Nggak bisa dipungkiri sampai saat ini perempuan masih diidentikkan sebagai makhluk yang sensitif dibandingkan dengan laki-laki. Bahkan karena stereotip ini banyak yang berpikir bahwa sensitivitas yang dimiliki perempuan akan mempersulit mereka begitu akan memasuki dunia kerja. Padahal dengan sensitivitas perempuan justru bisa memberikan perspektif baru bahkan menjadi nilai tambah tersendiri lho. Nggak percaya? Ini dia beberapa buktinya.  

1. Empati yang tinggi membuat mereka lebih cepat tanggap

Jadi Poin Plus, Ini Bukti Perempuan Sensitif Penting di Dunia KerjaShutterstock/GNT Studio

Nggak perlu minder kalau kamu punya rasa sensitif yang cukup besar. Coba deh lihat dari sudut pandang lainnya. Tanpa kamu sadari, perempuan dengan rasa sensitifnya membuat mereka memiliki rasa empati yang tinggi lho. Hal ini yang akhirnya membuat mereka lebih cepat gerak atau cepat tanggap saat sesuatu terjadi dan nggak segan-segan untuk turun langsung menangani masalah yang muncul. Benar nggak? 

2. Peka terhadap sekitar

Jadi Poin Plus, Ini Bukti Perempuan Sensitif Penting di Dunia KerjaShutterstock/Ginny Filer

Salah satu kelebihan perempuan yang sensitif biasanya mereka masuk ke dalam kategori “observer” yang ulung. Mereka memiliki tingkat kepekaan yang besar terhadap hal-hal yang ada di sekitarnya, baik lingkungan maupun orang-orang yang ada di sekitarnya. Hal ini yang membuat mereka bersikap lebih berhati-hati sekaligus tanggap jika sesuatu terjadi. Nah, gimana nih tingkat kepekaan kamu, Bela? 

3. Terbuka terhadap saran dan kritik yang membangun

Jadi Poin Plus, Ini Bukti Perempuan Sensitif Penting di Dunia KerjaShutterstock/Vasilii_ko

Banyak yang berpikir bahwa perempuan sensitif tertutup dengan kritik dan saran. Eits, sepertinya kamu harus berpikir ulang deh, Bela. Perempuan punya sensitivitas yang tinggi justru sangat terbuka dengan kritik dan saran yang membangun untuknya. Tapi, sebagaimana mestinya, jangan lupa untuk selalu memberikan kritik dan saran dengan cara yang santun dan membangun ya, karena cara yang salah justru bisa menyakiti teman kamu. Setuju ‘kan? 

4. Selalu sigap dalam menghadapi perubahan

Jadi Poin Plus, Ini Bukti Perempuan Sensitif Penting di Dunia KerjaShutterstock/Aksonsat Uanthoeng

Di era digital sampai sekarang ini banyak hal yang berubah bahkan dalam jangka waktu yang sangat cepat. Nah, kelebihan perempuan yang sensitif adalah mereka cenderung lebih mudah beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang ada sekitarnya. Apalagi untuk kamu yang ingin bekerja di bidang startup e-commerce yang tentunya semua berbasi digital di mana perubahan tren bisa terjadi bahkan hanya dalam hitungan jam.  

Sebagai gambaran, kamu bisa melihat sosok Monika Rudijono, CMO Lazada Indonesia yang juga jadi customer dari Lazada. Monika Rudijono adalah seorang perempuan yang ingin terus relevan dengan zaman dan ingin memperluas cakrawalanya. Ketertarikannya dengan teknologi membuat ia bergabung dengan Lazada Indonesia sampai saat ini.

Berkarir di Lazada tentu dihadapkan dengan tantangan. Apalagi Monika adalah seorang ibu dengan empat anak perempuan. Namun, tantangan ini dianggap sebagai sebuah proses yang mendewasakan perempuan untuk jadi pribadi yang lebih kuat. Tentunya Monika punya kepercayaan diri untuk meraih apa yang diinginkan. 

Sama halnya dengan Nadia Harto, Head of Legal Lazada Indonesia yang juga menjadi customer setia dari Lazada. Nadia yang terinspirasi dari Michelle Obama ini percaya kalau perempuan punya perspektif baru bagi dunia bisnis dan itu adalah nilai tambah yang dimiliki oleh perempuan.  

Lain cerita dengan Anastasia Wibowo yang telah bekerja di industri FMCG. kekagumannya terhadap sosok Jack Ma telah membawanya ke jenjang karirnya sekarang sebagai CFO Lazada Indonesia. Salah satu prestasi dalam karirnya adalah keberhasilannya mengembangkan talent menjadi seorang pemimpin di masa depan. Nggak bisa dipungkiri, menjadi seorang pemimpin juga dibutuhkan sensitivitas yang tinggi, benar kan, Bela? 

Jadi Poin Plus, Ini Bukti Perempuan Sensitif Penting di Dunia KerjaPopbela.com/Lazada

Ketiga sosok tadi menjadi bukti bahwa perempuan yang memiliki sensitivitas yang tinggi memang diperlukan di dunia kerja. Apalagi kalau perempuan millennial seperti kita ingin bekerja  di lingkungan kerja startup yang bergerak di bidang digital seperti Lazada Indonesia. Sosok-sosok tadi juga dikenal sebagai sosok yang berani mendobrak batasan dan membuktikan bahwa mereka mampu mengembangkan potensi mereka di bidang yang saat ini mereka jalani.  

Untuk merayakan sosok perempuan-perempuan hebat yang berani menghadapi tantangan dan bekerja sesuai dengan passion-nya seperti ketiga sosok tadi, Lazada Indonesia sedang menggelar Women’s Festival dengan tema “New Women, New You” yang digelar dari tanggal 2 - 4 Mei 2019. Akan ada rangkaian promo untuk produk fesyen dan kecantikan untuk semua perempuan hebat Indonesia.  

Nah, jangan sampai kelewatan promo dari Lazada yang satu ini ya. Kapan lagi kan bisa mendapatkan produk dari ujung kepala sampai ujung kaki dengan promo melimpah? Tunggu apa lagi, langsung kunjungi aplikasi Lazada di Hp kamu atau klik di sini ya! 

Itu tadi beberapa bukti kalau kamu nggak perlu minder jadi cewek sensitif. Love yourself, Bela!

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Bekerja di Startup Dibandingkan Perusahaan Ternama