Melirik popularitas drama Korea di kancah internasional, siapa yang dapat meragukan kualitas sinematografi serta alur yang cerita yang menarik? Belum lagi deretan nama-nama bintang dengan kemampuan akting sekaligus penampilan visual yang nyaris sempurna.

Tidak aneh, penggemar drama Korea cenderung mengikuti perkembangan setiap episode dengan antusias yang tinggi. Sampai-sampai tidak sedikit yang memilih untuk melakukan marathon drama Korea atau menyaksikan rentetan episode sekaligus.

Dampaknya, rutinitas sehari-hari mungkin dapat terganggu. Untuk meminimalkan gangguan tersebut, sebaiknya dilakukan dengan cara melakukan keempat hal ini!

1. Membatasi waktu menonton

Resolusi Berhenti Kecanduan Drama Korea, Lakukan 4 Hal Ini! hancinema.net

Ketika kamu berniat untuk meminimalkan kecenderungan untuk menyaksikan drama Korea secara terus-menerus, kamu harus mampu membatasi rentang waktu terkait. Hal ini tentunya sangat berhubungan erat dengan jumlah episode yang sebaiknya kamu tonton.

Jika biasanya kamu menyaksikan rentetan episode berdasarkan mood maupun rasa penasaranmu, coba latih pengendalian diri untuk membatasi waktu sekitar satu hingga dua jam. Dengan kata lain, cukup tonton drama Korea satu hingga dua episode setiap harinya!

2. Bagaimana dengan hiburan lain?

Resolusi Berhenti Kecanduan Drama Korea, Lakukan 4 Hal Ini! hancinema.net

Memang, semua orang membutuhkan hiburan. Tanpa terkecuali Bela yang berhak mendapatkan self-reward berupa drama Korea kesayangan. Akan tetapi, tidakkah kamu pernah berpikir bahwa memiliki beragam jenis hiburan jauh lebih menyenangkan?

Yup, selain drama Korea, kamu pun bisa menghibur diri dengan beragam kegiatan lainnya yang tidak kalah menyenangkan. Sebut saja aktivitas bermain sepeda atau lari pagi yang mempertemukanmu pada alam hingga membaca buku yang memberi wawasan baru.

3. Atur jadwal keseharian secara ketat

Resolusi Berhenti Kecanduan Drama Korea, Lakukan 4 Hal Ini! Pinterest.com/park rajaa

Sebagai perempuan dewasa, kamu tahu betul bahwa kehidupan sehari-harimu penuh dengan rutinitas dan tanggung jawab. Begitu juga waktu khusus yang tetap bersifat wajib untuk menghibur dirimu sendiri atau beristirahat dari aktivitas yang melelahkan.

Namun, kamu harus ingat bahwa waktu per harinya cukup singkat  untuk memuat semua aktivitas tersebut. Untuk itulah, kamu sebaiknya mengatur jadwal keseharian dan melakukannya secara ketat. Sehingga semua kegiatan dapat berjalan dengan seimbang!

4. Terapkan contoh positif dalam drama Korea

Resolusi Berhenti Kecanduan Drama Korea, Lakukan 4 Hal Ini! Twitter.com/kdramaquotes

Sebagaimana yang kamu ketahui, drama Korea tidak hanya menghadirkan alur cerita yang menarik, tetapi juga inspiratif. Hal ini terpampang jelas dari beragam adegan yang sangat membangun dan memotivasi seseorang untuk menjalani keseharian secara positif.

Mulai dari drama Korea berjudul Reply 1988 (2015) yang mengajarkanmu untuk mencintai keluarga dan sahabat, hingga Itaewon Class (2020) yang menginspirasimu untuk tidak mudah menyerah. Sebagaimana yang terlihat pada Record of Youth (2020).

Nah, saat menonton, kamu sebaiknya meresapi nilai-nilai positif yang sengaja dihadirkan tersebut. Kemudian, jangan lupa untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-harimu. Termasuk memiliki kehidupan yang stabil dan penuh tanggung jawab.

Bonus: ingat pesan idola!

Resolusi Berhenti Kecanduan Drama Korea, Lakukan 4 Hal Ini! Dok. Internet

Siapa bilang, drama Korea hanya membawamu masuk ke dalam dunia fantasi yang menarik dan penuh inspirasi positif? Sebagaimana pengalamanmu, kamu pun turut masuk ke dalam dunia idola kesayanganmu yang seketika membuat hati bahagia.

Oleh karena itulah, bagaimana jika kamu mengingat pesan-pesan positif para idola. Seperti Kai EXO yang sempat mengingatkan para penggemarnya untuk selalu meluangkan waktu untuk belajar dan bekerja. So, pastikan kamu melakukan pesan idolamu, ya!

Baca Juga: Inilah 5 Drama Korea yang Terinspirasi dari Kisah Nyata 

Baca Juga: Startup: Bukan Drama Korea Biasa, Ini 5 Pelajaran Terkait Dunia Kerja!

Baca Juga: 6 Gejala Akut Ini Menandakan Kamu Sudah Jadi Fans Drama Korea