Mengoleksi ikan hias ialah salah satu kegiatan yang kembali naik daun di tengah pandemi saat ini. Banyak orang yang kembali memelihara ikan hias untuk mengisi waktu luang yang mereka miliki saat harus #dirumahaja.  

Salah satu ikan hias yang saat ini jadi primadona ialah ikan cupang. Ikan dengan nama lain betta fish ini menjadi incaran banyak orang lantaran keindahan bentuknya yang mampu memanjakan mata. Selain itu, jika dibudidyakan, ikan yang terkenal dengan keagresifannya ini mampu menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. 

Namun, di antara banyaknya jenis ikan cupang, terdapat beberapa jenis yang dijual dengan harga selangit. Bahkan, beberapa di antaranya ada yang menembus harga jual di angka 20 juta. Harga cupang yang mahal ini dipengaruhi oleh jenis, bentuk, dan juga keindahan warna-warni yang ada di tubuh cupang.  

Nah, untuk kamu yang penasaran dengan jenis ikan cupang yang dipatok dengan harga mahal, berikut Popbela berikan daftar jenis ikan cupang termahal yang ada di Indonesia!

1. Ikan Cupang Kachen Worachai

Tembus 20 Juta, Ini 5 Jenis Ikan Cupang TermahalPinterest.com/Petsoverload

Jenis ikan cupang ini dinamai sesuai dengan nama pemiliknya, yaitu Kachen Worachai yang berasal dari Bangkok, Thailand. Ikan cupang jenis aduan ini menjadi perbincangan publik pada tahun 2016 dikarenakan ikan ini berhasil dilelang secara online dengan harga yang fantastis, yaitu US$1.530 atau saat itu setara dengan Rp20 juta. Ikan mungil nan cantik ini dilelang dengan harga tinggi lantaran semua orang mengincar keunikan motifnya. Pasalnya, tubuh ikan tersebut memiliki warna yang sama dengan warna bendera Thailand, yaitu biru tua, putih dan merah. 

2. Ikan Cupang Fancy

Tembus 20 Juta, Ini 5 Jenis Ikan Cupang TermahalPinterest.com/Freepik

Posisi nomor 2 untuk ikan cupang termahal ditempati oleh jenis ikan cupang Fancy. Saat ini, anakan jenis ikan ini dihargai Rp200 ribu per ekornya. Hal yang membuat jenis ikan ini mahal ialah kecantikannya yang terletak pada gradasi warna, dengan tiap ikan bisa memiliki tubuh yang terdiri dari 3 dimensi warna. Untuk menikmati keindahan ikan cupang dewasa jenis ini, kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp2 juta rupiah. 

3. Ikan Cupang Plakat

Tembus 20 Juta, Ini 5 Jenis Ikan Cupang TermahalPinterest.com/Justcichilds

Sama dengan Ikan Cupang Kachen Worachai, jenis ikan aduan ini juga berasa dari Thailand. Nama Plakat sendiri berasal dari bahasa Thailand, yaitu "plakad", yang dalam bahasa Thailand berarti tarung. Diptok dengan harga Rp2 juta perekornya, letak keunikan ikan yang cenderung bewarna gelap ini terletak di bentuk tubuhnya yang kekar serta sirip dan ekornya yang pendek dan tumpul.  

4. Ikan Cupang Double Tail

Tembus 20 Juta, Ini 5 Jenis Ikan Cupang TermahalPinterest.com/Petco

Ya, sesuai dengan namannya, ikan cupang ini memiliki dua ekor yang terlihat seperti terbelah dua dengan warna yang berbeda. Karena perbedaan warna tersebut, ikan yang sangat sulit ditemukan dan juga susah untuk dikembangbiakkan ini dijual dengan harga yang mahal, yaitu Rp1,3 juta per ekornya. 

5. Ikan Cupang Halfmoon

Tembus 20 Juta, Ini 5 Jenis Ikan Cupang TermahalPinterest.com/Aquabid

Salah satu jenis ikan yang paling digemari oleh pecinta akuatik ini dijual mulai dari harga Rp40.000 sampai Rp500.000 perekornya. Keindahan juntaian ekor ikan yang berasal dari Thailand ini yang membuat harga ikan cukup tinggi. Tak seperti kebanyakan ikan cupang lainnya yang mencolok, ikan cupang dengan ekor yang tampak sepeti huruf kapital D ini memiliki warna yang netral dan teduh, seperti putih atau biru muda. 

Kira-kira berniat memelihara salah satu dari ikan cupang termahal ini, nggak, Bela?

Baca Juga: Bantu Hilangkan Stres, Ini 5 Jenis Ikan Cupang Hias yang Super Menawan

Baca Juga: 7 Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ekor dan Siripnya Indah

Baca Juga: Unik dan Berkarakter, Ini 7 Cara Merawat Kucing Munchkin