Kini, banyak perempuan berlomba menjadi womanpreneur. Alasannya simpel, supaya ketika setelah menikah, mereka masih bisa mengurus rumah dan usahanya di waktu yang bersamaan. Tentunya mengandalkan uang dari suami saja tak menjamin keuangan keluarga bakal seimbang ya, Bela. Apakah itu uang dari suami sudah cukup? Supaya lebih semangat, beberapa hal ini ternyata bisa dilakukan untuk menambah penghasilan lho. Ikuti yuk!

1. Coba ikuti kompetisi menulis

Buat Ibu Rumah Tangga, 6 Hal Ini Diam-diam Bisa Tambah Penghasilan LhoShutterstock/Mooshny

Kamu punya bakat di dunia menulis? Gimana kalau Bela mulai mengikuti kompetisi menulis yang banyak diselenggarakan secara online? Menulis bisa dilakukan dari rumah dan membahas tentang berbagai bidang, baik tulisan cerita fiksi, artikel atau mungkin menulis resep? Semua bisa dilakukan kalau Bela memang ada passion di bidang ini. 

2. Jadi reseller atau mulai bisnis online

Buat Ibu Rumah Tangga, 6 Hal Ini Diam-diam Bisa Tambah Penghasilan LhoShutterstock/Have a nice day Photo

Tidak berbakat menulis? Tenang, Bela yang punya bakat berjualan bisa menjadi reseller atau mulai melakukan bisnis online. Di era yang semakin maju ini, semua bisa dimulai melalui media sosial. Apalagi sekarang sudah ada E-commerce, bisnis online jadi semakin mudah deh. Bingung ingin berbisnis online apa? Coba dicek dari tren yang tengah hype di kalangan milenial, atau mungkin ibu-ibu. Pastikan target pasar yang ingin Bela capai, ya. 

3. Nggak ada ruginya ikut jadi seorang agen

Buat Ibu Rumah Tangga, 6 Hal Ini Diam-diam Bisa Tambah Penghasilan LhoShutterstock/LightField Studios

Dua opsi di atas bukan bidang kamu? Bagaimana dengan mencoba menjadi agen sebuah produk? Kalau kamu suka dengan bisnis dan ahli dalam hal pemasaran, daripada keahlianmu terbuang sia-sia, mending coba usaha yang satu ini. Menjadi seorang agen sebuah produk bukan hal yang buruk, kok.  

Buat Ibu Rumah Tangga, 6 Hal Ini Diam-diam Bisa Tambah Penghasilan LhoIDN Times/AQUA

Buat Bela yang sudah berumah tangga dan ingin menghasilkan uang tapi ingin stay di rumah saja, nggak ada salahnya join sebagai anggota AQUA Home Services (AHS) ini. Bela bisa menjadi partner bisnis Danone-AQUA dan pastinya menambah uang belanja bulanan. AHS sendiri adalah unit bisnis Danone-AQUA yang berkomitmen untuk memberdayakan ibu rumah tangga dengan cara memberikan peluang usaha menjadi model distributor mikro AQUA galon. Hingga saat ini, AHS sudah memberdayakan 7.300 anggota di 18 provinsi yang sebagian besarnya adalah ibu rumah tangga. Untuk info lebih lengkapnya, Bela bisa cek di sini. 

4. Bikin kue buat yang punya hobi masak

Buat Ibu Rumah Tangga, 6 Hal Ini Diam-diam Bisa Tambah Penghasilan LhoShutterstock/Dean Drobot

Mau coba yang lain? Tenang, mungkin yang satu ini bisa dicoba. Buat para Bela yang punya hobi memasak, gimana dengan membuat kue? Apalagi memanfaatkan momen jelang Lebaran ini, pasti banyak banget yang mau beli kue sajian Hari Lebaran. Bisa banget Bela manfaatkan hobi memasak untuk menghasilkan uang tambahan. Kue-kue buatan Bela bisa dijual secara online lewat Instagram atau sosial media lainnya. Seru ‘kan?

5. Menjadi freelancer

Buat Ibu Rumah Tangga, 6 Hal Ini Diam-diam Bisa Tambah Penghasilan LhoShutterstock/Kite_rin

Bekerja sebagai freelance juga cukup menjanjikan lho, Bela. Jika memiliki bakat dalam menulis, Bela bisa mencoba menjadi penulis lepas untuk beberapa media online. Bisa juga membuka akun informasi edukatif di sosial media, dan menjadikan hasil endorse menjadi sumber penghasilan tambahan. Ini sih pas banget buat Bela yang hobi berselancar di dunia maya. Berani coba?

6. Coba menjadi content creator saja

Buat Ibu Rumah Tangga, 6 Hal Ini Diam-diam Bisa Tambah Penghasilan LhoShutterstock/Olena Yakobchuk

Terakhir nih, Bela. Pernah terpikir untuk memulai karier sebagai YouTuber seperti Tasya Farasya atau Suhay Salim? Ini saatnya mencoba hal baru ini. Daripada bosan di rumah saja, Bela bisa mencoba memulai membuat content di channel YouTube. Berbagai ide baru bisa banget dicoba. Misalnya membuat content memasak dengan resep-resep menarik, menjadi beauty vlogger, atau mungkin Bela punya ide content lainnya yang menarik untuk dicoba?

Gimana nih Bela? Sudah ada bayangan mau mencoba apa untuk menambah uang bulanan? Jangan ragu untuk memulai ya, Bela. 

Happy trying!