Pencinta drama Korea pasti sudah cukup tahan banting dengan kegiatan marathon dari satu episode ke episode lainnya, bukan? Memang, hati dan pikiran terus mempertanyakan bagaimana cerita akan berakhir. Namun, none of us need any spoiler, don't you?

Tapi bagaimana jika tantangan barunya adalah rentetan episode yang dihadirkan tidak hanya berakhir dalam satu season, melainkan dua hingga tiga? Apakah mentalmu cukup siap untuk bersabar sambil terus mengikuti alur cerita yang unpredictable?

Berikut adalah rekomendasi 8 drama Korea terbaik yang tayang lebih dari satu season.

1. The Penthouse: The War in Life (2020-2021)

https://www.youtube.com/embed/yx1lF-GPVko

IMDb: 8,1/10 | Jumlah sekuel: 3 | Pemain: Lee Ji Ah, Kim So Yeon, Eugene

Jika industri hiburan Indonesia memiliki ratusan episode dari Ikatan Cinta, maka Korea Selatan menghadirkan serial drama Penthouse dengan penayangan hingga tiga musim. Setiap musim menayangkan alur cerita yang rumit,a namun mencapai rating yang tinggi.

Berawal dari kehidupan para penghuni di Istana Hera, mereka hadir sebagai orang-orang kaya yang nyaris tidak memiliki moral. Dengan ambisi yang tinggi, para keluarga dapat melakukan segala cara untuk membawa mereka ke tempat tinggi. Hingga pembunuhan terjadi.

Komentar penonton: "Saya sangat terkesima ketika menonton kedua season dan sungguh, drama seri yang sangat keren! Penampilan akting yang ditampilkan oleh setiap aktor dan aktris sangat sempurna!" tulis Devika Kumar pada Google Audiences Reviews.

2. Hospital Playlist (2020-2021)

https://www.youtube.com/embed/xqIM2cenBAs

IMDb: 8,7/10 | Jumlah sekuel: 2 | Pemain: Jo Jung Suk, Yoo Yeon Seok, Jeon Mi Do, Jung Kyung Ho, Kim Dae Myung

Persahabatan memang bagaikan kepmpong. Hari demi hari, setiap sahabat akan menyaksikan perkembangan satu sama lain tanpa meninggalkan seorang pun menderita. Poin inilah yang dijadikan sebagai alur cerita dalam drama seri Hospital Playlist (2020-2021).

Sesuai namanya, drama ini menghadirkan sahabat-sahabat yang bekerja sebagai dokter di sebuah rumah sakit. Meski begitu, mereka nyatanya memiliki tradisi yang cukup menggemaskan yaitu, berkumpul dan melakukan sesi nge-band bersama. 

Komentar penonton: "Hospital playlist sejujurnya adalah drama Korea terbaik yang pernah saya tonton. Satu-satunya yang akan kamu ingat dan rekomendasi pertama yang akan kamu berikan. Film ini pertama-tama sangat realistis dan patut diacungkan jempol untuk alur cerita dan akting setiap aktor dan aktris yang terlibat," tulis Saba Borji pada Google Audiences Reviews.

3. Kingdom (2019-2020)

https://www.youtube.com/embed/4l-yByZpaaM

IMDb: 8,4/10 | Jumlah sekuel: 2 (so far) | Pemain: Ju Ji Hoon, Bae Doona

Sebagian besar orang memercayai akhir dunia. Namun, apa yang akan terjadi jika akhir dari kehidupan manusia tersebut terjadi oleh serangan mayat hidup, atau yang biasa dikenal dengan istilah zombie apocalypse? Pemandangan inilah yang akan diperlihatkan dalam drama seri Kingdom (2019-2020).

Menariknya, drama ini mempertontonkan serangan mayat-mayat hidup di era Joseon, ketika konspirasi politik mencemarkan kematian Raja dan mengubahnya menjadi zombie. Putra mahkota pun harus menyelamatkan populasi masyarakat setempat yang terancam.

Komentar penonton: "Drama Korea ini seharusnya memperoleh nilai 100 bukan 5. Saya rasa, drama ini merupakan tontonan bertemakan zombie terbaik dan saya akui bahwa saya merupakan penggemar berat film mengenai zombie. Bahkan saya katakan, drama ini 100 kali jauh lebih baik dibandingkan The Walking Dead," tulis Antar Zaman pada Google Audiences Reviews.

4. Love Alarm (2019-2021)

https://www.youtube.com/embed/8sXTfzaLmiQ

IMDb: 7,8/10 | Jumlah sekuel: 2 | Pemain: Song Kang, Kim So Hyun, Jung Ga Ram, Go Min Si

Ketertarikan masyarakat dunia pada webtoon mendorong industri hiburan Korea Selatan untuk terus mengadaptasi karya judul-judul webtoon ke dalam drama Korea. Salah satunya adalah drama seri Love Alarm yang penuh dengan kisah romansa dan cinta segitiga.

Berawal dari sebuah aplikasi percintaan bernama Jo Alarm yang mampu memberi sinyal peringatan kepada penggunanya ketika seseorang dalam radius 10 meter memiliki perasaan terhadap mereka. Dari situlah, seorang perempuan mendapati dirinya dalam dua pilihan pria yang mencintainya.

Komentar penonton: "Melanjutkan tontonan hingga season kedua, saya benar-benar menyukainya sebagaimana para casting memperlihatkan perkembangan hubungan yang sehat. Drama ini pun memperlihatkan bagaimana sutradara mematahkan stereotip dalam ceritanya," tulis Pragya Sinha pada Google Audiences Reviews.

