Tidak bisa disangkal lagi kalau monstera menjadi salah satu tanaman terpopuler di masa pandemi ini. Kamu bisa melihat tanaman ini bertebaran di media sosial dan membuatmu jadi ingin merawatnya.

Tapi bukannya ikut memamerkannya di medsos, kamu harus gigit jari karena daun monstera yang dipelihara justru menguning. Dari laman Petal Republic, daun yang menguning menjadi tanda umum adanya salah satu elemen yang tidak seimbang. Bisa karena air, pencahayaan, nutrisi, atau perlakukan yang kurang tepat.

Nah, untuk lebih jelasnya, simak penyebab daun monstera jadi menguning seperti ditulis laman Bloom Scape dan Petal Republic.

1. Kelembapan tanah

5 Penyebab Daun Monstera Menguning dan Cara Mengatasinyaindoorplantsworld.com

Salah satu penyebab dari daun yang menguning adalah kelembapan tanah yang tidak tepat, bisa jadi karena terlalu banyak air. Sebenarnya kamu cukup menyirami monstera ketika bagian atas tanah sekitar 2-3 inci mulai kering. Kamu bisa kok memperkirakannya dengan memasukkan jari ke dalam tanah. Ingat, ya, tanah harus tetap lembap tapi jangan sampai terlalu basah.

Sangat perlu memperhatikan sistem penyiramannya, pastikanlah sistem drainasenya berjalan dengan baik. Kamu harus memastikan kelebihan air saat penyiramannya terbuang melalui lubang drainase. Kalau dibiarkan tanah tergenang air, akar monstera mudah membusuk dan membuatnya mati.

2. Hama dan penyakit

5 Penyebab Daun Monstera Menguning dan Cara Mengatasinyaallforgardening.com

Penyebab lain dari daun monstera yang menguning adalah hama dan penyakit akibat serangga. Tanaman rusak akan memperlihatkan daunnya yang menguning, terlebih saat serangga penghisap getah seperti kutu tepung, kutu daun, dan tungau laba-laba memakannya.

Untuk mengendalikan hama serangga yang mengganggu monsteramu, kamu bisa menyemprot daun dengan larutan air sabun atau obat pengusir serangga yang biasanya dijual di toko tanaman.

3. Campuran tanah yang kurang tepat

5 Penyebab Daun Monstera Menguning dan Cara Mengatasinyaunsplash.com/Mike Marquez

Tanah yang kurang tercampur dengan baik sangat memengaruhi kesehatan tanaman monstera. Tanaman hias ini sangat menyukai tanah yang mempunyai drainase baik sehingga aliran udara dan air berjalan dengan lancar menuju akar.

Sebenarnya kamu bisa membeli media tanah yang memang khusus disediakan untuk monstera di toko pertanian. Tapi, kalau berani untuk mencampur sendiri, kamu bisa mencampur tanah dengan aroid atau perlit atau kulit batang anggrek ke pot monstera untuk memperbaiki kondisi tanah. Tapi ingat, kalau tidak berani coba-coba lebih baik beli media tanam monstera yang ada di toko tanaman, ya.

4. Mengganti pot dengan cara yang salah

5 Penyebab Daun Monstera Menguning dan Cara Mengatasinyaunsplash.com/Brina Blum

Mengganti pot dengan cara yang salah juga bisa membuat tanaman monstera jadi stres hingga daunnya menguning. Kesalahan itu terjadi bisa saja karena campuranan tanah yang berbeda ketika mengganti pot atau membiarkan akar monstera terbuka dalam waktu yang lama selama pemindahan pot (transplantasi).

5. Usia monstera

5 Penyebab Daun Monstera Menguning dan Cara Mengatasinyaallforgardening.com

Kalau kamu sudah berusaha maksimal menjaga kesehatan tanaman monstera dan ternyata daunnya tetap menguning, berarti ini tandanya usia daun memang tidak muda lagi. Daun yang lebih tua atau yang terdapat di sekitar bagian bawah tanaman, secara alami rontok dan menguning. Kalau memang ini alasannya, kamu tidak usah merasa bersalah dan nikmatilah proses alami dari tanaman kesayanganmu ini.

Pantau terus monstera kesayangan dan perhatikan gejala awal saat daun menguning. Dengan mendeteksinya semenjak dini, perawatan ekstra lebih cepat dilakukan dan pemulihan kerusakan pun lebih cepat. Semoga tanaman hias monstera yang kamu miliki selalu tumbuh dengan sehat, ya!

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "5 Penyebab Daun Monstera Menguning dan Cara Mengatasinya, Penyakit?"

Baca Juga: Catat, Ini 7 Tanaman Hias yang Diprediksi jadi Tren di 2021

Baca Juga: Cocok untuk Hiasan, Ini Jenis Tanaman Bonsai dan Cara Merawatnya

Baca Juga: Perbanyak Tumbuhanmu dengan Metode Stek Tanaman, Caranya Gampang!