali Kota Rimini, Gloria Lisi pun memberikan semangat bahwa masih ada kesempatan sembuh dari coron, bahkan untuk para orang tua berusia lanjut. 

"Keluarganya membawanya pulang tadi malam, meninggalkan pelajaran bahwa bahkan pada usia 101, masa depan belum ditentukan," ujarnya.  

Kabar baik seperti ini jadi bikin tambah semangat, ya, Bela!

Baca Juga :

Menurut WHO, Ini 7 Cara Efektif Hindari Penyebaran Corona di Kantor 
Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Virus Corona  
Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Jangan Asal, Begini Tahapan Mencuci Tangan Yang Benar  
7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Virus Corona