Indonesia berduka, Inna lillahi wa inna ilayhi raji'un kabar duka datang dari Presiden RI ketiga. Bacharuddin Jusuf Habibie tutup usia pada Rabu, 11 September 2019 pukul 18:05 di RSPAD Gatot Subroto. 

Seperti yang kita tahu, sosok almarhum yang rendah hati, ramah, serta pintar membuat beliau dikagumi serta menginspirasi banyak masyarakat Indonesia. Sehingga berbagai pihak merasa kehilangan atas wafatnya Eyang Habibie. 

Sederet seleb tanah air ungkapkan ucapan belangsukawa lewat akun media sosial Instagram. Mulai dari Maudy Ayunda hingga Najwa Shihab, berikut Popbela telah merangkum seleb-seleb lainnya. Simak di bawah ini.

1. Maudy Ayunda

BJ Habibie Wafat, Maudy Ayunda dan 6 Seleb Lainnya yang Ucapkan DukaInstagram.com/maudyayunda

"VerifiedEyang... I’m at a lost for words. You were the grandfather figure I never had... and I cherish every moment we had together. Sedih bgt eyang belum sempat nonton film Ainun... pengen bgt nunjukin usaha aku menjadi ibu Ainun seperti yang selalu Eyang ceritakan. 😢
Selamat jalan Eyang... know that your journey, your story, and your work will be sorely missed and much appreciated by me and everyone in Indonesia."

2. Reza Rahadian

BJ Habibie Wafat, Maudy Ayunda dan 6 Seleb Lainnya yang Ucapkan DukaInstagram.com/officialpilarez

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un." 

3. Melanie Subono

BJ Habibie Wafat, Maudy Ayunda dan 6 Seleb Lainnya yang Ucapkan DukaInstagram.com/melaniesubono

"Eyang ... SAMPAI JUMPA DI KEABADIAN ... Senangnya dah bisa ngelepas kangen sama eyang puteri, bisa berdua dua an lagi... Kita disini ikhlas asal eyang bahagia —- SELAMAT JALAN —- -

Terimakasih sudah membuat Indonesia jauh lebih baik, terimakasih sudah mengajarkan saya jadi PEJUANG , kalo bahasa eyang “PEMBERONTAK.” -

Love you -

#melaniesubono #Katamel #diarymel #malaikatbrengsek #generasipenerusbangsat

4. Chacha Frederica

BJ Habibie Wafat, Maudy Ayunda dan 6 Seleb Lainnya yang Ucapkan DukaInstagram.com/chafrederica

"Inalilahiwainailahirojiun ... yang telah mengharumkan nama Bangsa di mata dunia telah pergi meninggalkan kita di dunia ini... (baca tulisan beliau yg mengetarkan hati di akhir2 hidup Nya... apapun kembali lagi kepada Allah SWT, tulisan eyang bnyk membuka mata hati kita ... ilmu agama di atas segalanya , harus bs menjadi fondasi yg kuat sebelum ilmu apapun yg ingin kita dalami ... Eyang sudah menceritakan itu sendiri) terima kasih Eyang Habibie... semua hasil pemikiranmu, jeripayahmu, penemuan2mu menjadi inspirasi bagi banyak anak bangsa di Negri ini ... semoga segala apa yg Eyang perjuangkan menjadi timbangan pahala yg berat di mata Allah SWT, dan memudahkan segala urusan eyang di akhirat ... semoga Allah ridho mempersatukan kita semua kembali di JannahNya ... engkau telah mengisnpirasi banyak orang Eyang... selamat jalan ... Ya Rabb mudahkanlah segala urusan Eyang Habibie diakhirat, bahagia kan lah hidupnya di alam barzah, ampuni segala dosa2 dan khilaf nya ... maafkan lah ya Rabb ... jasanya begtu bnyk untk Negri ini.. terima lah segala amal ibadahnya dan selamatkan ia dari siksa kubur dan siksa api neraka ya Rabb ... Alfatehah 🙏🏻."

5. Raffi Ahmad & Nagita Slavina

BJ Habibie Wafat, Maudy Ayunda dan 6 Seleb Lainnya yang Ucapkan DukaInstagram.com/raffinagita1717

6. Maia Estianty

BJ Habibie Wafat, Maudy Ayunda dan 6 Seleb Lainnya yang Ucapkan DukaInstagram.com/maiaestiantyreal

"VerifiedSelamat Jalan Pak @b.jhabibie .... INNALILLAHI WA INNAILLAHI ROJIUN."

7. Najwa Shihab

BJ Habibie Wafat, Maudy Ayunda dan 6 Seleb Lainnya yang Ucapkan DukaInstagram.com/najwashihab

"Setiap kali ditanya siapa tokoh favorit yang pernah diwawancara, jawaban saya tidak pernah berubah. Bacharudin Jusuf Habibie. Dan saya beruntung dapat banyak sekali kesempatan berbincang dengan Eyang Habibie. Soal cinta, demokrasi, tekhnologi, Indonesia yang berdikari dan harapannya untuk anak-anak muda negeri.
Jika dihitung-hitung, tidak kurang dari 10 episode Mata Najwa dan Catatan Najwa yang menghadirkan #EyangHabibie. Setiap interaksi itu selalu berarti. Kedekatan Eyang Habibie dengan Abi Quraish juga membuat hubungan kami rasanya bukan sekadar seorang wartawan dan narasumbernya tapi lebih dari itu.
Rabu jam 10 pagi saya dan abi Quraish menjenguk Eyang Habibie di RSPAD Gatot Subroto. Kondisinya sempat membaik saat itu, seperti penjelasan Dokter Vireza Pratama, spesialis jantung yang menemani kami di ruang CICU. Saya menyaksikan ketika #AbiQuraish memegang tangan dan berbisik ke telinga Eyang Habibie, “Berkah ilmu Pak Habibie yang akan melapangkan jalan Bapak nanti..” Eyang memang sudah tidak bisa menjawab tapi matanya masih bergerak-gerak tanda mengerti, dan tidak lama kemudian Eyang menangis. Amblas rasanya hati saya.
Jam 18.06 pesan singkat itu masuk. “Innalillahi wa inna ilahi rojiun. Telah wafat Bapak BJ Habibie”. Saya yang saat itu sedang berada di Studio TRANS7 untuk persiapan LIVE mata Najwa episode KPK, langsung menghubungi Dokter Vireza untuk mengonfirmasi info itu. Dan benar, tepat jam 18.03 Eyang Habibie berpulang, “Saya sendiri yang tadi memeriksa kondisi dan mengumumkan jam wafatnya ini Mbak Nana” kata Dokter Vireza.
Habibie adalah cinta. Ia pencinta yang penuh seluruh. Cintanya pada Ainun selalu sungguh, cintanya pada Indonesia tak pernah luruh. Cinta pulalah yang membuat saya memilih foto-foto ini untuk mengenang Eyang Habibie. Saat ia sedang tertawa dengan mata jenakanya yang khas. Saat ia dengan ringannya berkata di Mata Najwa, “Saya tidak lagi takut mati karena andaikan sampai waktunya nanti, Saya tahu yang akan menemui Saya pertama adalah Ainun”. Untuk Bacharudin Jusuf Habibie tercinta, selamat terbang menuju keabadian.

#catatannajwa #eyanghabibie #matanajwacintahabibie #matanajwa #narasitv

Baca Juga: 10 Kata-Kata BJ Habibie yang Menginspirasi