Meskipun tahun ini lebaran terasa berbeda karena di rumah saja, bukan berarti keinginan untuk berbelanja baju atau kebutuhan lebaran terlupakan begitu saja. Justru dengan kemudahan toko online yang bisa kamu akses melalui ponsel, membuatmu ingin terus berbelanja.

Bahkan, diskon yang diberikan pun tak tanggung-tanggung. Tak cuma diskon sih, beberapa toko online bahkan memberikan bonus berupa cashback, gratis barang tertentu, atau gratis ongkos kirim yang semakin menghipnotis kita untuk beli barang-barang yang sebenarnya belum tentu kita butuhkan.

Supaya nggak kalap saat berbelanja kebutuhan lebaran nanti, simak yuk lima tips berikut ini.

1. Tentukan anggaran kamu

5 Tips Belanja Saat Lebaran Supaya Nggak Kalap dan Bikin Kantong JebolUnsplash.com/Kelly Sikkema

Kamu tahu prinsip kebutuhan dan keinginan atau skala prioritas kan. Tentu uang kamu yang ada, pun ditambah THR, bukan hanya untuk dihabiskan sekaligus.

Banyak kebutuhan lain yang harus kamu alokasikan dulu sebelum membeli barang yang kamu inginkan. Jadi perhatikan apa saja yang jadi kebutuhan, buat perencanaan keuangan dan baru beli apa yang kamu inginkan.

2. Survei dan telusuri berbagai diskon

5 Tips Belanja Saat Lebaran Supaya Nggak Kalap dan Bikin Kantong JebolUnsplash.com/Artem Beilaikin

Kamu bebas window shopping asal jangan mudah tergiur. Tujuan kamu survei di sini adalah mencari tahu barang yang kamu suka, berapa besar diskonnya dan keuntungan lain yang kamu dapat. Seperti cashback atau gratis ongkos kirimnya misalnya. Biasanya berbagai marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Shopee dan lain-lain hingga supermarket banyak mengadakan diskon.

3. Belanja di media sosial juga oke

5 Tips Belanja Saat Lebaran Supaya Nggak Kalap dan Bikin Kantong JebolUnsplash.com/Brooke Lark

Banyak online shop di media sosial seperti Instagram yang biasanya mengadakan promo. Kenapa tidak kamu coba? Kamu bisa menggunakan #PromoRamadan #PromoLebaran untuk memudahkan kamu mencari barang yang sedang diskon.

4. Cek promo alat pembayaran

5 Tips Belanja Saat Lebaran Supaya Nggak Kalap dan Bikin Kantong JebolUnsplash.com/Webaroo

Cek juga promo kartu kredit atau alat pembayaran lain seperti OVO, DANA, LinkAja dan lain-lain yang memberikan diskon jika kamu berbelanja. Dengan memanfaatkan berbagai promo, pengeluaranmu untuk berbelanja bisa sedikit ditekan bukan?

5. Mampir ke pusat grosir

5 Tips Belanja Saat Lebaran Supaya Nggak Kalap dan Bikin Kantong JebolUnsplash.com/Artificial Photography

Barang bagus tak selalu ada di mall. Kalau kamu coba pasar grosir seperti Cipulir, Tanah Abang dan Cipadu, di sana banyak yang menjual bahan pakaian hingga pakaian jadi yang tak kalah bagus dari yang ada di mall.

Dengan membeli bahan pakaian, kamu bisa berkreasi dan tampil beda saat lebaran. Sedikit repot karena harus menjahit dan lainnya, tapi dijamin hasilnya memuaskan.

Itulah beberapa tips belanja saat lebaran supaya tidak boros. Bagaimana, Bela? Apakah anggaran belanja lebaranmu tahun ini sudah dipersiapkan secara matang?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Jangan Kalap Lihat Diskon Lebaran, Catat Tipsnya Supaya Kantong Aman"

Baca Juga: Tips Mengelola THR Agar Tidak Cepat Ludes

Baca Juga: 7 Fakta Mengenai THR yang Perlu Kamu Ketahui!

Baca Juga: 5 Tips Aman Belanja Kebutuhan Pokok Secara Online