"Titik-titik hujan masih membasahi..."  inilah sepenggal kalimat yang disenandungkan oleh penyanyi sekaligus aktris kenamaan Indonesia, Sherina Munaf. Kamu pasti cukup familiar dengan lagu tersebut yang telah menemani masa kecilmu sebelumnya, bukan?

Tapi pertanyaannya, bagaimana dengan masa dewasamu saat ini ketika beberapa momen menghadirkan suasana melankolis di musim hujan? Terlebih lagi, saat perasaan yang penuh dengan kegalauan tahu-tahu timbul begitu saja.

Don't worry! Popbela sengaja menyediakan daftar lagu Korea melankolis yang bisa menemani sesi galau-mu di musim hujan. Yuk, mulai pahami dan rasakan emosimu!

1. Soyou & Mad Clown - "When It Rains"

https://www.youtube.com/embed/r9vpGNPbQW0

Kolaborasi antara Soyou dan Mad Clown terbilang sangat magical ketika "When It Rains" menyenandungkan karakter vokal keduanya yang kontras namun selaras. Dimulai dari suara manis milik Soyou hingga masuk ke dalam barisan rapping Mad Clown. Indeed, you'll get the best magic you need in the rain season!

2. Agust D feat. Suran - "So Far Away"

https://www.youtube.com/embed/UewJj8CpJiQ

Hujan membasahi ruang tak beratap, sehingga kamu pun terjebak dalam tempat teduh dengan segala pikiran yang berjalan. "Apa tujuan hidupku?" dan "apa impianku?" Suga BTS atau Agust D bersama Suran, memberi jawaban dalam lagu "So Far Away" bahwa impian bukanlah sesuatu yang harus kamu miliki.

3. Nell - "The Day Before"

https://www.youtube.com/embed/a6AzbOupbxk

Apa yang kamu rasakan ketika kamu melihat hujan yang terus membasahi ruang di luar jendelamu? Terkadang, kisah cinta di masa lalu terbesit sebentar, bukan? Kamu pun membutuhkan iringan melodi yang lembut dari Nell untuk memahami bahwa melupakan masa yang telah berlalu tidak cukup mudah untuk benar-benar dilupakan.

4. Taeyeong - "11:11"

https://www.youtube.com/embed/ulr0muQKjk0

Ketika hujan mulai turun, suara lain seolah-oleh meredup hingga tak terdengar. Kecuali gerak jarum jam. Orientasimu pun menantikan waktu 11:11 yang dikenal sebagai momen penuh harapan. Akankah waktu tersebut mengabulkan impianmu? Setidaknya, Taeyon menyenandungkan "11:11" dengan harapan untuk menenangkan jiwamu.

5. Heize - "You, Clouds, Rain"

https://www.youtube.com/embed/afxLaQiLu-o

Secara kasat mata, hujan hanya menghadirkan rintik-rintik hujan di muka bumi ini. Namun, dalam waktu bersamaan, kamu tahu betul bahwa memori ikut hadir dalam suasana melankolis di musim hujan. Anehnya, kamu setuju dengan Heize dalam lagu "You, Clouds, Rain" yang mengatakan, "I'd rather have this rain never stop so that I could live every day in my memories." Yup, mengapa memori tersebut terasa menyakitkan namun indah?

6. IU - "Through the Night"

https://www.youtube.com/embed/BzYnNdJhZQw

Apa yang terjadi jika hujan terus mengguyur permukaan bumi di malam hari? Sebuah misteri kehidupan dan perasaan mungkin akan terkuak. Sehingga kamu membutuhkan ruang untuk meresapinya. Dalam alunan lagu "Through the Night" yang ringan dan relaxing karya IU, kamu akan menciptakan ruang yang calming dan relaxing untuk itu.

7. J_ust - "Rain in the Night"

https://www.youtube.com/embed/UyrDrbxq2nM

Selama ini, kamu berpikir bahwa dia telah menjadi kenangan. Namun, hujan yang turun di malam hari membuka pintu kenangan tersebut sehingga semua memori yang penuh dengan benih-benih cinta mengingatkanmu bahwa kamu sulit melupakannya. Itulah curahan hati seorang penyanyi J_ust dalam lagunya, "Rain in the Night."

8. RM BTS - "Forever Rain"

https://www.youtube.com/embed/Cvb76hBX_Oc

Sebagian besar orang mungkin tidak terlalu menikmati hujan. Gemuruh guntung dan petir serta jalanan yang basah tidak memberi kenyamanan sama sekali. Namun, di bawah payung yang menutupi wajah sedihmu, kamu mendapat ruang untuk dirimu sendiri. Setidaknya, itulah yang disenandungkan oleh RM BTS dalam lagu "Forever Rain."

Jadi, apakah kamu menikmati suasana melankolis bersama lagu-lagu Korea di musim hujan ini?

Baca Juga: 13 Playlist Baru Lagu Korea untuk Kamu si Penggemar K-pop

Baca Juga: "I'm Okay", Lanjutkan Karya Terbaik Rama Davis Setelah "Better On You"

Baca Juga: Popbela's Weekend Playlist: Dari Pop Hingga Afrobeat!