Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyambut datangnya hari raya Lebaran, salah satunya adalah menghias rumah dengan menggunakan bunga hidup yang cantik. Meskipun situasi masih dalam PSBB, namun kehadiran bunga di tengah perayaan Lebaran bisa menambah semarak kemeriahan momen Lebaran, meskipun dalam limgkup keluarga kecil kita, ya, Bela. Kesan indah dan keharuman yang dihasilkan oleh bunga juga mampu membuat ruangan menjadi elegan dan tentunya mampu mempercantik ruangan yang ada di rumah. 

Nah, agar bunga yang digunakan terangkai dengan cantik, tetap segar serta tahan lama, kamu bisa mengikuti 5 tips dari seorang florist asal New York, yaitu Lewis Miller. Ia membagikan 5 tips merangkai bunga yang bisa kamu terapkan ketika kamu menyusun bunga-bunga untuk Lebaran nanti. Berikut 5 tips merangkai bunga untuk dekorasi lebaran.

1. Pilih bunga yang segar

Tetap Segar, Ini 5 Tips Merangkai Bunga untuk Dekorasi Lebaran Pinterest.com/Marthastewart

Saat kamu membeli bunga, pastikan kamu tidak hanya melihat bunga yang akan dipilih, melainkan kamu juga harus menyentuh serta memeriksa bunga yang akan kamu beli. Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa membeli bunga yang memiliki umur panjang. Ciri bunga yang segar dan berpotensi memiliki umur panjang adalah bunga yang kelopaknya tidak lembek dan juga lembap. Selain itu, bunga yang segar juga memiliki tangkai yang bersih, keras, tidak longgar ataupun tidak licin. 

Nggak hanya kelopak dan juga tangkai, kamu juga harus memerhatikan kondisi bunga yang akan dibeli. Kamu disarankan untuk memilih bunga yang masih kuncup. Pemilihan kondisi bunga ini dikarenakan bunga yang sudah mekar memiliki waktu kesegaran yang lebih singkat dibanding dengan bunga yang masih kuncup.

2. Potong daun dan juga batang

Tetap Segar, Ini 5 Tips Merangkai Bunga untuk Dekorasi Lebaran Pinterest.com/Byrawpixel

Kalau kamu membeli bunga yang masih ada daunya, maka potonglah daun tersebut. Memotong daun sangat bermanfaat untuk memperpanjang usia serta kesegaran bunga, lho. Hal ini dikarenakan kehadiran daun mampu menjadi pesaing bagi bunga untuk mendapatkan air yang ada di dalam vas tersebut. Nggak hanya daun, kamu juga disarankan untuk memotong batang secara miring. Pemotongan ini bertujuan untuk memperluas permukaan batang sehingga mampu menyerap air secara maksimal. Gunakan pisau yang tajam untuk memotong batang agar hasil kemiringannya sempurna dan tidak merusak batang. 

3. Gunakan soda atau vodka agar bunga tidak layu

Tetap Segar, Ini 5 Tips Merangkai Bunga untuk Dekorasi Lebaran Pinterest.com/Cosmopolitan

Miller juga menyarankan kepadamu untuk menambahkan vodka ke dalam air yang ada di vas bunga, lho. Vodka dinilai sebagai zat antibakteri bagi bunga, karena kandungan yang ada di dalamnya ampuh untuk meminimalkan pertumbuhan bakteri yang mampu membuat bunga menjadi layu. Selain vodka, kamu juga bisa menambahkan soda ke dalam vas bungamu. Kandungan gula yang ada di soda ternyata bisa mempertahankan kesegaran bungamu.

4. Terapkan chop n plop

Tetap Segar, Ini 5 Tips Merangkai Bunga untuk Dekorasi Lebaran Pinterest.com/Ggflowerco

Ketika kamu mulai menyusun bunga, Miller menyarankan kamu untuk menyusunnya dari bagian pinggir vas lalu ke bagian dalam atau tengah vas. Kamu juga bisa menggunakan teknik Chop n Plop milik Miller. Pada teknik ini, hal yang harus kamu lakukan adalah mengambil segenggam bunga pilihanmu, lalu potong batang dan daun, kemudian masukan secara bersama bunga-bunga tersebut. Setelah dimasukan, selanjutnya adalah mengatur posisi bunga-bunga sesuai dengan keinginamu. 

Pastikan jangan sampai ada batang-batang yang terjerat antar satu sama lain, ya. Kalaupun ada, pisahkan batang yang terjerat tersebut dengan jari-jarimu secara perlahan.

5. Jauhkan dari matahari dan rutin mengganti air

Tetap Segar, Ini 5 Tips Merangkai Bunga untuk Dekorasi Lebaran Pinterest.com/Marthastewart

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah posisi peletakkan bunga. Sebagian bunga memiliki kadar kesensitifan yang tinggi terhadap cahaya matahari. Bunga-bunga yang sensitif tersebut akan cepat layu apabila secara langsung terpapar oleh sinar matahari. Oleh karena itu, perhatikan peletakan posisi bungamu, ya.

Selain itu, kamu juga harus rutin mengganti air yang ada di dalam vas. Bila perlu, lakukanlah penggantian air setiap harinya denganmenambah sedikit es batu untuk menjaga kesegarannya. Hal ini perlu dilakukan karena air yang tergenang dalam vas tersebut mampu menjadi habitat bagi bakteri, jamur, dan juga alga untuk berkembangbiak di bungamu.

Itulah cara merangkai bunga untuk dekorasi lebaran. Selamat berkreasi, Bela!

Baca Juga: 14 Jenis Tanaman Kaktus Hias untuk di Dalam Rumah

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Gantung yang Cocok untuk Hiasan Rumahmu

Baca Juga: 10 Inspirasi Dekorasi Lebaran Idul Fitri