Layaknya sebuah buku yang menyisakan hanya beberapa lembar, kehidupan pun akhirnya meninggalkan sisa-sisa hari untuk pergantian tahun. Tidak terasa, bukan? Waktu sekali lagi bergerak seperti sihir atau uap air yang sebentar ada, tetapi dapat hilang begitu saja.

Kamu pun terbangun dan bertanya,"Masih adakah waktu untuk melakukan ini dan itu?"

"Tunggu, apa yang harus dilakukan untuk mengakhiri tahun ini?" tambah suara di pikiranmu.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menarik napas dan membuangnya pelan-pelan; hanya dengan begitu, maka kamu dapat tenang, melihat sekitarmu, lalu memahami bahwa segala sesuatu ada untuk dilakukan, mudah untuk dilakukan dan dapat menjadi spesial.

Sebagai bocoran, inilah tiga belas hal yang masih bisa kamu lakukan untuk menyemangati tiga puluh satu hari menjelang tahun baru. Mari manfaatkan sisa-sisa tahun yang ada!

1. Membaca buku yang menginspirasi

31 Hari Menjelang Tahun Baru, Kamu Masih Bisa Lakukan 13 Hal IniShutterstock/Vadim Georgiev

Semua orang membutuhkan inspirasi, namun tidak jarang juga membutuhkan waktu untuk diri sendiri. Itu artinya, kamu dapat meluangkan waktu untuk membaca satu hingga dua atau tiga buku dalam sebulan. Mulailah dengan kebiasaan membaca sepuluh lembar per hari dan selanjutnya kamu pasti akan terdorong untuk cepat-cepat menyelesaikannya. 

Kami merekomendasikan: The Alchemist (1988) atau The Happiness Project (2009)

2. Menulis pikiran dan perasaanmu di jurnal

31 Hari Menjelang Tahun Baru, Kamu Masih Bisa Lakukan 13 Hal Inifreepik.com/wayhomestudio

Bagaikan planet yang terus bergerak dalam orbitnya, pikiranmu pun selalu berputar; mulai dari pertanyaan yang tak terjawabkan hingga pendapat yang tak terutarakan. Ketahuilah bahwa jurnal akan selalu menjadi satu-satunya tempat yang akan selalu menerima semua garis acak di dalam otakmu. Sometimes, it's all about releasing everything from within.

Kami merekomendasikan: Becoming: A Guided Journal for Discovering Your Voice (2019) oleh Michelle Obama 

3. Melakukan meditasi untuk kesehatan mental

31 Hari Menjelang Tahun Baru, Kamu Masih Bisa Lakukan 13 Hal Initimeqube.com

Kamu telah berupaya untuk memahami orang lain; baik mereka yang menyenangkan hati maupun yang memberi tantangan tersendiri. Namun, sudahkah kamu memberi waktu untuk memahami dirimu sendiri? Bagaimana perasaanmu dan kesehatan mentalmu? Coba telusuri dengan melakukan meditasi yang berperan penting untuk dirimu sendiri.

Kami merekomendasikan: Headspace Guide to Meditation (2021) di Netflix

4. Melakukan olahraga yang kamu sukai

31 Hari Menjelang Tahun Baru, Kamu Masih Bisa Lakukan 13 Hal IniPexels.com/Theformfitness

Bagaimana mungkin seseorang dapat melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, apabila kondisi fisiknya tidak terbilang baik? Untuk itulah, tidak pernah ada kata terlambat untuk memerhatikan kesehatan fisikmu dengan melakukan kegiatan olahraga. Toh, kenapa harus menunggu tahun baru untuk melakukannya?

Kami merekomendasikan: jogging, mengendarai sepeda, gerakan duduk-berdiri, push-up, sit-up, senam, gym, dll.

5. Mengonsumsi makanan yang bikin bahagia

31 Hari Menjelang Tahun Baru, Kamu Masih Bisa Lakukan 13 Hal Iniunsplash.com/DanaDevolk

Semua orang setidaknya memiliki satu hobi yang sama, yaitu menikmati makanan lezat. Hal tersebut dikarenakan makanan memang memiliki hubungan yang erat dengan kebahagiaan, sebagaimana melansir dari Make Everybody Happy. Namun, tahukah kamu? Hanya makanan tertentu saja yang membuahkan perasaan atau mood yang baik, lho!

Kami merekomendasikan: kopi, cokelat hitam, anggur, berries, yoghurt, telur, ikan salmon, jeruk, apel, melon, mangga, jamur, alpukat, sayuran hijau, hingga teh hijau

6 Membuat konten digital yang kreatif

31 Hari Menjelang Tahun Baru, Kamu Masih Bisa Lakukan 13 Hal IniShutterstock/Daxiao Productions

Sadarkah kamu? Kehidupan di era teknologi yang semakin maju ini memberi ruang dan kesempatan yang lebih luas untuk seseorang mengembangkan kemampuan kreatif. Yup, Tidak lain dan tidak bukan karena media sosial, kamu terbiasa membagikan konten dan itulah ladang kamu belajar kreativitas. Kira-kira konten apa lagi yang akan kamu bagikan?

Kami merekomendasikan: konten yang merepresentasikan kesukaanmu di satu akun khusus, seperti konten kutipan, atau kegiatan inspirasi di masa pandemi.