5. Chief of Staff (2019)

https://www.youtube.com/embed/nl8YMGaQRKI

IMDb: 7,9/10 | Jumlah sekuel: 2 | Pemain: Shin Min A, Lee Elijah, Lee Jung Jae, Kim Dong Jun

Sebagai warga negara, pernahkah kamu merasakan sedikit keingintahuan mengenai dunia politik yang penuh dengan pejabat-pejabat hingga kebijakan? Termasuk dunia politik di negeri Ginseng yang dapat kamu saksikan gambarannya pada Chief of Staff (2019).

Awalnya, seorang assiten kepala anggota parlemen bernama Jang Tae Jun diperkenalkan sebagai sosok yang tegas dan berpikiran kuat. Namun, ia dihadapkan dengan anggota parlemen lainnya yang jauh lebih ambisius. Ketegangan pun terjadi termasuk hubungan yang canggung.

Komentar penonton: "Sungguh drama yang sangat mengesankan! Sebagai orang asing yang bekerja di dunia politik di negara saya, saya dapat melihat perbedaan yang terjadi di korea Selatan. Saya benar-benar tidak membayangkan gambaran tersebut sebelumnya. Percayalah, drmaa ini sangat bagus dan akan terus menarik perhatianmu," tulis Fatema Burhanuddin pada Google Audiences Reviews.

6. Welcome to Waikiki (2018-2019)

https://www.youtube.com/embed/AJ_eVJp-IuQ

IMDb: 8,3/10 | Jumlah sekuel: 2 | Pemain: Kim Seon Ho, Lee Yi Kyung, Moon Ga Young

Mengangkat tema komedi dan romansa, Welcome to Waikiki (2018-2019) akan membawamu ke dalam alur cerita yang ringan dan sangat relate dengan kehidupanmu. 

Fokus pada tiga pemuda yang membuka wisma bernama Waikiki di Itaewon, mereka pun menjalani keseharian dengan penuh tantangan. Namun, siapa sangka, seorang ibu tunggal tahu-tahu datang dan berjanji akan membantu permasalahan mereka.

Komentar penonton: "Drama Korea ini adalah drama yang wajib ditonton. Aaya tidak tahu bagaimana bisa saya dapat tertawa terbahak-bahak selama menyaksikan drama ini. Terdapat beberapa plot twist dan saya tidak tahu bagaimana menggambarkannya. Percayalah, drama ini sangat lucu. Drama ini akan memberikanmu 100% kepuasan," tulis Fathima Zubair Mp pada Google Audiences Reviews.

7. Stranger (2017-2020)

https://www.youtube.com/embed/NrcTulaRzJM

IMDb: 8,6/10 | Jumlah sekuel: 2 | Pemain: Cho Seung Woo, Bae Doona, Lee Joon Hyuk, Shin Hye Sun

Melansir dari Screenrant pada April 2021, drama Korea fenomenal berjudul Stranger yang memulai debutnya pada 2017 hingga berjalan sampai 2020 ini, berhasil menduduki peringkat pertama untuk drama Korea terbaik yang memiliki lebih dari satu season versi IMDb. 

Dengan perpaduan tema thriller dan crime, Stranger (2017-2020) memang menghadirkan elemen plot dan pertunjukan yang sangat mendebarkan. Fokus pada seorang jaksa dan detektif yang bekerja untuk memecahkan kasus pembunuhan dan kejahatan lainnya, penonton akan melihat ketegangan dalam mencari keadilan.

Komentar penonton: "Saya akan mengatakan bahwa drama Korea ini merupakan drama terbaik yang mengangkat tema politik dan psychological thirller. Setiap aktor dan aktris yang terlibat menunjukkan akting yang hebat. Tidak ada satupun adegan yang bersifat meaningless," tulis Samora Mabuya pada Google Audiences Reviews.

8. Voice (2017-2021)

https://www.youtube.com/embed/cl3D2AE8NQk

IMDb: 7,7/10 | Jumlah sekuel: 4 | Pemain: Lee Ha Na, Jang Hyuk, Kim Jae Wook

Siapa yang menyangka bahwa drama seri Voice (2017-2021) akan membuat penggemar terus terpikat sejak debutnya pada 2017? Dengan tema thriller yang menegangkan, drama ini menyuguhkan cerita yang berputar pada adegan-adegan kriminal.

Secara garis besar, drama ini memang berurusan dengan begitu banyak karakter penjahat keji serta panggilan telepon darurat yang mengancam jia seseorang. Keduanya pun masuk ke dalam alur cerita yang saling berhubungan secara keseluruhan.

Komentar penonton: "Drama Korea ini benar-benar masterpeice. Saya tidak tahu kalau saya akan menemukan bahwa drama bertemakan thriller ini akan sebagus ini. Seselesainya saya menonotn episode terakhir,s aya sampai menangis," tulis Farah Basha pada Google Audiences Reviews.

Jadi, bagaimana? Apakah kamu siap untuk marathon lebih dari satu season, Bela?

Baca Juga: 10 Rekomendasi KDrama Crime-Thriller Terbaik dengan Alur Mencekam

Baca Juga: 5 Drama Korea yang Menampilkan Kehidupan di Korea yang Sebenarnya

Baca Juga: 10 Aktor & Aktris Pendukung yang Jadi “Scene Stealer” di KDrama