Isu rasisme memang masih hangat di sekitar kita. Bahkan salah sedikit berucap, bisa-bisa kena sanksi sosial, salah satunya berupa hujatan dari warganet.

Baru-baru ini, anak dari Iis Dahlia, Juwita Salshadilla mendapat kecaman dari warganet lantaran ucapannya yang mengatakan bahwa orang India itu jorok. Tak disangka, ucapannya tersebut menjadi viral dan bahkan direspon oleh Kareen Kapoor. Kareena Kapoor menanggapinya dengan menuliskan "Watch your mouth".

Menjadi viral dan perbincangan, Salsha mengatakan bahwa ia tak sadar jika omongannya tersebut direkam dan diunggah ke media sosial. Semoga saja selanjutnya, Salsha lebih berhati-hati lagi ya saat berbicara.

Namun, nggak sih, bukan cuma anak Iis Dahlia saja, ternyata sederet selebriti ini pernah tersandung masalah karena ucapan bernada rasismenya, lho! Mulai dari Wendy "Red Velvet" sampai Camila Cabello. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

1. Wendy "Red Velvet"

Dikritik Warganet, 5 Selebritas Ini Sempat Tersandung Kasus RasismeInstagram.com/wendy.site

Main vocal dari grup jebolan SM Entertaiment, Red Velvet, ini ternyata juga pernah tersandung kasus ucapan rasisme. Ya, saat itu, Wendy mencoba mempraktekan perbedaan logat antara orang kulit hitam dan kulit putih di Amerika Serikat.

Wendy pun memperagakan gaya bicara orang kulit putih yang tinggi dan lembut, sedangkan orang kulit hitam dengan suara tegas dan sedikit kasar. Hal ini kemudian membuat Wendy dihujani komentar negatif karena dianggap rasis. 

2. Esha Gupta

Dikritik Warganet, 5 Selebritas Ini Sempat Tersandung Kasus RasismeInstagram.com/eshagupta143

Artis papan atas Bollywood yang juga Miss India Internasional 2007 ini juga pernah melakukan hal serupa. Ya, Esha pernah terlihat memposting tangkapan layar dari pesan teks bersama temannya di Instagram yang membicarakan tentang kekalahan Arsenal pada 2019 lalu.

Sayangnya, saat itu Esha terlihat mengatakan ucapan-ucapan rasis kepada pemain sayap Arsenal, Iwobi. Esha menyebut Iwobi dengan sebutan "gorila", "evolusi berhenti untuknya",  sampai "Tidak berubah dari Neanderthal menjadi manusia". 

3. Siddhant Arora

Dikritik Warganet, 5 Selebritas Ini Sempat Tersandung Kasus RasismeInstagram.com/siddant.aurora

Salah satu anggota dari grup K-Pop, Z-Pop, ini juga pernah terkena hujatan karena ucapan rasisnya. Ya, saat itu Sid, nama panggungnya, menulis caption disebuah foto yang diunggahnya di media sosial dengan ucapan "Fake niggas trynna' steal my thunder". 

Warganet menyoroti penggunaan kata "nigga" yang merujuk pada panggilan kasar bagi orang kulit hitam dan menganggap Sid sebagai seorang yang rasis.

4. Liam Neeson

Dikritik Warganet, 5 Selebritas Ini Sempat Tersandung Kasus Rasismehollywoodreporter.com

Aktor kawakan yang berkebangsaan Irlandia Utara, Liam Neeson, juga kembali ramai dibicarakan karena ucapan rasisnya beberapa waktu silam.

Saat itu, Liam mengatakan ingin membunuh orang kulit hitam setelah memperkosa salah satu teman perempuannya. Ucapan kemarahan Liam itu kemudian direspon negatif oleh warganet karena dianggap sangat rasis.

5. Camila Cabello

Dikritik Warganet, 5 Selebritas Ini Sempat Tersandung Kasus RasismeInstagram.com/camila.cabello

Pelantun lagu Havana ini ternyata juga pernah tersandung masalah rasisme. Ya, saat itu, ada warganet yang menemukan akun media sosial Camila yang mengunggah ucapan rasis soal orang Meksiko dan kulit hitam. Saat itu, Camila menulis: "Lelucon orang Meksiko dan orang berkulit hitam kurang lebih sama setelah kau mendengar Juan, kau mendengar Jamal."

Unggahannya ini pun kembali viral di media sosial. Melihat hal itu, Camila meminta maaf karena kesalahannya saat berumur 15 tahun kala itu.

Baca Juga: 10 Kontroversi yang Menimpa TWICE, Dituduh Rasis Hingga Pacaran!