TWICE termasuk girlband yang bernaung di bawah JYP Entertainment dan memiliki 9 anggota, yakni Jihyo, Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu.

Setelah debut tahun 2015 lalu, TWICE langsung populer dan memiliki banyak penggemar setia. Namun di balik kesuksesannya, ternyata girlband ini terlibat kontroversi yang memicu pro-kontra dari netizen. Waduh, kontroversi apa saja ya?

1. Tzuyu

10 Kontroversi yang Menimpa TWICE, Dituduh Rasis Hingga Pacaran!Dok. Internet

Saat tampil di acara My Little Television, Tzuyu mengangkat bendera Taiwan, yang tak lain simbol dari tempat kelahirannya. Tak disangka, aksinya ini menggemparkan publik. Penyanyi asal China, Huang An menuduhnya sebagai aktivis kemerdekaan Taiwan.

Bahkan, maknae TWICE ini juga disebut sebagai pengkhianat dan harus diboikot. Mengetahui hal ini, Tzuyu akhirnya meminta maaf. Begitu juga dengan Park Jin Young, selaku CEO dari JYP Entertainment.

2. Nayeon

10 Kontroversi yang Menimpa TWICE, Dituduh Rasis Hingga Pacaran!Dok. Internet

Tahun 2016, Nayeon mengunggah foto streaming lagu Taeyeon SNSD yang berjudul Secret. Unggahan itu mendapat banyak komentar miring karena ia mengakses musik lewat Soundcloud yang ilegal di Korea. Nayeon akhirnya menghapus unggahannya dan meminta maaf.

Tak hanya itu saja, Nayeon juga menjadi perbincangan karena foto wajah juteknya saat melihat fans, serta aksinya yang terlihat jahat pada anggota TWICE. Meski demikian, kontroversi ini akhirnya mereda setelah penggemar menjelaskan makna di balik sikap Nayeon yang sebenarnya. 

3. Mina

10 Kontroversi yang Menimpa TWICE, Dituduh Rasis Hingga Pacaran!Dok. Internet

Mina memakai topi pemberian fans pada acara fansign tahun 2016 lalu. Di topi tersebut, ada gambar bendera militer, yang rupanya digunakan tentara Jepang saat menjajah Korea Selatan. Hal ini membuat Mina dikritik netizen karena kurang berhati-hati.

Tak lama kemudian, penggemar dikejutkan dengan foto wefie Mina dan BamBam 'GOT7' di atas ranjang. Keduanya digosipkan menjalin hubungan asmara. Para penggemar pun protes, merasa tak terima, hingga ada yang mengirimkan ancaman pembunuhan untuk Mina. Pihak agensi kemudian mengklarifikasi kalau mereka hanya berteman dekat saja.

4. Dahyun

10 Kontroversi yang Menimpa TWICE, Dituduh Rasis Hingga Pacaran!Dok. Internet

Saat di bandara, Dahyun pernah mengenakan kaos Marymond. Merek baju ini didesain untuk mendukung korban perbudakan seksual oleh tentara Jepang pada waktu Perang Dunia ke-2. Dengan kata lain, Dahyun dianggap mendukung gerakan aktivis anti-Jepang.

Hal ini membuat politisi Jepang murka, meminta TWICE untuk dikeluarkan dari ajang konser tersebut. Sejumlah media di Jepang juga ikut mengkritik aksi Dahyun ini.

5. Momo

10 Kontroversi yang Menimpa TWICE, Dituduh Rasis Hingga Pacaran!instagram.com/twicetagram

Sebelum memulai debutnya, Momo menjadi sorotan karena sebenarnya ia sudah tereleminasi, namun dipilih oleh Park Jin Young sebagai anggota girlband TWICE. Penonton bertanya-tanya apa yang membuatnya pantas menjadi rekan Nayeon cs. Ternyata Momo dipilih karena kemampuan dance-nya yang hebat.

Setelah resmi debut, Momo mendapat komentar pedas karena pengucapan lirik lagu yang kurang jelas. Ia diminta banyak berlatih agar suaranya lebih bagus saat bernyanyi.

