Berbicara mengenai artis idola Kpop, kamu pasti langsung membayangkan tampilan visual yang nyaris sempurna serta bakat yang terbilang bombastis di bidang seni. Sebut saja dunia tarik suara, dancing, hingga bidang akting yang turut dijajaki oleh para artis idola.

Namun, apakah kamu sadar bahwa artis idola juga pintar, lho! Hal tersebut ditandai dari kebiasaan memperluas wawasan dengan cara membaca buku. Buktinya, tidak jarang para artis idola Kpop kedapatan sedang membaca buku di sela waktu mereka yang padat.

Untuk itulah, Popbela sengaja merangkum setidaknya lima artis idol Kpop yang secara tidak langsung merekomendasi buku kesukaan mereka. Semuanya adalah best seller di Korea! 

1. V - BTS

Mengintip 5 Rekomendasi Buku Best-Seller Korea dari Artis Idola Kpopallkpop.com

Pada sebuah kesempatan, V BTS terlihat sedang membawa buku kala dirinya berada di sebuah bandara. Buku tersebut diketahui berjudul The Power of Words yang merupakan karya dari penulis terkenal asal Korea Selatan bernama Shin Dohyun dan Yoon Naru.

Sesuai judulnya, buku ini menulis hal-hal yang berkaitan dengan kecakapan berbahasa dalam berkomunikasi. Menariknya, penekanan dijabarkan dengan menggunakan beberapa kutipan-kutipan dari para filsuf ternama sekaligus pemikiran dari budaya Barat dan Timur.

2. RM - BTS

Mengintip 5 Rekomendasi Buku Best-Seller Korea dari Artis Idola KpopTwitter.com/choi_bts2

Bukan rahasia umum kalau leader dari grup musik BTS adalah sosok yang cerdas dan gemar membaca. Salah satu bukti yang berhasil diambil adalah momen ketika RM sedang duduk sambil mengambil waktu untuk membaca buku Almond karya Son Won Pyeong.

Diketahui buku ini memuat kata-kata yang bersifat memberi harapan. Dengan nuansa tersebut, buku pun disebut bagai sebuah petasan indah yang akan meledakkan seluruh emosi pembaca. Tidak aneh, Almond berhasil terkategorikan best seller di Korea Selatan.

3. Irene - Red Velvet

Mengintip 5 Rekomendasi Buku Best-Seller Korea dari Artis Idola Kpopkoreaboo.com

Kata multitalented rasanya tepat untuk menggambarkan seorang Irene yang berhasil membangun karier sebagai anggota Red Velvet sekaligus aktris. Belum lagi, Irene sangat giat dalam membaca buku dan menunjukkan kebiasaan tersebut sebagai contoh positif.

Salah satunya adalah buku berjudul Kim Ji Young, Born in 1982 karya Cho Nam Joo. Buku ini mengisahkan perjuangan seorang karakter ibu yang akan menyentuh hati seketika. Sampai-sampai buku ini pun diadaptasi ke dalam sebuah film berjudul sama.

4. Minhyun - NU'EST & Wanna One

Mengintip 5 Rekomendasi Buku Best-Seller Korea dari Artis Idola KpopDok. Internet

Nama Minhyun memang sudah dikenal sejak dirinya membangun karier lewat grup NU'EST. Namun, dia pun semakin menarik perhatian kpopers generasi saat ini ketika dirinya masuk ke dalam Wanna One. Dari situ, mata terus tertuju pada setiap aktivitasnya.

Tanpa terkecuali, kebiasaannya dalam membaca buku, seperti buku berjudul A Piece of the Moon karya Ha Hyun. Buku ini diketahui menuliskan catatan harian sang penulis yang dikemas dalam bentuk prosa yang sangat indah. Dipastikan, hati akan seketika tersentuh.

5. IU

Mengintip 5 Rekomendasi Buku Best-Seller Korea dari Artis Idola KpopDok. Internet

Di saat grup musik mendominasi dunia idola Kpop, penyanyi IU berhasil mempertahankan eksitensinya sejak awal berkarier pada 2008. Tidak aneh! IU memang sangat berbakat dan tampil menarik. Selain itu IU pun dikenal sebagai pribadi dengan pengaruh positif.

Salah satu pengaruh yang diberikan kepada khalayak publik adalah kebiasaan membaca. Dia pun merekomendasikan buku Castella yang berisi kumpulan cerita pendek milik Park Min Gyu sejak tahun 2003 - 2005. It sounds personal, don't you think?

Nah, pertanyaannya, kamu akan ikut membaca buku yang mana, nih? Biar makin semangat, bayangkan saja kamu membawa buku yang sama dengan artis idol terkait!

Baca Juga: Nggak Bermodal Paras Semata, 9 Idol Kpop Ini Gemar Membaca Buku

Baca Juga: Kreatif, Seandainya 10 Film Populer Ini Jadi Sampul Buku Tempo Dulu

Baca Juga: 5 Buku yang Cocok Dibaca untuk Kesehatan Mental Selama Pandemi