Film komedi keluaran dari MNC Pictures yang berjudul Temen Kondangan siap tayang pada akhir Januari 2020 ini. Film yang dibintangi oleh Gading Marten dan Prisia Nasution ini mengangkat topik yang tak biasa, yaitu datang ke kondangan mantan. Nggak cuma dateng, tapi banyak konflik yang tidak terduga yang dikemas dengan seru dan lucu pastinya. 

Walaupun ber-genre komedi, film ini punya banyak banget pelajaran hidup yang bisa kita ambil lho. Di bawah ini popbela sudah merangkum 5 pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari film Temen Kondangan. Yuk disimak!

1. Jangan utamakan gengsi

Bikin Ketawa Terus, Ini 5 Pelajaran Hidup dari Film 'Temen Kondangan'instagram/film_temenkondangan

Seberapa banyak dari kita yang suka belanja hanya untuk memenuhi gengsi? Belanja tas branded agar dilihat wah oleh teman sekantor, beli mobil baru agar dibilang orang kaya atau bahkan memakai perhiasan agar membuat orang lain terkesan. Hal-hal seperti tadi sebenarnya sah-sah saja ketika apa yang kita beli memang sesuai dengan keperluan dan kondisi keuangan kita. Tapi jangan sampai hal-hal tadi kita lakukan hanya agar orang-orang terkesan pada kita. Jika terus dipupuk, hal tersebut dapat membahayakan diri kita sendiri loh. 

Seperti di film ini, Fitri (Olivia Jensen) tidak ingin merayakan pesta pernikahan yang terlalu mewah. Tetapi ayahnya bersikukuh ingin membuatkan pesta pernikahan yang besar, karena gengsi dengan teman-teman kerjanya yang kaya raya. Gengsi hanya membuat kita terlihat kaya, bukan benar-benar kaya. 

2. Percaya diri

Bikin Ketawa Terus, Ini 5 Pelajaran Hidup dari Film 'Temen Kondangan'instagram/film_temenkondangan

Percaya diri menjadi salah satu hal penting yang harus kita semua miliki. Entah itu dalam hal berbicara di depan umum, mengeluarkan ide-ide, atau bertemu dengan orang lain. Scene dimana Putri (Prisia Nasution) malu jika sampai datang ke kondangan mantan sendirian dan akhirnya memutuskan untuk mencari pendamping, mengajarkan kita untuk tetap pede dalam segala kondisi. Jangan takut untuk melakukan hal yang berbeda daripada umumnya ya Bela. Datang ke kondangan mantan sendirian, siapa takut?

3. Jujur

Bikin Ketawa Terus, Ini 5 Pelajaran Hidup dari Film 'Temen Kondangan'instagram/film_temenkondangan

Tentunya udah pada tahu dong kalau dibohongin itu nggak enak? Sama seperti ketiga teman Putri yaitu, Lulu (Ovi Dian), Olive (Sahira Anjani), dan Gaby (Yeslin Wang) yang kebingungan karena ada 3 lelaki yang berbeda yang Putri bawa ke kondangan. Yang satu mengaku sebagai kekasihnya, yang satu lagi mengaku sebagai tunangannya. Duh, ribet banget ya Bela kalau kebohongan kita sampai terbongkar. Maka dari itu film Temen Kondangan mengingatkan kita untuk selalu berlaku jujur, meskipun kejujuran itu menyakitkan. 

4. Jangan berlaku gegabah

Bikin Ketawa Terus, Ini 5 Pelajaran Hidup dari Film 'Temen Kondangan'instagram/film_temenkondangan

Banyak kekacauan yang terjadi dalam film ini karena bertindak gegabah. Salah satunya scene dimana Yusuf (Reza Nangin) menonjok salah seorang penyanyi yang mengganti lirik lagu buatannya. Setiap tindakan pasti ada resikonya, maka dari itu setiap tindakan harus didasari dengan pikiran yang jernih. Sehingga perilaku kita tidak merugikan baik orang lain, maupun diri kita sendiri. 

5. Jangan terlalu memikirkan omongan orang lain

Bikin Ketawa Terus, Ini 5 Pelajaran Hidup dari Film 'Temen Kondangan'instagram/film_temenkondangan

Dengan masih berpegang teguh pada prinsipnya, Putri (Prisia Nasution) nggak mau datang ke kondangan mantan sendirian. Cuma karena takut dengan apa kata orang tentang dirinya, dia akhirnya terjebak dalam sebuah konflik yang bertubi-tubi. Memang nggak bisa kita pungkiri nih Bela kalau penilaian orang lain itu bisa jadi mempengaruhi kita. Bahkan sering buat kita jadi minder. 

Nggak masalah sih kalau kamu ingin mendengar komentar orang lain supaya bisa menginstrospeksi diri sendiri. Eits, tapi ingat jangan sampai hal itu membuat kamu stres sehingga menghambat kamu untuk bertumbuh. Kamu nggak memiliki kewajiban untuk menyenangkan semua orang kok, begitu juga dengan mereka. 

Itu dia beberapa pelajaran hidup dari film Temen Kondangan. Saksikan keseruan film Temen Kondangan yang segera tayang di seluruh bioskop Indonesia tanggal 30 Januari 2020 ini. Jangan lupa ajak orang terdekat kamu ya, Bela!

Baca Juga: Review Film Habibie & Ainun 3: Kisah Cinta dan Cita yang Inspiratif