Terkadang Bela suka nggak sadar ya saat melakukan hal-hal yang ternyata bisa berdampak buruk untuk bumi kita ini. Padahal hal itu simpel banget, sering dilakukan dan Bela nggak bakal nyangka sih efeknya. Ingat Bela, bumi kita ini sudah tua lho! Nah, agar Bela bisa mengantisipasi dan mulai merubah kebiasaan itu secara perlahan. 

Kali ini, Popbela bakal sharing lima hal sederhana yang diam-diam bisa selamatkan bumi kita tercinta ini. Keep scrolling and let’s normalize them!

1. Pakai listrik secukupnya, jangan boros ya!

5 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Selamatkan Bumi Kita Lho Shutterstock/fizkes

Bela pasti sudah tahu ya, listrik yang kita pakai sehari-hari itu berasal dari pembakaran bahan bakar fosil yang telah diubah menjadi batu bara. Meski Indonesia termasuk negara yang kaya akan sumber daya batu bara ini, lama-kelamaan akan habis lho jika kita tidak mulai berhemat. 

Terus, kita bisa apa dong buat bikin listrik bisa terus berlanjut hingga ke anak cucu kita? Mulai dari kamu, yuk biasakan untuk menggunakan listrik secukupnya. Bisa dengan mematikan lampu di siang hari atau saat semua orang di rumah sudah terlelap, bahkan hingga sesimpel mencabut charger saat sudah nggak digunakan. Biasakan yuk!

2. Membawa botol air minum sendiri

5 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Selamatkan Bumi Kita Lho Shutterstock/Dara Kaliton

Membawa botol minum atau tumbler sendiri merupakan salah satu kebiasaan mudah yang bisa kamu coba mulai dari sekarang. Kebiasaan ini penting untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai terutama yang berasal dari botol minum. Tahu sendiri kan butuh 20 hingga 1.000 tahun agar sampah plastik terurai. Lagipula, kamu nggak perlu malu untuk membawa tumbler  ke mana-mana, apalagi sekarang sudah banyak desain-desain tumbler yang aesthetic dan pastinya bisa mendukung fashion style kamu. 

Oh iya, Popbela sarankan kamu membawa tumbler berukuran 500ml ya, agar tidak terlalu berat dan nggak makan banyak tempat, apalagi saat kamu menggunakan hand bag atau shoulder bag. Keep hydrated and save more plastic, Bela!

3. Gunakan produk kecantikan yang ramah lingkungan

5 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Selamatkan Bumi Kita Lho Shutterstock/metamorworks

Saat ini kita nggak hanya harus memilih produk kecantikan yang bisa memberikan perubahan signifikan untuk kesehatan dan kecantikan kulit nih, Bela. Faktor ramah lingkungan juga wajib kamu pertimbangkan lho. Kayak apa sih produk kecantikan yang ramah lingkungan? Kamu bisa cari produk yang prosesnya menghasilkan lebih sedikit limbah industri, menggunakan lebih sedikit plastik baru, hingga proses penanganan limbah plastik bahkan saat produk sudah sampai di tangan kita.

Beberapa kriteria produk ramah lingkungan tadi bukan berarti muluk-muluk kok, karena faktanya ada produk kecantikan Indonesia yang berkomitmen untuk menjaga lingkungan, apalagi kalau bukan Garnier. Tahun ini Garnier meluncurkan campaign #GreenBeauty. Dengan mengusung #GreenBeauty, Garnier berkomitmen menjadi merek kecantikan pertama di Indonesia yang menggunakan pendekatan lingkungan di beberapa aspeknya. 

Selain itu, Garnier lewat #GreenBeauty juga memiliki komitmen yang kuat terutama dalam hal kemasan ramah lingkungan. Garnier berkomitmen untuk menghemat 402 ton plastik baru di tahun 2022, dan tidak lagi menggunakan plastik baru di tahun 2025. Ini terbukti dari pencapaian Garnier yang sudah meniadakan Cellophane & Blue Liner masker wajah sejak tahun 2019, menghemat 32 ton plastik baru dan menggunakan karton dan kertas kemasan yang bersertifikat FSC. 

Selain itu, Garnier juga bekerja sama dengan local partners dalam meluncurkan aplikasi eRecycle untuk membantu kalian melakukan daur ulang berbasis aplikasi waste management yang bisa diakses melalui smartphone. Lewat aplikasi eRecycle, Garnier berkomitmen untuk mengajak >25.000 konsumen untuk mendaur ulang 100 ton plastik/tahun di tahun 2025. Salut! Mau tahu info selengkapnya soal aplikasi eRecycle? Langsung klik di sini ya!

4. Memakai tas belanja sendiri ya

5 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Selamatkan Bumi Kita Lho Shutterstock/Troyan

Plastik sekali pakai nggak hanya ditemukan pada botol minum saja, tetapi juga pada kantong belanja, Bela. Untuk itu, mulai sekarang coba deh pastikan kamu sudah menyertakan totebag tambahan saat akan berbelanja atau sekadar hangout ke luar rumah.

Siapa sangka ‘kan aksi sederhana ini bisa menyelamatkan bumi dari ‘kepungan’ sampah plastik sekali pakai? Kamu juga nggak perlu takut tote bag merusak fashion style kamu, karena sekarang sudah banyak tote bag yang modis dan justru bisa kamu jadikan fashion statement kamu. Asyik!

5. Makan dengan bijak

5 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Selamatkan Bumi Kita Lho 

Bela sadar nggak kalau food waste merupakan salah satu masalah genting di banyak negara? Jarang diekspos, ternyata berat makanan sisa di Indonesia bisa mencapai 13 juta ton lho setiap tahunnya. Berat ini setara dengan berat makanan untuk 28 juta orang.

Nah, buat kamu yang ingin coba makan dengan bijak, beberapa cara yang efektif adalah dengan memesan makanan secukupnya, ingat jangan lapar mata aja ya Bela. Lalu, kamu bisa selalu membawa kotak makan jika sewaktu-waktu makanan yang kamu pesan nggak habis. Dan yang terakhir, jadikan sampah makanan sebagai kompos. Simple kan? Mulai coba yuk!

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk ikut serta menyelamatkan bumi lewat aktivitas-aktivitas sederhana. Di antara kelima hal yang sudah Popbela sebut tadi, mana yang sudah jadi kebiasaanmu nih, Bela? (CSC)