Kabar baik untuk kamu ingin melanjutkan pendidikan dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah! KIP ini memang ditujukan untuk meringankan beban kamu yang ingin melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.

Siap-siap nih, Bela, karena pendaftaran KIP Kuliah tahun 2020 sendiri sudah mulai bisa kamu mulai sejak tanggal 26 Februari lalu sampai 31 Oktober mendatang.

Merangkum dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI dan berbagai sumber, simak syarat dan cara mendaftar KIP 2020 ya, Bela.

Syarat Pendaftaran

Sebelum mengikuti cara-cara mendaftar KIP Kuliah, pastikan kamu memenuhi syarat di bawah ini, ya!

Cara Daftar KIP Kuliah 2020, Perhatikan Syarat Penting Ini!Dok. Internet
  1. Kamu harus berstatus lulusan SMA atau sederajat atau maksimal 2 tahun sebelumnya.
  2. Pastikan kamu sudah memiliki dokumen-dokumen seperti NISN, NIK, NPSN serta alamat email yang valid, ya!
  3. Kartu KIP Kuliah ini tidak bisa didapatkan jika kamu adalah pemilik Kartu Keluarga Sejahtera dan Kartu KIP sebelumnya.
  4. Kartu KIP Kuliah bisa kamu dapatkan jika kamu sudah berhasil lolos dalam tes penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ataupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).
  5. Akreditasi program studi (prodi) di perguruan tinggi tersebut harus bernilai A atau B. Namun, dengan pertimbangan lebih jauh, akreditasi C juga bisa memiliki kemungkinan. 

Cara Pendaftaran KIP Kuliah 2020:

Setelah seluruh syarat sudah terpenuhi, langsung saja ikuti cara pendaftarannya di bawah ini, yuk!

Cara Daftar KIP Kuliah 2020, Perhatikan Syarat Penting Ini!Calliebethphoto.com
  1. Buka https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Kamu juga bisa mengaksesnya melalui aplikasi KIP Kuliah.
  2. Isi kolom data yang tertera di sana. Seperti NIK, NISN, NPSN, hingga alamat email-mu. Pastikan data yang kamu masukkan tepat, ya!
  3. Setelah itu, sistem akan melakukan validasi data-data yang sudah kamu berikan. Kamu akan dipertimbangkan apakah layak memperoleh KIP Kuliah. Jadi, sabar menunggu, ya!
  4. Cek email-mu! Jika kamu lolos, sistem akan mengirimkanmu sebuah kode akses yang tertaut pada emailmu.
  5. Setelah di klik, kamu akan diarahkan untuk log-in dan menentukan jalur penyeleksian yang harus diikuti.
  6. Pilih jalur penyeleksian yang paling kamu percayai bisa lolos. Apakah SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN, atau Ujian Mandiri. 
  7. Setelah itu, selesaikan proses pendaftaran, hingga tes pendaftaran mahasiswa baru di PTN atau PTS dengan prodi yang sudah kamu pilih pada portal sistem informasi perguruan tinggi tersebut.
  8. Jika kamu dikabari telah berhasil lolos di perguruan tinggi tersebut, maka selanjutnya lakukan verifikasi di perguruan tinggimu untuk direkomendasikam sebagai mahasiswa penerima KIP Kuliah.
  9. Jika kode akses sudah diberikan, masuk ke  https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ atau aplikasinya untuk melakukan pendaftaran.
  10. Jika sudah, log-in dan masukkan alamat email-mu untuk verifikasi data.
  11. Terakhir, isi semua form data diri yang ada dalam dashboard. Pastikan seluruh menu sudah bercentang hijau, ya!

Itulah persyaratan, cara daftar dan membuat KIP Kuliah 2020. Selamat mencoba, Bela!