Pandemi corona memaksa kita untuk lebih sering beraktivitas di rumah. Rasa bosan seolah menjadi teman yang tak bisa dihindari. Hal ini terjadi lantaran kita hanya berada di rumah dengan orang dan pemandangan yang itu-itu saja. 

Jelas, kondisi ini sangat berbeda saat situasi normal, ketika kita bisa beraktivitas di luar rumah dengan pemandangan yang banyak serta beragam, sehingga membuat kita merasa tak mudah jenuh.

Untuk mengurangi rasa bosanmu saat berada di rumah saja, sebenarnya ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, Bela. Salah satunya ialah melakukan makeover pada bagian ruang di rumahmu. Dengan melakukan makeover ruang, maka kamu akan mendapatkan suasana baru yang menyegarkan. Selain itu, melakukan makeover secara tepat juga akan memaksimalkan fungsi sebuah ruang, 

Ada empat mebel sederhana yang bisa kamu gunakan untuk menngubah penampilan ruangan agar tercipta sudut yang menarik.

1. Penggunaan cermin

Begini 4 Cara Makeover Ruangan di Rumah Agar tak MenjenuhkanPinterest.com/West Elm

Kamu bisa menggunakan cermin sebagai salah satu cara dalam meningkatkan tampilan ruanganmu. Peletakan cermin yang tepat bisa memberikan kesan luas pada ruangan. Selain itu, bisa membuat ruangmu menjadi lebih terang juga. Untuk mendapatkan cahaya yang maksimal tersebut, kamu bisa meletakkan cermin pada posisi di seberang sumber cahaya, seperti jendela atau lampu. Kamu juga bisa memilih cermin dengan desain yang unik untuk menambah estetika ruanganmu.

2. Meletakkan mebel bewarna terang atau logam

Begini 4 Cara Makeover Ruangan di Rumah Agar tak MenjenuhkanPinterest.com/Sidenise

Salah satu cara membuat ruangan agar tak bosan ialah dengan membuatnya menjadi bewarna. Pada cara kedua ini, kamu bisa meletakkan mebel bewarna menarik. Untuk pilihan warna menarik tersebut, kamu bisa memilih putih, krem, kelabu tua, atau abu-abu. Warna-warna tersebut merupakan warna yang tidak menyerap banyak cahaya sehingga ruangan akan jauh tampak lebih cerah. 

Selain penggunaan mebel bewarna cerah, kamu juga bisa menggunakan mebel yang beraksen logam. Penggunaan cat atau warna logam ini efeknya sama dengan cermin, yaitu membantu memantulkan cahaya sehingga ruangan tampak lebih terang. Ada banyak pilihan yang bisa kamu lakukan pada mebel logam ini, seperti menggunakan meja marmer kecil dan menggantung bingkai foto bewarna emas.

3. Akali dengan penggunaan sofa pada sudut yang tak terpakai

Begini 4 Cara Makeover Ruangan di Rumah Agar tak MenjenuhkanPinterest.com/InventoryClearance

Cara yang ini sangat memberikan dampak, baik itu secara visual ataupun fungsional pada ruanganmu. Dengan meletakkan sofa pada ruang atau sudut yang tak terpakai, maka ruanganmu akan jauh lebih menarik dan tak membosankan. Kamu bisa memilih sofa dengan warna terang dan mengombinasikannya dengan meja kecil agar ruangan tampak menjadi lebih fungsional.

4. Menggunakan lampu lantai

Begini 4 Cara Makeover Ruangan di Rumah Agar tak MenjenuhkanPinterest.com/Jonathan Y

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk membuat ruang tampak terang dan tak menjenuhkan ialah menggunakan lampu lantai. Posisi lampu lantai adalah hal yang paling krusial, nih, Bela. Kamu harus memosisikan lampu lantai dengan mengatur agar semua pencahayaan ke arah atas, baik itu ke langit-langit ataupun dinding rumah. Hal ini harus dilakukan agar kamu mendapatkan manfaat dari penggunaan lampu lantai ini, yaitu membuat ruang terlihat lebih terang dan lebih luas. 

Nah, itu dia empat cara yang bisa kamu dilakukan untuk makeover ruangamu. Apakah kamu punya ide sederhana lainnya? Yuk, tulis di kolom komentar!

Baca Juga: Bikin Adem Mata, Ini 7 Inspirasi Desain Rumah Tropis yang Menyejukkan 

Baca Juga: Inspirasi Desain Rumah Minimalis dengan Luas 53 Meter Persegi

Baca Juga: Inspirasi Dekor Rumah Kecil Minimalis