Mengintip popularitas dunia Kpop, semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan grup musik BTS. Namun, siapa yang sangka kalau kesuksesan BTS nyatanya berawal dari perjuangan yang sangat sulit. Yup, seperti lagunya, penuh dengan blood, sweet, and tears.

Sebut saja, fakta bahwa BTS meniti karier pada agensi entertainment yang sebelumnya terbilang kecil hingga beberapa cobaan dan kesulitan lainnya. Akan tetapi, kegigihan RM dan keenam anggota lainnya berhasil membuktikan bahwa mereka bisa dan mampu.

Kira-kira apa saja kunci sukses dan bahagia A la BTS? Siapkan catatanmu karena di bawah ini, Popbela telah merangkum beberapa pesan terkait dari sang Leader, RM.

1. Pendewasaan diri

Mau Sukses dan Bahagia A la BTS? Catat 7 Pesan RM mengenai Kehidupantimesofindia.indiatimes.com

"You know in your 20s, you have so many thoughts, they're like many branches in a tree. If my brain is a tree, there are so many branches. There's sadness, desparation, devastation, there's happiness, hope, everything. But when you get old, it gets cut... We have to feel pain and have to experience many things. But after that in 30s and 40s, if you got so many branches in your 20s... you will someday become a beautiful tree by your 30s and 40s."

Melansir dari simplypsychology.org, umur 20 tahun merupakan titik awal kedewasaan ketika seseorang mulai menemukan identitas dan nilai-nilai pribadinya sebagai manusia dewasa. Hal tersebutnya nyatanya turut diakui oleh RM BTS dalam sebuah kesempatan.

Menurutnya, umur 20 tahun menjadi awal seseorang mulai mengalami pertumbuhan melalui beragam kejadian positif maupun negatif. Dari titik awal inilah, tahun-tahun berikutnya seseorang akan merasakan buah dari proses pertumbuhan tersebut.

2. Ambisi untuk meraih kebahagiaan

Mau Sukses dan Bahagia A la BTS? Catat 7 Pesan RM mengenai Kehidupankpopping.com

"It's great to be ambitious and aim for more and more to be happy in the future, as I've lived up until now, but I think it's one of the nicest ways to live life if you know how to enjoy what is in the present."

Tidak menepis fakta bahwa seseorang yang memiliki ambisi tinggi sering kali dipandang dengan cara yang berbeda. Meskipun beberapa pihak akan mendukung, namun terdapat segelintir orang yang melihat hal tersebut sebagai sesuatu yang negatif atau berlebihan.

Namun, RM mengingatkan bahwa berambisi justru dapat dijadikan sebagai kunci untuk seseorang mengejar kebahagiaan dan bertahan untuk merebut hal tersebut. Tentu, dengan satu catatan bahwa orang yang berambisi sebaiknya tidak lupa untuk menikmat waktu saat ini.

3. Mencintai diri sendiri

Mau Sukses dan Bahagia A la BTS? Catat 7 Pesan RM mengenai KehidupanInstagram.com/btsnamjoon

"I think that there's no need to live your life based on the standard of others. Everyone says "dream big". But I don't think you have to live so fiercely like that all the time."

Bisa dibilang, pesan-pesan yang berkaitan dengan mencintai dan menghargai diri sendiri memang sudah menjadi salah satu trademark dari grup musik BTS. Bahkan sebelum meluncurkan album seri bertajuk Love Yourself, RM sudah menggalakkannya sejak lama.

Salah satunya, pada sebuah kesempatan, RM menekankan bahwa mencintai dan menghargai diri sendiri haruslah didasari dengan tidak menempatkan standar kehidupan kita dengan standar orang lain. Atau dengan kata lain, just focus on yourself, okay?

4. Kebahagiaan

Mau Sukses dan Bahagia A la BTS? Catat 7 Pesan RM mengenai Kehidupankoreaboo.com

"Happiness is not something that you have to achieve, you can still feel happy during the process of achieving something."

Tidak hanya para anggota BTS termasuk RM saja yang mendambakan kehidupan dengan bahagia. Setiap individu melakukan sekaligus mengejar hal-hal yang tujuan sebenarnya untuk merebut kebahagiaan. Namun, tidak menepis fakta ada cobaan dalam perjalanan.

Oleh karena itulah, RM mengingatkan para penggemar bahwa kebahagiaan tidak sebatas jalan yang mulus tanpa cobaan. Justru, dalam proses meraih sesuatu yang dipenuhi dengan kegundahan dan emosi lainnya, kamu pun tetap dapat merasa bahagia.

5. Harapan akan hari yang lebih baik

Mau Sukses dan Bahagia A la BTS? Catat 7 Pesan RM mengenai KehidupanDok. Naver x Dispatch

"Everyone suffers in their life. There are many sad days. But rather than days, we hope to have better days. That's what makes us live. That's what makes us dream."

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, proses meraih kebahagiaan tentulah tidak semulus yang kita harapkan. Jalan yang harus ditempuh berliku-liku dengan berbagai masalah dan cobaan. Momen-momen inilah yang cukup menantang dan membuahkan emosi negatif.

Fakta ini disadari sendiri oleh RM. Dalam sebuah kesempatan, RM mengatakan bahwa matanya terbuka pada penderitaan setiap individu. Namun, menurutnya, dalam keadaan tersebut, setiap dari kita dapat terus menaruh harapan paada hari yang lebih baik.

6. Belajar dari kesalahan

Mau Sukses dan Bahagia A la BTS? Catat 7 Pesan RM mengenai KehidupanAminoapps.com

"Life is a sculpture that you cast as you make mistakes and learn from them"

Tentu saja, tidak ada satupun manusia yang sempurna. Seberapa tangguh maupun suksesnya seseorang dalam kehidupan, ia pasti memiliki beberapa kekurangan. Tanpa terkecuali dalam melakukan kesalahan yang disengaja maupun tidak.

Akan tetapi, RM meminta para penggemar dan penikmat musik untuk tidak terjerumus dalam perasaan bersalah. Sebaliknya, RM mengingatkan bahwa kehidupan merupakan proses belajar dari kesalahan-kesalahan yang normalnya dilakukan oleh setiap individu.

7. Kegigihan dalam setiap batasan

Mau Sukses dan Bahagia A la BTS? Catat 7 Pesan RM mengenai Kehidupanfilmdaily.co

"I hope you know your limits well. But don't stay within those limits. Overcome the limits each day."

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tidak ada manusia yang sempurna. Itu artinya, setiap individu memiliki batasan-batasannya sendiri dalam melakukan berbagai hal. Tentu, fakta ini merupakan sesuatu yang normal tanpa indikasi yang menunjukkan sebagai kelemahan.

Untuk itulah, RM menyarankan agar setiap individu dapat mengenali sekaligus memahami batasan yang dimiliki. Dengan ini, seseorang dapat secara perlahan-lahan mencoba untuk menundukkan batasan tersebut dengan cara keluar dari zona nyaman.

Jadi, itulah tujuh dari banyaknya pesan positif terkait kehidupan yang diberikan oleh RM. Coba sebutkan satu pesan yang paling menyentuh hatimu, Bela!

Baca Juga: Kronologi Jason Derulo Diserang Army BTS, Dianggap Kacang Lupa Kulit

Baca Juga: RM BTS Ulang Tahun, Ini 10 Alasan Namjoon Terus Saja Memesona ARMY  

Baca Juga: Calon Miliarder Muda, BTS Masuk Pemegang Saham Terkaya di Korea