Di dunia ini, ada banyak tumbuhan yang tumbuh subur dan bisa membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Di antara banyaknya tumbuhan tersebut, ada beberapa tumbuhan yang tertulis di dalam kitab suci umat Islam, Alquran. 

Tumbuhan-tumbuhan yang termaktub dalam Alquran tersebut kebanyakan merupakan sayur serta buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi baik bagi tubuh. Namun selain itu, jika dibudidayakan akan menjadi ladang rezeki karena sangat dibutuhkan. 

Berikut Popbela berikan 7 tanaman pembawa kekayaan menurut islam yang disebut di dalam Alquran.

1. Buah tin

Termaktub dalam Alquran, 7 Tanaman Ini Pembawa RezekiPinterest.com/Plantinstructio

Disebut dalam Alquran surat At-Tin, tanaman yang memiliki nama latin Ficus carica ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh, lho. Buah tin dipercayai memiliki kandungan antioksidan yang mampu meningkatkan kualitas sperma. 

Selain buahnya, ekstrak daun tin dipercayai juga mampu menjadi obat bagi para penderita diabetes karena mampu memproduksi insulin dan zat anti diabetes lainnya. Karena manfaatnya yang luar biasa, buah yang satu ini memiliki harga jual yang cukup tinggi di pasaran.

2. Buah kurma

Termaktub dalam Alquran, 7 Tanaman Ini Pembawa RezekiPinterest.com/GlamandConcious

Jadi makanan takjil paling populer saat bulan Ramadan, buah yang satu ini juga memiliki segudang manfaat. Buah yang disebut dalam surat Maryam ayat 25 ini mengandung zat besi yang sangat berguna untuk mencegah anemia. Selain itu, buah kurma yang masih muda juga sangat bagus dikonsumsi untuk perempuan yang ingin hamil, karena kandungan vitamin B yang ada di dalamnya mampu memperkuat persendian rahim.

3. Buah anggur

Termaktub dalam Alquran, 7 Tanaman Ini Pembawa RezekiPinterest.com/Thespurceeats

Pasti kamu sudah nggak asing lagi dengan buah yang satu ini. Disebut lebih dari dua kali di Alquran, buah anggur ternyata tak hanya nikmat di lidah, tapi juga mampu memberikan manfaat bagi tubuh, Bela. Sebuah jurnal bernama Journal of Experimental and Clinical Science menunjukkan bahwa ekstrat buah anggur mampu membantu mengatasi gangguan pada ginjal. 

Hal ini dikarenakan ekstrak buah anggur merupakan campuran polifenol yang mempunyai sifat antioksidan dan anti-inflamasi bagi tubuh. Tak berhenti sampai di situ, buah anggur dipercayai juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan mata. 

4. Buah delima

Termaktub dalam Alquran, 7 Tanaman Ini Pembawa RezekiPinterest.com/Aynoranur

Banyak yang bilang, mengonsumi buah yang satu ini butuh perjuangan ekstra. Pasalnya, buah delima terkenal dengan bijinya yang sangat banyak sehingga membutuhkan usaha yang lebih untuk memisahkan biji dari daging buah. Namun, yang perlu kamu tahu, perjuangan menyantap delima sama besarnya dengan manfaat yang kamu terima, kok.

Buah yang termaktub di Alquran pada surat Ar-Rahman ayat 68 ini, punya banyak sekali manfaat bagi tubuh. Di antaranya, buah delima punya kandungan polifenol yang kaya antioksidan, sehingga dipercayai mampu mencegah kerusakan pada jantung. Buah yang berasa masam-manis ini juga disebut-sebut mampu menjaga kadar kolestrol  tubuh, lho

Dengan peminat yang cukup banyak, membuat harga jualnya pun bervariasi. Mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

5. Labu

Termaktub dalam Alquran, 7 Tanaman Ini Pembawa RezekiPinterest.com/Treehuger

Bisa diolah jadi beragam makanan lezat, buah labu juga menjadi salah satu buah yang tertulis di Alquran, tepatnya pada surat As-Shaffat ayat 146. Sama dengan kebanyakan buah lainnya, buah yang bewarna kuning ini juga punya segudang manfaat.

Salah satu manfaat yang paling terkenal dari labu ialah kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan labu memiliki kandungan potasium yang berperan sebagai vasodilator, sehingga ia bisa membuka serta memperlebar pembuluh vena dan arteri di dalam tubuh. 

6. Pisang

Termaktub dalam Alquran, 7 Tanaman Ini Pembawa RezekiPinterest.com/Homestoloveau

Buah selanjutnya yang tertulis di dalam Alquran ialah buah pisang. Tertulis di surat Al-Waqiah ayat 29, manfaat buah pisang pasti sudah sering kamu dengar sebagai salah satu makanan yang baik bagi tulang karena kandungan kaliumnya. Namun, sebagai informasi tambahan nih, manfaat pisang ternyata lebih dari itu, lho.

Menurut penelitian, buah pisang merupakan buah yang disebut sebagai gudang nutrisi. Hal ini dikarenakan buah pisang memiliki 6 jenis nutrisi mulai dari air, gula, vitamin, protein, lemak, hingga mineral.

7. Buah zaitun

Termaktub dalam Alquran, 7 Tanaman Ini Pembawa RezekiPinterest.com/Budidayaku

Sama seperti buah lainnya, buah yang zaitun juga punya segudang manfaat, Bela. Disebut lebih dari satu kali di Alquran, buah mungil yang satu ini mampu melindungi tubuh dari osteoporisis dan kanker. Hal ini diperoleh dari jurnal yang dipublikasikan di U.S.National Library of Medicine. Selain itu, minyak zaitun extra virgin dipercayai juga mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. 

Faktor ini pula yang membuat zaitun sebagai komoditas jual beli yang cukup tinggi. Mulai dari menyediakan bibit, buah, hingga olahannya, bisa kamu pasarkan.

Itulah keistimewaan tanaman pembawa kekayaan yang bahkan di Islam, tertulis dalam Alquran. Patut dicoba, nih! 

Baca Juga: Resep Turun Temurun, Ini 8 Tanaman Obat Herbal dari Rempah-Rempah

Baca Juga: Bikin Segar Mata, Ini 7 Tanaman Berwarna Oranye yang Cerah

Baca Juga: Kenali 8 Penyebab Bercak Hitam Pada Tanaman