6. Jeongyeon

10 Kontroversi yang Menimpa TWICE, Dituduh Rasis Hingga Pacaran!instagram.com/twicetagram

Jadwal TWICE yang begitu padat membuat para anggota lelah. Hal ini juga dirasakan oleh Jeongyeon. Pada bulan Desember 2018, ia mengaku kesulitan karena harus tampil di konser tur Jepang, syuting video musik di Korea, pemotretan album, hingga berlatih untuk lagu baru.

Sayangnya, pengakuan ini mendapat cibiran dari netizen. Jeongyeon dibilang tidak sadar diri, betapa beruntungnya dia bisa debut di girlband populer seperti TWICE. Belum lama ini, Jeongyeon juga dibanjiri komentar negatif karena tampil dengan rambut panjang yang dianggap kurang cocok untuk dirinya.

7. Sana

Beberapa hari yang lalu, Sana membuat unggahan di media sosial, menyambut kekaisaran Jepang yang memasuki era baru. Ia mengaku sedih dan mengucapkan selamat tinggal sebagai seseorang yang lahir di era Heisei. 

Tak disangka, Sana justru mendapat banyak komentar dari warga Korea Selatan. Ia dianggap kurang bijak karena mengunggah hal semacam itu di akun Instagram resmi TWICE. Namun, banyak yang membela Sana dengan menjelaskan kalau artis asal Jepang ini hanya ingin membagikan perasaannya kepada penggemar.

8. Chaeyoung

10 Kontroversi yang Menimpa TWICE, Dituduh Rasis Hingga Pacaran!Dok. Internet

Chaeyoung juga diserang netizen karena menari asal-asalan. Beredar foto mereka saat tampil di atas panggung, di mana Chaeyeong melompat kurang tinggi dibandingkan anggota TWICE lainnya. 

Selain itu, fans juga menemukan sebuah blog pribadi. Admin blog yang diduga Chaeyoung, menonton film dewasa, yang tak pantas dilakukan karena saat itu usianya masih di bawah umur. Tak ada yang tahu pasti apakah itu Chaeyoung atau bukan, yang jelas hal ini sukses bikin heboh di kalangan netizen.

9. Jihyo

10 Kontroversi yang Menimpa TWICE, Dituduh Rasis Hingga Pacaran!Dok. Internet

Saat konser spesial Halloween tahun lalu, anggota TWICE melakukan cosplay dengan dandanan dan kostum unik. Jihyo sukses mencuri perhatian lewat busana ala Indian dan menyebut dirinya sebagai "Indian Jihyo". Ia dituduh rasis karena berdandan seperti suku Indian lokal.

Baru-baru ini, Jihyo juga diterpa gosip tak sedap. Ia disebut-sebut sebagai idol yang menjadi korban video ilegal Jung Joon Young. Pihak agensi langsung membantah dan berencana melakukan langkah hukum untuk mengatasi masalah tersebut.

10. Kemampuan vokal TWICE yang dianggap kurang

10 Kontroversi yang Menimpa TWICE, Dituduh Rasis Hingga Pacaran!instagram.com/twicetagram

Girlband TWICE juga menjadi perbincangan di kalangan netizen karena kemampuan vokalnya. Meski semua anggotanya sangat memesona, mereka dibilang buruk dalam hal bernyanyi. Suara Nayeon dan Jihyo sebagai vokalis utama dianggap kurang bagus dibandingkan penyanyi dalam grup lainnya.

Itulah sejumlah kontroversi yang pernah menyerang anggota TWICE. Terlepas dari itu semua, girlband ini sangat populer, meraih banyak penghargaan, serta mempunyai banyak penggemar setia. Semoga kariernya sukses terus ya.

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "10 Kontroversi yang Menimpa TWICE, Dituduh Rasis Hingga Pacaran!"

Baca Juga: 8 Perusahaan Produksi Dibalik MV Keren Para Idol KPop