Forbes mengeluarkan daftar 22 nama perempuan paling berpengaruh sepanjang 2019. Sejumlah nama perempuan tangguh masuk di dalamnya, termasuk nama aktivis lingkungan millennials asal Swedia, Greta Thunberg.

Nama Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, juga masuk dalam daftar 22 nama perempuan paling berpengaruh versi Forbes. Nama Kanselir Jerman, Angela Merkel, menduduki peringkat paling atas dari daftar nama tersebut.

Sebanyak 22 nama tersebut dirilis Forbes di laman resminya www.forbes.com, pada Kamis (12/12).

1. Angela Merkel tetap jadi yang nomor satu

Perempuan Berpengaruh Forbes 2019: Greta Thunberg hingga Sri Mulyani!forbes.com

Angela Merkel tahun ini dinobatkan sebagai perempuan paling berpengaruh di dunia versi Forbes. Kanselir Jerman ini tercatat sudah sembilan tahun berturut-turut masuk dalam daftar sejenis dan tahun ini masuk dalam daftar 100 perempuan paling berpengaruh tahun ini.

Dari 22 nama teratas, nama Angela Merkel menduduki peringkat pertama World's Most Powerful Women Forbes 2019. Nama Merkel berada di posisi teratas bersama dengan nama sejumlah pemimpin politik perempuan terkemuka dari negara lain seperti Christine Lagarde, Nancy Pelosi, Ursula von der Leyen, dan Kristalina Georgieva.

2. Nama Sri Mulyani satu-satunya perempuan Indonesia di dalam daftar

Perempuan Berpengaruh Forbes 2019: Greta Thunberg hingga Sri Mulyani!IDNTimes/Alfi Ramadana

Sri Mulyani menjadi satu-satunya perempuan Indonesia yang namanya masuk dalam jajaran 22 perempuan paling berpengaruh sepanjang 2019.

Dilansir dari sejumlah media, tahun lalu, Sri Mulyani dinobatkan ssbagai Menteri Terbaik dalam World Government Summit. Pada 2016, Sri Mulyani pernah masuk dalam daftar 100 perempuan berpengaruh di dunia versi Forbes yang dirilis pada Juli 2016. Kala itu Sri Mulyani berada di peringkat ke-37.

Sri Mulyani menjabat posisi Menteri Keuangan selama beberapa kali, mulai pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hingga dua periode pada masa pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

3. Aktivis millennials Greta Thunberg masuk dalam daftar

Perempuan Berpengaruh Forbes 2019: Greta Thunberg hingga Sri Mulyani!Twitter/@Greta Thunberg

Aktivis millennials yang bergerak dalam bidang perubahan iklim, Greta Thunberg, juga menjadi 1 dari 22 nama yang masuk dalam daftar perempuan paling berpengaruh sepanjang 2019.

Namanya masuk kala usianya masih 16 tahun dan menjadi perempuan termuda yang pernah masuk dalam daftar dan bukan merupakan kepala negara atau pejabat.

Greta dianggap berhasil memberikan pengaruh yang belum pernah terjadi sebelumnya lewat aktivisme politiknya. Greta disebut tidak hanya menjadi suara bagi gerakan iklim kaum muda namun juga dinobatkan sebagai TIME People of The Year karena usaha dan kegigihannya yang telah menghasilkan pengesahan undang-undang yang signifikan untuk memerangi perubahan iklim.

4. Daftar 22 nama perempuan berpengaruh di 2019

Perempuan Berpengaruh Forbes 2019: Greta Thunberg hingga Sri Mulyani!

Berikut daftar 22 nama perempuan paling berpengaruh di 2019 versi Forbes.

1. Angela Merkel
2. Christine Lagarde
3. Nancy Pelosi
4. Ursula von der Leyen
5. Kristalina Georgieva
6. Sheikh Hasina Wajed
7. Nirmala Sitharaman
8. Jacinda Ardern
9. Queen Elizabeth II         
10. Tsai Ing-Wen
11. Ivanka Trump
12. Erna Solberg
13. Nicola Sturgeon
14. Elvira Nabiullina
15. Sophie Wilmes
16. Mette  Frederiksen
17. Sri Mulyani Indrawati
18. Zuzana Caputova
19. Ana Brnabić
20. Sahle-Work Zewde
21. Amina J. Mohammed
22. Greta Thunberg

Selamat! Semoga ke depannya semakin banyak lagi perempuan yang bisa menginspirasi dan memberikan pengaruh kepada dunia. 

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Perempuan Berpengaruh Forbes 2019: Greta Thunberg hingga Sri Mulyani!"

Baca Juga: 5 Hal Ini Membuat Sri Mulyani Jadi Menteri Keuangan Terbaik Se-Asia