Pemerintah memang sudah memulai kebijakan transisi menuju new normal alias normal baru usai pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dilonggarkan. Tapi, nggak sedikit dari kita yang masih takut buat keluar rumah karena khawatir terular virus corona. Beberapa perusahaan pun banyak yang masih menerapkan work from home (WFH).

Kalau kamu termasuk yang gemar cari aktivitas atau penghasilan tambahan, ada sejumlah ide usaha nih yang bisa kamu lakukan saat new normal. Apa saja? Yuk, cek daftarnya!

1. Usaha makanan atau kuliner

Tambah Penghasilan, 5 Ide Usaha yang Bisa Kamu Coba saat New NormalDok. Yummy Indonesia

Ekonom Senior Indef, Aviliani mengatakan kalau usaha makanan masih akan jadi primadona. Jadi orang masih banyak yang akan pesan makanan secara online. 

"Orang masih di rumah dan belum akan ke restoran untuk nongkrong-nongkrong," katanya dilansir dalam live Instagram bersama IDN Times, Selasa (9/6).

Kalau kamu khawatir beli makanan di luar karena masalah kebersihan dan lain-lain, kamu bisa memanfaatkan ini menjadi ide usaha lho. Kamu bisa coba usaha makanan masak sendiri. Jadi, kamu tinggal siapkan saja bahan-bahannya secara lengkap dan pembeli tinggal membuatnya sendiri.

"Ada tren baru dengan masak di rumah karena orang belum yakin dengan di luar. Usaha yang menyediakan satu set untuk bikin kue gitu laku banget. Menyediakan tepung mentega satu paket," ujar Aviliani.

2. Usaha minuman kesehatan

Tambah Penghasilan, 5 Ide Usaha yang Bisa Kamu Coba saat New NormalDok. Yummy Indonesia

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, ada peluang nih buat makanan atau minuman kesehatan. Misalnya, kamu bisa menjual minuman empon-empon yang dipercaya menangkal virus corona. Bisa juga jual minuman kesehatan lain seperti wedang jahe, jahe susu dan lainnya.

"Banyak yang menciptakan itu dan ternyata laku banget," kata Aviliani.

3. Mendesain ruang kerja

Tambah Penghasilan, 5 Ide Usaha yang Bisa Kamu Coba saat New NormalUnsplash.com/John Mark Arnold

Siapa sih yang nggak mau punya tempat kerja yang nyaman saat WFH? Nah, ini bisa jadi peluang bisnis kamu dengan menciptakan ruang kerja yang nyaman buat orang lain. Dengan keterbatasan ruang atau furnitur, tentu orang akan butuh desain yang sesuai dengan rumah mereka.

"Akhirnya orang mulai beres-beres rumah yang laku seperti arsitek. Orang pengen di rumah, jadi bagus untuk WFH," kata Aviliani.

4. Manfaatkan nikah atau wisata virtual

Tambah Penghasilan, 5 Ide Usaha yang Bisa Kamu Coba saat New NormalIDNTimes.com/Muhammad Ikbal

Kamu juga bisa menawarkan jasa organizer seperti wedding organizer (WO) atau pemandu wisata secara virtual. 

"Mungkin WO harus pikirkan cara baru karena orang nikah secara virtual. Ini menarik. Lalu wisata secara virtual bisa dilakukan," kata Aviliani.

5. Bisnis produksi baju dan peralatan olahraga

Tambah Penghasilan, 5 Ide Usaha yang Bisa Kamu Coba saat New NormalUnsplash.com/Christopher Campbell

Nggak bisa kemana-mana bukan berarti tidak olahraga. Nah, Aviliani menyarankan kamu untuk coba bisnis baju olahraga atau peralatan olahraga. Bisa juga dengan baut baju yang nyaman dipakai saat di rumah di saat suhu yang panas seperti sekarang.

"Orang jadi rajin berjemur. Apa yang orang butuh di rumah dan selama COVID-19 ini? Ini harus dicermati orang," katanya.

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "5 Ide Usaha yang Bisa Kamu Coba saat New Normal"

Baca Juga: 4 Tips Berbisnis dari Gubernur Ganjar Pranowo untuk Sambut New Normal

Baca Juga: 7 Bisnis Pilihan di Bulan Ramadan untuk Tambahan Pemasukan

Baca Juga: 9 Pilihan Bisnis yang Bisa Dilakukan Saat #WFH