7. Menyelesaikan sebuah kursus online

31 Hari Menjelang Tahun Baru, Kamu Masih Bisa Lakukan 13 Hal Inilearn-language-now.com

Seseorang cukup antusias untuk mengembangkan kemampuannya. Namun, ia mengeluh, "Tidak ada kesempatan untuk mempelajari ini dan itu." Memang biaya pendidikan kian mahal. Tetapi, seandainya saja dia tahu bahwa ada cukup banyak situs kursus online gratis dan ada juga akun-akun di media sosial yang membagikan ilmu tertentu. Kamu yang sudah mengetahuinya, sudahkah menyempatkan waktu untuk belajar?

Kami merekomendasikan: FutureLearn, Skill Share, Udemy, TED, hingga edX

8. Membangun kebiasaan baru

31 Hari Menjelang Tahun Baru, Kamu Masih Bisa Lakukan 13 Hal Iniottencoffee.co.id

Sebagian besar orang umumnya tidak menyukai hal yang itu lagi dan itu lagi, atau yang bisa dibilang dengan istilah 'monoton.' Terkadang, kehidupan akan terasa jauh lebih baik jika diisi dengan hal-hal baru guna menciptakan perasaan yang berbeda. Itu artinya, lakukan dan bangunlah kebiasaan baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Kami merekomendasikan: jalan-jalan seorang diri, memberi pujian kepada orang lain, atau memulai hari dengan mendengarkan musik

9. Mengembangkan kemampuan baru

31 Hari Menjelang Tahun Baru, Kamu Masih Bisa Lakukan 13 Hal IniFreepik.com/Wayhomestudio

Berbicara mengenai hal-hal baru, tidakkah kamu turut memikirkan kemampuan baru yang belum sempat kamu kembangkan? Tahukah kamu? Dalam proses mengembangkan potensi diri, hal ini dapat memberi manfaat yang sangat berguna. Seperti kata ungkapan umum, "Belajar tidak akan pernah berakhir sia-sia, selalu ada hasil di kemudian hari."

Kami merekomendasikan: belajar mengenai content and copy writing, data science, bahkan sejarah.

10. Melakukan kegiatan seru dengan sahabat dan keluarga

31 Hari Menjelang Tahun Baru, Kamu Masih Bisa Lakukan 13 Hal Inipexels.com/Cottonro

Introvert maupun extrovert, kamu adalah makhluk sosial. Jadi tidak menepis fakta bahwa waktu terbaik akan selalu mengarah pada waktu bersama orang-orang tercinta; sahabat dan keluarga. Khusus di sisa-sisa hari pergantian tahun, sudah kamu melakukan kegiatan seru bersama mereka? Ciptakan momen terbaik dan semaunya akan sangat memorable!

Kami merekomendasikan: piknik, hang out di restoran kesukaan, ngobrol secara online 

11. Menikmati hobi yang kamu sukai

31 Hari Menjelang Tahun Baru, Kamu Masih Bisa Lakukan 13 Hal IniHong Kong Tourism Board

Kamu telah bertekad untuk melakukan hal-hal yang baru, namun bukan berarti kamu harus meninggalkan hal-hal yang sudah terlanjur kamu cintai. Tentu, ada beberapa hobi yang selalu membuatmu bahagia atau bahkan, berhubungan erat dengan passion-mu. Luangkan waktu dan lakukanlah untuk mempertahankan semangat di dalam dirimu.

Kami merekomendasikan: to-do list atau daily schedule untuk mengatur waktu antara kewajiban dan melakukan hobi yang kamu sukai

12. Mengubah tatanan ruang dan mendekorasinya

31 Hari Menjelang Tahun Baru, Kamu Masih Bisa Lakukan 13 Hal Iniyoutube.com/SohwaHalilintar

Siapa sangka, apa yang tampak secara kasat mata memengaruhi mood dan semangat seseorang dalam beraktivitas. Setidaknya pendapat tersebut selaras dengan tulisan dalam buku Atomic Habits: An Easy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Ones (2018). Dengan begitu, tatanan ruang dan dekorasinya harus diperhatikan! Need to decorate more?

Kami merekomendasikan: dominasi warna cerah pada ruang kamarmu untuk memberi ambience yang positif, hingga penempatan tumbuhan dan objek yang berkaitan dengan hobi.

13. Menyisihkan uang

31 Hari Menjelang Tahun Baru, Kamu Masih Bisa Lakukan 13 Hal IniPexels.com/Karolina Grabowska

Di atas segalanya, kehidupan harus dilaksanakan dengan bijaksana. Memang, ada bagian tertentu untuk kamu memberi hadiah terhadap diri sendiri atau self-reward. Namun, selalu ada bagian untuk kamu menyimpannya untuk segala kemungkinan terburuk di masa depan. Sederhananya, tidak perlu menunggu tahun baru untuk menabung, Bela! 

Kami merekomendasikan: investasi, maupun penggunaan aplikasi untuk catatan keuangan.

Jadi, kegiatan mana nih, yang akan kamu pilih untuk lakukan? Masih ada waktu, kok!

Baca Juga: Manfaat Menulis Catatan Jurnal untuk Kariermu

Baca Juga: 10 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Self Improvement

Baca Juga: Demi Masa Depan, Ini 7 Aplikasi Investasi yang Cocok untuk Pemula