Jika kamu berlibur ke suatu tempat, pasti kamu tidak akan melewatkan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah. Keberadaan bangunan bersejarah tentu menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi wisatawan. Bukan hanya menilik kisah di masa lampau tapi juga mengenal lebih dekat karakteristik bangunannya.

Popbela akan mengajak kamu untuk mengunjungi tujuh tempat bersejarah di dunia versi Wonderslist. Yuk simak ulasannya di sini.

Stonehenge

7 Lokasi Paling Bersejarah di Dunialondonforfree.net

Bangunan bersejarah ini memang paling terkenal dan tertua di dunia. Menurut sejarah, Stonehenge di bangun pada abad 3000 sampai 2000 sebelum masehi. Bangunan yang terletak di Inggris ini dipercaya sebagai tanah pemakaman atau sebuah kuil bagi orang mati.

Luxor

7 Lokasi Paling Bersejarah di DuniaToursfromhurghada.com

Kuil LUXOR berada di tepian Sungai Nil bagian timur. Kuil ini adalah salah satu kuil Mesir Kuno. Menurut sejarah, kuil ini dibangun pada abad 1400 sebelum masehi oleh Amenhotep III. Kemudian di selesaikan oleh Tutankhaum, Horemheb dan Rameses II. Sungguh perjalanan yang sangat panjang ya untuk menyelesaikan kuil ini.

Kuil Hatshepsut

7 Lokasi Paling Bersejarah di Duniaversesofuniverse.blogspot.com

Kuil yang satu ini terletak di tepian Sungai Nil bagian barat. Dirancang oleh seorang ratu yang bernama Ratu Hatshepsut. Diperlukan waktu sekitar 15 tahun untuk dapat membangun kuil ini. Berdirinya kuil ini sebagai bagian dari mengenang pencapaian sang ratu dan sebagai tempat perlindungan dewa Amon Ra.

Hypogeum

7 Lokasi Paling Bersejarah di Duniaunrealengine.com

Kuil yang satu ini terletak di Malta sebuah negara yang berada di kepulauan Eropa Selatan. Pada tahun 1902 tanpa sengaja kuil ini ditemukan di bawah tanah. Saat kuil ini berhasil ditemukan ada sekitar 7000 orang ditemukan. Bukan hanya itu saja, ada berbagai jimat, manik-manik, dan sebagainya. Kuil ini diyakini pertama kali digunakan pada awal 4000 sebelum masehi. Lokasi ini dianggap sebagai bagian dari Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. 

Kuil Seti I

7 Lokasi Paling Bersejarah di Duniaanehunikalamku.blogspot.com

Berada di Abydos sebuah tepat yang dekat dengan tepian Sungai Nil. Dibangunlah sebuah kuil pada 1279 sebelum masehi jelang masa akhir kepemerintahan Seti I. Kuil ini didedikasikan untuk para dewa. Bukan hanya itu saja, dalam kuil ini pun terdapat 76 nama raja Mesir kuno. 

Hagar Qim and Mnajdra

7 Lokasi Paling Bersejarah di Duniavisitgozo.com

Dua lokasi bersejarah ini dibangun antara abad 3600 sebelum masehi sampai 3200 sebelum masehi. Hagar Qim berada di ujung selatan Pulau Malta. Jarak antara Hagar Qim dengan Mnajdra sekitar 500 meter. Pada tahun 1992, UNESCO mengakui bahwa tempat bersejarah ini sebagai bagian dari World Heritage Site. 

Ġgantija

7 Lokasi Paling Bersejarah di Duniae-architect.co.uk

Tempat bersejarah yang terakhir ini adalah kuil Ġgantija di Xagħra, Gozo. Adapun tempat ini berada di ujung dataran tinggi Xagħra. Bangunan ini dibangun antara 3600 SM sampai 3000 SM. Dibangunnya kuil ini didedikasikan untuk the Great Mother Earth. UNESCO menetapkan Ġgantija sebagai situs warisan dunia. 

Nah itu dia 7 tempat bersejarah tertua di dunia. Seperti kata Ahmad Fuadi penulis Novel Negeri 5 Menara. Dia mengatakan, "History is not nostalgic art, but history is ibrah, lessons, that we can pull to the present, to prepare for a better future," Jadi sudah sejauh mana pengetahuan kita tentang sejarah?

 

BACA JUGA: 5 Buku Novel Memoar Ini Adaptasi dari Sejarah di Indonesia