Di tahun 2020 ini, banyak tren baru bermunculan. Salah satunya ialah tren mengoleksi tanaman hias. Banyak sekali masyarakat yang mulai menggeluti kegiatan bercocok tanam ini. Nah, kalau kamu salah satu yang ingin mencobanya, maka kamu bisa menggunakan tanaman indoor sebagai pilihan utamamu. 

Selain lebih mudah dalam merawatnya, jenis tanaman yang mampu menambah estetika ruangan ini juga punya segudang manfaat, lho. Mulai dari memberikan kesejukan pada ruang, hingga mampu meredakan stres ialah beberapa manfaat yang dibawa oleh tanaman hias indoor ini. 

Lalu, kira-kira, apa saja, ya tanaman hias indoor yang kaya akan manfaat tersebut? Spesial untuk kamu, berikut Popbela berikan 7 rekomendasi jenis tanaman hias indoor terfavorit 2020.

1. Lidah mertua

Paling Tren di Tahun 2020, Ini 7 Rekomendasi Tanaman Indoor TerfavoritPinterest.com/FanaHalim

Tanaman dengan nama latin Sansevieria ini, seolah menjadi tanaman terfavorit sepanjang masa. Dari tahun ke tahun, jenis tanaman yang satu ini selalu masuk ke dalam tanaman indoor pilihan. Ada banyak alasan mengapa jenis tanaman yang digelari dengan tanaman pembawa hoki ini selalu diminati. Mudah dirawat dan tidak membutuhkan banyak air ialah penyebab dari tingginya minat masyarakat terhadap jenis tanaman ini. Ditambah lagi, tanaman yang memiliki corak seperti sisik ular ini mempunyai kemampuan untuk mengurangi polusi udara yang ada di rumah. Bahkan, penelitian dari NASA juga menyebutkan bahwa tanaman lidah mertua mampu menyerap racun di udara seperti benzene, xylene dan formaldehyde

2. Monstera

Paling Tren di Tahun 2020, Ini 7 Rekomendasi Tanaman Indoor TerfavoritPinterest.com/Vivadecorabr

Monstera jenis janda bolong, bisa dikatakan sebagai salah satu tanaman yang paling populer di tahun ini. Bagaimana tidak, bentuknya yang unik membuat tanaman ini diburu oleh banyak pihak. Bahkan, harga jual jenis tanaman hias ini mencapai ratusan juta, lho. Tingginya minat masyarakat terhadap jenis tamanan yang mampu memberikan kesan tropikal ini ada karena keindahan daunnya. Bentuk daun yang bolong-bolong disertai dengan kombinasi warna corak yang beragam pada daun ialah alasan mengapa masyarakat memburu jenis tamanan monstera ini.  

3. Kadaka

Paling Tren di Tahun 2020, Ini 7 Rekomendasi Tanaman Indoor TerfavoritExo-s.blogspot.com

Jenis tanaman hias yang ini mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Untuk kamu yang mungkin juga belum mengetahuinya, jenis tamanan yang satu ini termasuk ke dalam tanaman berjenis paku-pakuan yang bisa dijumpai di tempat yang sejuk dan lembap. Tanaman ini biasanya hidup dengan menempel di tanaman lain. Namun, tanaman ini juga bisa hidup sendiri dengan ditempatkan di pot. Tanaman yang cocok ditempatkan di teras atau dalam rumah ini mempunyai pesona yang memikat, Bela. 

Pesonanya jenis tanaman indoor yang satu ini terletak dari bentuk daunya yang sangat unik, yaitu berbentuk seperti lidah yang menjulur ke atas. Untuk perawatannya, jangan meletakkan tanaman ini langsung di bawah sinar matahari, ya. Hal ini dikarenakan daun Kataka akan menguning apabila terkena cahaya matahari. 

4. Philodenron

Paling Tren di Tahun 2020, Ini 7 Rekomendasi Tanaman Indoor TerfavoritPinterest.com/Ehow

Tanaman hias indoor yang termasuk ke dalam tanaman talas-talasan ini hadir dalam dua jenis, yaitu merambat dan tidak merambat. Namun dari dua jenis tersebut, Philodenron jenis tidak merambat ialah tanaman yang paling digemari. Selain merawatnya yang mudah, jenis tanaman ini digemari lantaran bisa membawa kesejukan. Selain itu, sama halnya dengan tanaman lidah mertua, jenis tanaman yang satu ini juga mampu menyerap polutan yang ada di ruangan. Untuk kamu yang mau merawatnya, maka hindari menyiram tanaman dengan air yang begitu banyak. 

5. Lavender

Paling Tren di Tahun 2020, Ini 7 Rekomendasi Tanaman Indoor TerfavoritPinterest.com/Citybeautyofficial

Jenis tamanan hias indoor yang satu ini diburu karena mampu memberikan aroma yang sedap pada ruangan. Selain itu, jenis tanaman dengan daun bewarna ungu ini juga terkenal ampuh untuk mengusir nyamuk. Kemampuannya untuk mengusir nyamuk ini ada karena lavender memiliki kandungan berupa essential oil yang juga mampu membawa banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Menghilangkan stres, mencegah kanker, hingga mengobati diabetes ialah beberapa manfaat lavender bagi kesehatan tubuh.

6. Geranium

Paling Tren di Tahun 2020, Ini 7 Rekomendasi Tanaman Indoor TerfavoritPinterest.com/Housebeautiful

Kerap dikira bunga mawar karena kesamaan bentuk dan aromanya, jenis tanaman hias indoor yang satu ini nyatanya sangat berbeda. JIa memiliki aroma yang sangat kuat. Bahkan, bunga dari tanaman yang satu ini menjadi salah satu bahan pembuatan parfum. Oleh karena itu, bungan ini cocok banget kamu letakkan di dalam ruangan sebagai pengharum ruangan. 

7. Lily

Paling Tren di Tahun 2020, Ini 7 Rekomendasi Tanaman Indoor TerfavoritPinterest.com/Diana Miller

Tanaman hias indoor dengan bunga bewarna putih yang super elegan ini emang cocok banget dijadikan sebagai pemanis ruangan. Wanginya yang khas juga mampu menaikkan mood dan menjadi pelepas rasa stresmu, lho. Selain itu, bentuknya yang bak lonceng juga membuat keindahan ruanganmu makin bertambah.

Mau mengikuti tren jenis tanaman hias indoor di tahun 2020 ini? Segera pilih yang kamu suka, ya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Penjual Tanaman Monstera Terbaik

Baca Juga: Percantik Halamanmu, Ini 10 Jenis Tanaman Keladi dan Cara Merawatnya

Baca Juga: 10 Pot Tanaman Menggemaskan Ini Siap Percantik Ruanganmu