Di Korea Selatan, kebanyakan grup KPop terutama mereka yang baru debut akan tinggal dalam sebuah asrama. Selain agar lebih dekat, ini juga memudahkan anggota untuk berkumpul saat ada jadwal bersama. Alasan lain, para anggota bisa saling menjaga satu sama lain.

Tinggal bersama banyak orang selama beberapa tahun di rumah yang sama memang tidak mudah. Untuk itu selain leader, para grup ini juga membutuhkan member lain yang merawat mereka layaknya seorang ibu di rumah. Nah berikut ini delapan idol KPop yang mendapatkan julukan 'ibu' di grupnya!

1. Jin BTS

Penuh Perhatian, 8 Kpop Idol ini Mendapatkan Julukan 'Ibu' di Grupnyainstagram.com/bts.bighitofficial

RM boleh saja menjadi leader di grup sekaligus yang berperan sebagai ayah yang melindungi dan memastikan semua member BTS dalam keadaan baik. Tapi untuk urusan merawat member, maka Jin adalah jagonya. Selain menjadi member paling tua, Jin juga berperan sebagai ibu di asrama BTS.

Jin-lah satu-satunya member yang bisa memasak dan kadang mengantar Jungkook pergi sekolah. Sedangkan RM juga pernah mencoba memasak, anehnya meski berhasil membuat perabotan masak gosong, masakan yang dibuat RM masih saja mentah.

2. Suho EXO

Penuh Perhatian, 8 Kpop Idol ini Mendapatkan Julukan 'Ibu' di Grupnyainstagram.com/weareone.exo

Sebagai leader, nggak heran kalau Suho EXO harus menjaga setiap member dengan baik. Setiap kali member bersikap berlebihan, Suho selalu mengingatkan mereka.

3. D.O EXO

Penuh Perhatian, 8 Kpop Idol ini Mendapatkan Julukan 'Ibu' di Grupnyainstagram.com/weareone.exo

Bukan cuma Suho yang cocok jadi ibu bagi member EXO tapi juga salah satu member lain yaitu D.O. Kamu yang jadi fans EXO-L dari lama pasti tahu kalau D.O bertugas merawat semua member terutama untuk urusan perut. Maklum di antara member lain, hanya D.O yang paling jago masak. Selain itu idol yang juga bekerja sebagai aktor ini juga termasuk member yang doyan bersih-bersih. 

4. Irene Red Velvet

Penuh Perhatian, 8 Kpop Idol ini Mendapatkan Julukan 'Ibu' di Grupnyakpopping.com

Bisa dibilang Irene Red Velvet memiliki semua kriteria sebagai istri idaman. Selain menawan, Irene juga sangat peduli pada member Red Velvet. Ketika Yeri masih sekolah, Irene lah yang membangunkannya setiap pagi dan menyetrika seragam Yeri agar tetap rapi.

Di Korea sendiri sudah menjadi tradisi untuk menyantap sup rumput laut ketika ulang tahun. Di Negeri Ginseng, menyantap sup rumput laut merupakan simbol kepedulian dan kasih sayang.

Sup rumput laut juga menjadi simbol ucapan terima kasih pada ibu karena sudah membawa kita ke dunia. Dan Irene-lah yang selalu memasakkan sup rumput laut untuk member yang berulang tahun.

5. Ryeowook Super Junior

Penuh Perhatian, 8 Kpop Idol ini Mendapatkan Julukan 'Ibu' di Grupnyajkloop.com

Ketika masih tinggal bersama dalam sebuah dorm, Ryeowook-lah yang bertanggungjawab untuk urusan perut member Super Junior. Sama seperti D.O, Ryeowook juga merupakan salah satu member yang jago masak. Saking pedulinya sama perut para member Super Junior, jika salah satu anggota Suju ingin makan sesuatu, Ryeowook bakal bela-belain mencari resepnya di internet.

6. Key SHINee

Penuh Perhatian, 8 Kpop Idol ini Mendapatkan Julukan 'Ibu' di Grupnyainstagram.com/bumkeyk

Kalau kamu pernah melihat acara SHINee’s Back, di salah satu episodenya kamu bisa melihat betapa mahirnya Key di dapur. Bukan cuma memasak, dalam acara tersebut Key juga mengajari member lain untuk memasak meski akhirnya Minho, Taemin, dan Onew lebih asik main game dan meninggalkan Key sendirian di dapur.

Key memang satu-satunya member Shinee yang bisa mengolah bahan makanan jadi sesuatu yang layak dimakan. Para member juga mengakui bahwa mereka tidak pernah membantu Key untuk urusan dapur.

7. Taeyeon SNSD

Penuh Perhatian, 8 Kpop Idol ini Mendapatkan Julukan 'Ibu' di Grupnyainstagram.com/taeyeon_ss

Di balik wajahnya yang imut, Taeyeon adalah perempuan yang tangguh. Selama bertahun-tahun, Taeyeon bukan hanya berperan sebagai leader tapi juga menjaga para member SNSD dan merawat mereka. Apalagi Taeyeon juga merupakan salah satu member yang bisa memasak selain Hyoyeon.

8. Victoria f(x)

Penuh Perhatian, 8 Kpop Idol ini Mendapatkan Julukan 'Ibu' di Grupnyakprofiles.com

Meski saat ini f(x) masih hiatus namun dulu Victoria yang berperan sebagai ibu ketika semua member tinggal di dorm. Layaknya ibu-ibu, member paling tua ini mengatur semua hal yang ada di dorm mulai dari memasak, belanja dan berbagai urusan rumah tangga lainnya. Saking mirip dengan ibu-ibunya, semua member f(x) memanggil Victoria dengan panggilan"eomma" atau ibu dalam bahasa Korea.

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Penuh Perhatian, 8 KPOP Idol ini Mendapatkan Julukan 'Ibu' di Grupnya"

Baca Juga: Lekas Debut, Ini 10 Idol KPop dengan Masa Training Tersingkat