Menurut badan kesehatan dunia, WHO, difabel adalah suatu kehilangan atau ketidaknormalan baik itu yang bersifat fisiologis, psikologis, maupun kelainan struktur atau fungsi anatomis. Tak sedikit dari kita yang terlahir tidak sempurna dan memiliki keterbatasan dalam hidupnya.

Namun tak jarang mereka memiliki cerita hidup yang inspiratif bagi kita semua. Nggak heran jika tema disabilitas pun sering diangkat ke layar lebar, termasuk di dunia Bollywood. Memerankan tokoh disabilitas tidaklah mudah, diperlukan suatu kemampuan akting yang luar biasa demi menjiwai peran tersebut. 

Hebatnya, 6 aktor Bollywood ini sukses banget memerankannya, lho. Siapa saja? Check this out.

1. Hritik Roshan - Guzaarish

Bikin Haru, 6 Aktor Bollywood Ini Sukses Perankan Tokoh DifabelIMDB.com

Akting yang mempesona, wajah yang rupawan dan jago menari jadi paduan yang sempurna Hritik Roshan di dunia perfilman India. Film-filmnya selalu mampu menjadi box office, tak terkecuali film yang berjudul Guzaarish yang dirilis pada tahun 2010.

Dalam film tersebut dia beradu peran dengan aktris cantik Aishwarya Rai. Guzaarish berkisah tentang seorang pesulap dunia bernama Ethan Mascarenhas (Hritik Roshan) yang mengalami kecelakaan saat menampilkan trik sulap berbahaya.

Akibatnya dia pun mengalami kelumpuhan total dan tidak bisa bergerak sama sekali. Dalam ketidakberdayaannya tersebut dia pun dirawat oleh Sofia D'Souza (Aiswarya Rai). Sepanjang masa kelumpuhannya pun dia diserang berbagai perasaan putus asa hingga memutuskan sebuah petisi kepada dokter agar hidupnya diakhiri.

Kemampuan akting Hritik Roshan dalam film ini dijamin deh mengaduk-aduk  perasaanmu.

2. Rani Mukerji - Hichki

Bikin Haru, 6 Aktor Bollywood Ini Sukses Perankan Tokoh Difabelcinema.mu

Jika kamu belum menonton film yang satu ini, rugi deh. Hicki merupakan salah satu film paling inspiratif yang pernah dibintangi oleh Rani Mukerji. Naina Mathur (Rani Mukherjee) adalah gadis pengidap syndrome tourette, sebuah penyakit yang berhubungan dengan saraf pengucapan sehingga mempengaruhi pengucapan seseorang yang dilakukan berulang-ulang tanpa bisa dihentikan.

Sejak kecil Naina selalu terasing dari masyarakat akibat kelainan tersebut. Namun dia tak pernah putus asa, dan tetap bekerja keras untuk mencari pekerjaan sebagai seorang guru. Meski sulit, pada waktunya dia menemukan sebuah sekolah yang mau menerimanya.

Dengan keterbatasannya tersebut Naina ditempatkan untuk mengajar sebuah kelas dimana para muridnya terkenal susah diatur dan nakal. Bagaimana kelanjutannya? Tonton aja sendiri deh. Dijamin film ini akan membuatmu terinspirasi untuk menjalani hidup ini.

3. Ranbin Kapoor- Barfi!

Bikin Haru, 6 Aktor Bollywood Ini Sukses Perankan Tokoh DifabelIMDB.com

Jatuh cinta adalah hak setiap orang, bagaimana pun kondisi mereka. Hal inilah yang menjadi tema film Barfi! yang dibintangi oleh Ranbin Kapoor dan Priyanka Chopra. Uniknya dalam film ini keduanya memiliki keterbatasan secara fisik.

Barfi merupakan seorang lelaki yang bisu dan tuli, sedangkan Jhilmil Chatterjee (priyanka Chopra) mengidap autisme. Berlatar tahun 70-an, film ini menceritakan kisah cinta segita yang menembus batas normal dan abnormal.

Barfi pada awalnya jatuh cinta pada seorang gadis normal bernama Shruti Sengupta (Ileana D'Cruz). Namun ditolak oleh keluarga Shruti karena keterbatasannya. Hingga pada akhirnya Barfi bertemu dengan seorang gadis autis, Jhilmi. Pertemuan ini pun membuat keduanya saling memahami.

Nggak hanya bakal dibikin haru, film ini juga banyak menampilakan kelucuan yang sukses diperankan oleh Ranbin Kapoor dan Priyanka Chopra.

