Semua orang tentu memiliki beberapa kebiasaan yang rasanya, sulit untuk dilepaskan. Tanpa terkecuali kamu, bukan? Sehingga tidak jarang, kamu pun mengalami kesulitan untuk menghentikan beberapa kebiasaan yang dianggap aneh atau merugikan pola hidup.

Tahukah kamu? Berdasarkan MIT News yang fokus pada educational research, kebiasaan nyatanya berhubungan dengan kinerja otak, sehingga kamu melakukan kebiasaan secara otomatis. Namun, ada beberapa kebiasaan aneh yang nyatanya bermanfaat bagi otak.

Berikut adalah lima kebiasaan aneh yang mampu meningkatkan kemampuan otak.

1. Selalu mengubah tata ruang rumah

Tak Disangka! 5 Kebiasaan Aneh Ini Justru Meningkatkan Kemampuan Otakpinterest.com

Setiap manusia akan selalu menemukan momen yang membuatnya merasa bosan terhadap segala sesuatu. Sehingga tidak sedikit yang cenderung melakukan perubahan signifikan terhadap pola hidup maupun penampilan internal dan eskternal.

Salah satunya adalah kebiasaan mengubah tata ruang secara terus-menerus dan dalam rentang waktu yang singkat. Mulai dari mengubah tata letak furnitur hingga menggantinya dengan furnitur baru. Semuanya dilakukan utnuk menampilkan konsep desain yang baru.

Menariknya, kebiasaan tersebut nyatanya membuat otak terkejut terhadap suasana yang baru. Sehingga kejutan tersebut membantu pengembangan jaringan otak.

2. Membuka kaca jendela saat berkendara

Tak Disangka! 5 Kebiasaan Aneh Ini Justru Meningkatkan Kemampuan Otakmitchamdrivingschool.blogspot.com

Rasanya, cukup aneh jika seseorang terbiasa membuka jendela saat berkendara. Pasalnya, bukankah kebiasaan tersebut dapat membuat pengalaman berkendara terganggu oleh polusi udara? Selain itu, membuka jendela dapat mengundang aksi kejahatan, bukan?

Meski begitu, tahukah kamu? Apabila seseorang terbiasa membuka kaca jendela saat berkendara dengan memerhatikan situasi dan kondisi dengan benar, hippocampus atau bagian otak yang bertanggung jawab untuk memori akan berkembang dengan baik.

Pasalnya, bau, suara, hingga pemandangan yang menyatu dalam pergerakan tertentu, membuat seseorang secara otomatis melakukan refleksi terkait kenangan.

3. Selalu mengganti aroma parfum

Tak Disangka! 5 Kebiasaan Aneh Ini Justru Meningkatkan Kemampuan OtakPexels.com/Retha Ferguson

Sebagai perempun yang peduli akan penampilan luar, kamu pasti turut memerhatikan aroma tubuhmu melalui penggunaan parfum. Tentu, memilih aroma yang tepat dan sesuai karakter merupakan bagian dari tips menggunakan parfum dengan tepat.

Namun, tahukah kamu? Beberapa perempuan nyatanya suka mengganti aroma parfum secara berkala. Sehingga otak terbiasa belajar mengasosiasi aroma-aroma yang berbeda untuk membangun jalur saraf yang baru di otak.

4. Mandi sambil memejamkan mata

Tak Disangka! 5 Kebiasaan Aneh Ini Justru Meningkatkan Kemampuan OtakPexels.com/Pixabay

Kamu tentu setuju bahwa mandi bukan hanya aktivitas wajib untuk membersihkan tubuh. Namun juga, mandi memberi kesegaran dan waktu untuk melakukan refleksi tersendiri. Tentu, hal tersebut bukan berarti bahwa kamu akan menutup mata sambil mandi, bukan?

Menariknya, beberapa orang nyatanya tidak merasa canggung untuk mandi sambil memejamkan mata. Meskipun terdengar cukup aneh, kebiasaan tersebut nyatanya mampu memaksimalkan kinerja otak pada beberapa bagian tertentu.

Tidak hanya itu, mandi sambil memejamkan mata disebut-sebut dapat meningkatkan kemampuan indra taktil, seperti indra pengecap, rasa, penciuman, serta raba.

5. Cara membaca yang berbeda

Tak Disangka! 5 Kebiasaan Aneh Ini Justru Meningkatkan Kemampuan OtakPexels.com/Dima Valkov

Sebagaimana yang kamu ketahui, membangun kebiasaan membaca merupakan hal yang sangat baik untuk dilakukan. Selain menambah wawasan sekaligus memaksimalkan kemampuan otak, kamu akan merasakan perubahan mental yang bersifat comforting.

Akan tetapi, tahukah kamu? Membaca dengan cara yang berubah-ubah akan jauh lebih berguna untuk kemampuan otakmu. Spesifiknya adalah jika kamu membaca dari bersuara keras dan kemudian berubah menjadi membaca dalam hati.

Yup, perubahan cara membaca yang berbeda-beda ini akan mengaktifkan beberapa bagian penting di dalam otak sekaligus membantu otak untuk bekerja lebih giat.

Apakah informasi mengenai kebiasaan aneh di atas yang justru meningkatkan kemampuan otak, relatable sama kamu, Bela? Lanjutkan!

Baca Juga: Hati-hati! 13 Kebiasaan ini dapat Mengganggu Sistem Kerja Otakmu!

Baca Juga: Bisa Mencegah Alzheimer, Ini 12 Makanan yang Baik untuk Otak

Baca Juga: 6 Cara Mudah Meningkatkan Fungsi dan Kesehatan Otak, Yuk Terapkan!