Beragam desas-desus, rumor hingga laporan yang bersifat negatif mengenai Korea Utara masih saja menarik perhatian warganet. Mulai dari kepemimpinan Kim Jong Un yang dinilai penuh dengan nilai kediktatoran dan tidak mengutamakan hak asasi manusia hingga ketimpangan sosial.

Namun, tahukah kamu? Korea Utara nyatanya tidak serta-merta dipenuhi dengan ragam sisi yang merugikan. Di balik citranya yang penuh misteri dan memberatkan pikiran manusia, Korea Utara tetap memiliki setidaknya lima fakta positif di balik kehidupan sosial di Korea Utara. Apa saja?

1. Tetangga sudah seperti saudara kandung

Kehidupan Sosial di Korea Utara Ada Positifnya Juga, Kok! Ini Faktanyascmp.com

Kehidupan bertetangga nyatanya tidak hanya melekat di kehidupan sosial di Korea Selatan seperti yang dipertontonkan dalam Reply 1988 (2015). Korea Utara pun sangat melestarikan gaya hidup tersebut. Dengan kehidupan yang saling mengandalkan satu sama lain, para tetangga nyaris mengenal semuanya.

Atas dasar itulah, hubungan atau relasi yang terbangun terbilang cukup emosional. Mereka dapat saling membantu atau saling membangun satu sama lain. No wonder, kehidupan sosial di Korea Utara sebenarnya dapat dikatakan cukup harmonis. Tepatnya dalam kehidupan kependudukan.

2. Masyarakat antusias terhadap hari libur nasional

Kehidupan Sosial di Korea Utara Ada Positifnya Juga, Kok! Ini Faktanyaapnews.com

Bisa dibilang, semua orang cenderung menantikan tanggal merah atau hari libur nasional, bukan? Pasalnya, itulah waktu untuk setiap penduduk mengambil waktu rehat dari rutinitas pekerjaan. Namun, masyarakat Korea Utara nyatanya memiliki alasan yang nasionalisme ketika hari libur nasional datang.

Yup, mayoritas masyarakat Korea Utara cenderung merenungkan setiap nilai-nilai peringatan pada hari libur nasional. Mereka pun secara mandiri menyelenggarakan pesta maupun acara yang lebih bermakna. Selain itu, mereka dapat berinisiatif untuk mengunjungi orangtua hingga para guru sebagai tanda hormat.

3. Pemerintah sering memberikan hadiah

Kehidupan Sosial di Korea Utara Ada Positifnya Juga, Kok! Ini Faktanyatheguardian.com

Berbicara mengenai sistem kenegaraan yang dianut oleh Korea Utara, kamu tentu telah mendengar beragam laporan berita yang negatif, bukan? Namun, siapa yang menyangka bahwa di sisi yang lain, Korea Utara tetap memperhatikan para penduduknya dengan cara memberikan hadiah spesial.

Yup, kamu tidak salah membacanya. Pemerintah Korea Utara sering kali memberikan hadiah kepada para penduduk. Biasanya hadiah yang diberikan berupa kebutuhan hidup seperti, makanan dan keperluan rumah tangga. Namun, hadiah yang menghibur seperti, televisi atau radio pun suka diberikan, lho!

4. Pendidikan dan kesehatan tanpa bayar

Kehidupan Sosial di Korea Utara Ada Positifnya Juga, Kok! Ini Faktanyaasiatimes.com

Para pejabat negara yang mendedikasikan dirinya sebagai bagian dari pemerintahan, memiliki kewajiban untuk memelihara kehidupan masyarakat. Khususnya adalah kebutuhan di bidang pendidikan maupun kesehatan. Kedua hal tersebut tentu saja menjadi pusat perhatian pemerintah Korea Utara, lho!

Tidak tanggung-tanggung! Tahukah kamu? Pemerintah Korea Utara memberikan akses pendidikan dan kesehatan kepada setiap penduduknya secara gratis atau tidak menuntut bayaran. Meski begitu, ada beberapa hal yang menjadi kewajiban finansial penduduk seperti buku pelajaran, seragam dan lainnya.

5. Kekayaan alam yang begitu indah

Kehidupan Sosial di Korea Utara Ada Positifnya Juga, Kok! Ini Faktanyareuters.com

Selain kultur dan budaya, sumber daya alam merupakan salah satu anugerah terindah yang membuat setiap negara berbeda dan spesial. Tentu, hal tersebut pastinya tidak luput dari negara Korea Utara yang diketahui memiliki kekayaan alam yang patut diacungkan jempol saking indahnya.

Pasalnya, Korea Utara disebut-sebut sangat menjaga sumber daya alam mereka hingga tidak mengalami kerusakan yang signifikan. Selain itu, beberapa sumber daya alam pun sengaja dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan para penduduknya. Tidak sedikit yang diolah sebagai bahan dagang ekspor.

Jadi, apakah kamu cukup tercengang dengan fakta-fakta positif mengenai Korea Utara di atas, Bela?

Baca Juga: Daftar Produk Ekspor Korea Utara, Untung Hingga Jutaan Dolar!

Baca Juga: Selain USB Drakor, Ini Benda Paling Laris Diseludupkan ke Korea Utara

Baca Juga: Cerita 5 Turis Asing ke Korea Utara: Ada yang Berujung Kematian