4. Anushka Sharma - Zero

Bikin Haru, 6 Aktor Bollywood Ini Sukses Perankan Tokoh Difabelhindustantimes.com

Sejak beradu peran dalam film Rab Ne Ban Di Jodi, duet Anushka Sharma dan Shahrukh Khan memang menjadi salah satu yang paling favorti di Bollywood. Yang terbaru adalah film Zero yang rilis pada tahun 2018 lalu. Film ini juga diintangi oleh Katrina Kaif.

Bauua Singh (Shah Rukh Khan) menjadi tokoh utama dalam film ini yang berperan sebagai seseorang yang menyebalkan, kaya raya namun, ceroboh, kekanak-kanakan dan memiliki keterbatasan karena dirinya kerdil. Dia juga telah berusia 38 tahun dan sangat sulit menemukan pasangan untuk menikah hingga suatu hari menemui agen kencan.

Di sisi lain, Anushka Sharma berperan sebagai Aafia Yusufzai Bhinder, seorang ilmuan NASR (seperi NASA) dengan kelumpuhan otak yang mempengaruhi gerakan tubuhnya, dikenal dengan penyakit cerebral palsy (seperti Stephen Hawking).

Hingga pada suatu waktu kedua orang dengan keterbatasan yang saling bertolak belakang ini saling jatuh cinta. Namun Bauua Singh kemudian lari dari pernikahan keduanya yang telah disepakati.

Terlepas dari kisah cinta dan pencarian diri ini, Anushka Sharma sangat memukau memerankan perannya sebagai pengidap Cerebral Palsy ini dimana gerakan tubuh dan cara dia berkomunikasi yang terbatas.

5. Shahrukh Khan - My Name Is Khan

Bikin Haru, 6 Aktor Bollywood Ini Sukses Perankan Tokoh DifabelIMDB.com

King Of Bollywood, sudah tak perlu diragukan lagi kemampuan peran aktor yang satu ini. Film-filmnya selalu dicintai publik dunia. berbagai peran pun selalu dia mampu taklukan dengan sangat baik, termasuk tokooh difabel.

Sebelum Zero, Shahrukh Khan telah bermain sangat apik dalam sebuah film berjudul My Name Is Khan. Dalam film itu dia berperan sebagai Rizvan Khan, seorang yang mengidap autisme dan dituduh teroris akibat keislamannya.

Dia pun kemudian berusaha menemui presiden Amerika untuk mengatakan jika dirinya bukanlah teroris. Meski film ini sempat menciptakan kontroversi, kemampuan akting King Khan sebagai penderita autis ini sangatlah memukau dan membuat haru para penontonnya.

6. Amitabh Bhachchan - Paa

Bikin Haru, 6 Aktor Bollywood Ini Sukses Perankan Tokoh Difabelhindustantimes.com

Apakah kamu pernah mendengar penyakit Progeria? Progeria adalah kondisi genetik yang sangat langka, di mana pasien yang biasanya anak-anak, mengalami penuaan dengan cepat dan mati muda. Inilah yang menjadi dasar cerita film Paa yang dibintangi Amitabh Bhachchan dan Abishek Bachchan.

Auro (Amitabh Bhachchan) adalah penderita Progria, namun memiliki kepribadian yang ceria dan hidup bahagia dengan ibunya Vidya (Vidya Balan) yang merupakan seorang dokter Gynaecologist. 

Hingga suatu hari dia bertemu dengan Amol Arte (Abhishek Bachchan) politisi muda yang ternyata adalah ayahnya. Drama hubungan anak, ayah dan keluarga ini pun dimulai. Dengan berbagai lika-likunya yang mengharukan, siapa sangka jika dibalik tokoh Auro sebagai anak Progeria berusia 12 tahun adalah Amitabh Bhachchan.

Legenda Bollywood tersebut sukses membuat penontonnya mengharu biru berkat peran yang dia mainkan. Bahkan perannya ini pun membawanya menerima penghargaan sebagai aktor terbaik Filmfare 2010.

Itulah 6 aktor Bollywood yang sukses memerankan tokoh difabel dengan sangat luar biasa, sehingga membuat para penontonnya pun terharu. Kamu sudah nonton semuanya?

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Bikin Haru, 6 Aktor Bollywood Ini Sukses Perankan Tokoh Difabel"

Baca Juga: 10 Artis Bollywood dengan Patung Lilinnya, Bisa Tebak Mana yang Asli?