Gumiho adalah salah satu makhluk mitologi Korea Selatan yang mendapatkan pengaruh dari makhluk mitologi Huli Jin dari China dan Kitsune dari Jepang.

Sosok Gumiho digambarkan sebagai rubah berekor sembilan yang memakan hati manusia agar bisa berubah menjadi manusia. Gumiho hidup selama ribuan tahun dan mempunyai kekuatan untuk berubah bentuk, biasanya dia berubah sebagai seorang wanita cantik agar mempermudahnya mencari mangsa.

Di Korea Selatan, sosok Gumiho sering sekali muncul di film maupun serial drama. Aktris-aktris yang memerankannya pun merupakan aktris yang memiliki paras yang cantik. Siapa saja? Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Go So Young

7 Aktris Korea yang Pernah Perankan Sosok Gumiho, Si Rubah Berekor 9news.tongplus.com

Go So Young pada tahun 1994 bermain di dalam film horor berjudul The Fox with Nine Tails dan berperan sebagai Harah, yang juga merupakan gumiho. Harah menyamar sebagai wanita muda yang cantik dan sangat ingin menjadi manusia. Dia kemudian jatuh cinta dengan supir taksi bernama Hyuk yang saat itu diperankan oleh Jung Woo Sung.

The Fox with Nine Tails adalah film Korea pertama yang menggunakan CGI, dan itu menandakan perubahan lain dalam industri film Korea.

2. Kim Tae Hee

7 Aktris Korea yang Pernah Perankan Sosok Gumiho, Si Rubah Berekor 9chosun.com

Kim Tae Hee adalah salah satu pemeran utama dalam drama Forbidden Love atau Tale of the Nine-Tailed Fox yang tayang di KBS pada tahun 2004 dan berperan sebagai Yoon Shi Yeon yang merupakan Gumiho yang hidup dalam penyamaran di dunia manusia.

Karakter yang diperankan oleh Kim Tae Hee memiliki masa lalu yang kelam ketika seluruh keluarganya dibantai. Pada siang hari, Shi-yeon adalah seorang karyawan di museum. Pada malam hari, dia adalah seorang prajurit wanita peringkat teratas di klan Gumiho, yang bertugas menjaga keseimbangan antara manusia dan Gumiho.

Kim Tae Hee memenangkan nominasi Best New Actress dalam ajang KBS Drama Awards atas penampilannya di drama Forbidden Love ini.

3. Park Min Young

7 Aktris Korea yang Pernah Perankan Sosok Gumiho, Si Rubah Berekor 9popcornfor2.com

Pada tahun 2008, Park Min Young bermain dalam serial horor berjudul Korean Ghost Stories. Serial ini berisi mitos-mitos tradisional dan dongeng-dongeng lama Korea Selatan. Dengan mempertahankan latar belakang kuno versi orisinal, Korean Ghost Stories menyajikan total delapan episode berbeda dengan plot modern dan tema asli.

Park Min Young muncul di segmen Gumiho pada episode 1 bersama dengan Kim Ha Eun, Choi Jin Hyuk, Choi Dang Seok, Park Woong, dan Jeong Jae Sun.

Berkat perannya sebagai Gumiho, Park Min Young memenangkan Excellence Award, Actress in a Special/One Act Drama dalam ajang KBS Drama Awards.

4. Jeon Hye Bin

7 Aktris Korea yang Pernah Perankan Sosok Gumiho, Si Rubah Berekor 9chosun.com

Sama dengan Park Min Young, kemunculan Jeon Hye Bin sebagai Gumiho ada di dalam serial horor Korean Ghost Stories, yang membedakan hanya tahun penayangannya saja. Park Min Young sebagai Gumiho di Korean Ghost Stories pada tahun 2008 sedangkan Jeon Hye Bin pada tahun 2009.

Pada tahun 2009, Korean Ghost Stories memiliki 10 episode dan segmen Gumiho terdapat di episode 8.

5. Shin Min Ah

7 Aktris Korea yang Pernah Perankan Sosok Gumiho, Si Rubah Berekor 9ilyoeconomy.com

My Girlfriend is a Gumiho mungkin adalah drama Korea yang memperkenalkan sosok 'Gumiho' kepada penonton luar. Shin Min Ah sebagai Gumiho sukses membuat penonton mengenal Gumiho dengan sisi yang agak berbeda dengan penggambaran tentang Gumiho pada umumnya.

Dalam drama ini Shin Min Ah beradu akting bersama Lee Seung Gi dan juga aktor senior Sung Dong Il. Namun, selain berperan sebagai bintang utama dalam drama ini, Shin Min Ah juga mengisi soundtrack dengan menyanyikan dua buah lagu berjudul Sha La La dan I Can Give You All.

Berkat perannya sebagai Gumiho, Shin Min Ah memenangkan Style Icon Actress, TV Category dalam ajang Style Icon Awards yang ke-3. Ia juga memenangkan 3 kategori sekaligus di ajang SBS Drama Awards yaitu Excellence Award, Actress in a Drama Special; Top 10 Stars; dan Best Couple (bersama Lee Seung Gi).

6. Han Eun Jung

7 Aktris Korea yang Pernah Perankan Sosok Gumiho, Si Rubah Berekor 9pinterest.com

Pada tahun yang sama dengan tayangnya My Girlfriend is a Gumiho di SBS yaitu pada tahun 2010, KBS juga memiliki drama yang menceritakan tentang Gumiho yang berjudul Grudge: The Revolt of Gumiho atau judul lainnya adalah Gumiho: Tale of the Fox's Child.

Dalam drama ini, aktris yang berperan sebagai Gumiho adalah Han Eun Jung. Drama ini mengambil setting pada zaman Dinasti Joseon, mengisahkan tentang karakter yang diperankan oleh Han Eun Jung yang memiliki anak dari hasil perkawinan antara seorang manusia dan seorang gumiho yang membuat konflik dalam drama ini dimulai.

Peran Gumiho membuat Han Eun Jung mendapatkan nominasi Top Excellence Award, Actress dan memenangkan nominasi Excellence Award, Actress in a Miniseries, keduanya pada ajang KBS Drama Awards.

7. Kang Ye Won

7 Aktris Korea yang Pernah Perankan Sosok Gumiho, Si Rubah Berekor 9forums.soompi.com

Drama MBC berjudul The Thousandth Man ini memiliki 8 episode secara keseluruhan. Pemeran utama sebagai Gumiho dimainkan oleh aktris Kang Ye Won.

Drama ini menceritakan Mi Jin, karakter yang diperankan oleh Kang Ye Won yang seorang Gumiho dengan ibu dan adiknya yang juga Gumiho yang harus mengkonsumsi 1000 hati manusia agar bisa berubah menjadi manusia. Mi Jin baru mengkonsumsi 999 dan hanya mempunyai waktu 3 bulan untuk mencari 1 hati manusia yang tersisa.

Itulah 7 aktris Korea yang pernah berperan sebagai Gumiho, seekor rubah berekor 9 yang bisa menyamar menjadi perempuan cantik untuk mengelabui pria-pria yang akan dimakan hatinya demi menjadi manusia seutuhnya. 

Dari 7 aktris di atas, siapa yang paling kamu suka?

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "7 Aktris Korea yang Pernah Perankan Sosok Gumiho, Si Rubah Berekor 9"

Baca Juga: Punya Banyak Teman, 7 Idol KPop ini Mendapat Julukan Social Butterfly