Selama ini, kamu tidak pernah takut dengan hal-hal yang berbau mistis atau menyeramkan lainnya. Meskipun ya, kamu setidaknya berani untuk menguji nyali dan merasakan adrenalin saat menghadapi hal-hal yang cukup menakutkan.

Salah satunya melalui film ber-genre horor dan thriller. Namun, apakah kamu yakin bahwa kamu siap menantang dirimu dengan film-film yang diadaptasi dari kisah nyata? Coba buktikan dengan memasuki sinematografi kisah nyata pada enam judul film berikut! 

Horor

Tanpa indera keenam, kamu tidak dapat melihat apalagi merasakan kehadiran makhluk halus. Meski begitu, mereka nyatanya tetap ada di sekelilingmu. Buktinya adalah kisah nyata yang dihadirkan melalui 3 judul film horor berikut. Apa kamu siap?

1. Whinchester

https://www.youtube.com/embed/0Juc2cL26mg

2018 | Pemain: Helen Mirren, Jason Clarke, Sarah Snook, Eamon Farren

Seorang karakter perempuan bernama Sarah Winchester diperkenalkan sebagai pewaris kekayaan Winchester Repeating Arms Company yang dikenal sebagai perusahaan senjata api. Dari warisan tersebut, dia pun membangun sebuah rumah terpencil di luar San Fransisco.

Namun, kejadian janggal tahu-tahu terjadi. Tanpa disadari, Sarah Winchester kerasukan dan membangun ruangan-ruangan yang didesain oleh roh-roh yang merasukinya. Ironisnya, mereka adalah arwah yang meninggal akibat produk senjata Winchester.

Tentu, tidak tersangkalkan lagi, tujuan dari setiap ruangan-ruangan yang didirikan adalah pembalasan dendam kepada keluarga Winchester. Akankah setiap anggota lolos dari amarah roh-roh yang nyatanya menuntut darah setiap kepala lewat ruangan yang ada?

2. The Conjuring

https://www.youtube.com/embed/k10ETZ41q5o

2013 | Pemain: Vera Famiga, Patrick Wilson, Sterling Jerrins

Berlatar belakang tahun 1971, The Conjuring menceritakan kejadian nyata mengenai keluarga yang pindah ke sebuah rumah tua di kota Harrisville. Di sanalah, mereka mengalami beberapa kejadian misterius yang cukup mengkhawatirkan.

Mulai dari tubuh yang tiba-tiba mengalami memar saat bangun pagi hingga kematian seekor anjing yang tergeletak begitu saja di luar rumah. Not to mention, beberapa penglihatan akan roh-roh mistis pun dialami oleh beberapa anggota keluarga.

Tanpa berpikir panjang, pihak keluarga pun meminta bantuan dari inverstigator paranormal. Akankah keputusan itu menyelesaikan masalah atau justru membuat roh-roh geram?

3. The Exorcism Of Emily Rose

https://www.youtube.com/embed/Bi-PLwxwvy8

2015 | Pemain: Jennifer Carpenter, Laura Linney, Tom Wilkinson, Colm Feore

Sebagaimana yang tercantum pada judul film, The Exorcism of Emily Rose mengangkat kisah nyata mengenai ritual pengusiran setan yang dilakukan oleh pendeta terhadap gadis muda bernama Emily Rose. Sayangnya, ritual tersebut berujung pada kematian dirinya.

Sang Pendeta pun harus menghadapi konsekuensi pengadilan dengan tuduhan melakukan kelalaian yang menyebabkan kematian. Dari situ, seorang pengacara ditunjuk untuk membela pendeta. Sebagai dasar pembelaan, dia pun mulai mencari tahu kehidupan Emily.

Sayangnya, itu adalah awal dari kejadian mistis yang harus dihadapinya. Mulai dari gangguan-gangguan yang terjadi di dalam rumah hingga hal-hal menyeramkan lainnya.

Thriller

Tidak aneh, kita selalu diajar untuk tidak mudah percaya pada orang asing. Siapa yang tahu, orang asing yang kita temui adalah seorang psikopat. Hal inilah yang sayangnya terjadi pada beberapa orang yang diceritakan melalui ketiga judul film thriller di bawah ini.

1. Hounds of Love

https://www.youtube.com/embed/UNEurXzvHqE

2016 | Pemain: Ashleigh Cummings, Emma Booth, Stephen Curry

Berlatar belakang tahun 1980-an, film Hounds of Love menceritakan kisah nyata mengenai seorang pemangsa berdarah dingin yang menyusuri jalanan untuk mencari korban. Kali ini korban jatuh pada seorang gadis SMA berusia 17 tahun.

Korban ini diculik, dibius, kemudian dirantai di dalam rumahnya. Tujuannya untuk memuaskan hasrat dan nafsu bejat pelaku terhadap gadis yang terbilang masih muda. Ironisnya, hal ini dilakukan olehnya bersama pasangannya yang juga seorang perempuan. 

Dengan kata lain, terdapat beberapa adegan yang bersifat sangat violance. Dan tentu saja, membayangkan bahwa ini adalah kejadian nyata, rasanya mental langsung menciut!

2. Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile

https://www.youtube.com/embed/i2Ozn_ox_4A

2019 | Pemain: Lily Collins, Zac Efron

Diambil dari sebuah kisah nyata yang terjadi pada 1970-an, seorang pria bernama Ted Bundy diperkenalkan sebagai sosok dengan cukup populer dalam lingkaran sosialnya. Pasalnya, dia memiliki reputasi pendidikan serta penampilan fisik yang sangat menarik.

Namun, tidak ada yang menyangka bahwa di balik reputasinya yang positif tersebut, Ted Bundy menyembunyikan hobi yang sangat menakutkan, yaitu memerkosa dan membunuh setidaknya 30 perempuan dengan rentang usia yang berbeda-beda.

Hal yang cukup menyeramkan adalah Ted Bundy melakukannya saat sempat berkeluarga dan memiliki seorang anak perempuan. Tidakkah fakta itu cukup menakutkan?

3. Murder of the Memories

https://www.youtube.com/embed/0n_HQwQU8ls

2003 | Pemain: Kang Ho Song, Kim Sang Kyung, Jeon Mi Seon, Park Hae Il

Tepatnya pada 1986, sebuah misteri pembunuhan berantai terjadi menimpa perempuan-perempuan di Kota Hwaseong, Korea Selatan. Mereka diperkosa dan dibunuh dengan cara yang sangat tidak manusiawi. Belum lagi, para korban dibuang di tempat yang tidak layak.

Kepolisian setempat pun berupaya untuk menguak kebenaran dan segera menangkap pelaku agar kejadian tersebut tidak menimpa perempuan-perempuan lainnya. Namun, kesulitan terjadi hingga membuat film menjadi semakin panas untuk terus ditonton.

Jadi, pertanyaannya, apakah kamu siap untuk menguji nyali dengan menyaksikan keenam film horror dan thriller di atas? Pastikan kamu tidak sendiri atau 'tidak salah ditemani.' 

Baca Juga: 10 Film Semi Barat yang Tersisip Banyak Adegan Panas

Baca Juga: Menegangkan, Ini 5 Drama Korea Thriller Terbaik yang Wajib Ditonton

Baca Juga: Seru Abis! 7 Konten Horor yang Tayang di Platform iQIYI Oktober 2020