Berbicara mengenai cinta, kamu pasti akan memikirkan beberapa adegan romansa yang cenderung didominasi pada beberapa judul drama Korea, bukan? Tidak hanya adegan-adegan romansa kekinian, tetapi juga beberapa hal yang manis dan menggemaskan dari kehidupan ber-setting di masa lalu.

Yup, hal itu dapat kamu saksikan melalui drama Korea terbaru Youth of May (2021) yang mempertemukan Lee Do Hyun dan Go Min Si sebagai pasangan di era 1980-an. Berbicara mengenai era tersebut, kamu pun teringat dengan beberapa judul film seperti, Reply 1988 (2015), bukan? Selain itu, ada lagi lho, yang tak kalah seru!

1. Youth of May (2021)

https://www.youtube.com/embed/w7JG-DUAzIg

IMDb:8/5 | Pemain: Lee Do Hyun, Go Min Si, Keum Sae Rok, Lee Sang Yi

Diketahui mengambil genre melodrama, Youth of May (2021) menceritakan kisah percintaan seorang perempuan miskin dengan pria kaya. Keduanya bertemu pada 1980-an, ketika tuntutan sosial dan batasan-batasan tertentu masih terlihat begitu jelas untuk mampu memisahkan keduanya.

2. Reply 1988 (2015)

https://www.youtube.com/embed/SV5jPHCMoJY

IMDb: 9,1/10 | Pemain: Hyeri, Park Bo Gum, Ryu Jun Yeol

Sesuai judulnya, drama Korea Reply 1988 (2015) mengambil latar era tahun 80-an. Ia menceritakan kisah mengenai persahabatan di sebuah gang perumahan. Persahabatan tersebut tidak hanya fokus pada kaum muda-mudi, tetapi para orangtua yang hidup bertetangga secara harmonis.

3. Girls Generation 1979 (2017)

https://www.youtube.com/embed/VcwCZf3Ac8U

IMDb: 8,1/10 | Pemain:Yeo Heo Hyun, Bona, Lee Jong Hyun

Diadaptasi dari sebuah novel karya Kim Young Hee, Girls Generation 1979 (2017) menghadirkan kisah cinta dan persahabatan remaja di dunia SMA pada era tersebut. Mulai dari kedatangan seorang siswi baru yang merebut hati seorang pria, hingga perseteruan dalam pertemanan akibat rasa cemburu.

4. Mr. Sunshine (2018)

https://www.youtube.com/embed/rPJSo4fhtRU

IMDb: 8/8 | Pemain: Lee Byung Hun, Kim Tae Ri, Yoo Yeon Seok, Byun Yo Han

Ada masanya ketika Korea Selatan menjadi salah satu korban penjajahan dari negara Kekaisaran Jepang. Di masa itulah, seorang tentara Amerika Serikat keturunan Korea Selatan, datang ke negeri asalnya dan bertemu dengan seorang perempuan Korea Selatan yang menumbuhkan nilai-nilai nasional dan kemanusiaan.

5. Love Rain (2012)

https://www.youtube.com/embed/qpP9rwg6dDg

IMDb: 7,6/10 | Pemain: Jang Keun Suk, Im Yoon Ah, Kim Shi Hoo, Seo In Guk

Menghadirkan nuansa melankolis pada kisah percintaan yang tak berjalan mulus, Love Rain menyambungkan rentetan adegan pada 1970-an dan abad 21. Kedua masa yang berbeda tersebut memperlihatkan betapa kontrasnya momen kebahagiaan di masa lalu dan perpisahaan di masa depan.

Jadi, film manakah yang akan segera kamu tonton untuk kembali ke masa lalu?

Baca Juga: 10 Foto Kenangan Masa Lalu Artis yang Bikin Melongo, Bisa Nebak Nggak?

Baca Juga: Menegangkan, 6 Drama Korea Ini Diangkat dari Kisah Nyata

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Netflix Berlatar Zaman Kerajaan