Tampan dan berhati malaikat, sepertinya itulah dua sifat yang bisa menggambarkan sosok anggota Super Junior yang satu ini, yaitu Choi Siwon. Pria kelahiran 33 tahun silam ini seolah selalu menjadi pusat perhatian banyak penggemarnya dari hari ke hari. Bukan hanya karena karyanya yang selalu mengagumkan, melainkan juga mengenai kepribadian dan juga hatinya yang sangat baik. 

Selebiriti dengan jiwa sosial tinggi, itulah label yang juga melekat pada Siwon. Sudah banyak kegiatan sosial, seperti menjadi relawan hingga donasi rutin, yang dilakukan oleh pria yang memiliki hobi membaca ini. Kepeduliannya yang tinggi terhadap sekitar juga membawanya menjadi duta UNICEF untuk Korea Selatan (2015) dan juga duta UNICEF untuk kawasan Asia Timur dan Asia Pasifik (2019). 

Lalu, apa saja kebaikan dan aksi sosial yang pernah dilakukan oleh Choi Siwon? Spesial untuk Bela, berikut 5 kebaikan yang pernah dilakukan Choi Siwon. 

Berbagi briket batu bara

Melakukan aksi kebaikan ialah pilihan Siwon dalam menyambut awal tahun 2019. Siwon bersama rekan-rekan relawannya membagikan briket batu bara kepada beberapa warga di Korea. Pembagian bahan bakar yang mampu menciptakan kehangatan ini dilakukan Siwon karena pada saat itu Korea sedang memasuki musim dingin. Oleh karena itu, Siwon berharap barang pemberiannya itu mampu menjadi penghangat bagi masyarakat selama musim dingin berlangsung. 

Ajak donasi untuk obat dan mainan anak-anak

Baik Hati dan Suka Menolong, Ini Daftar Kebaikan Choi SiwonDok.Internet

Tidak berhenti di awal tahun, Siwon melanjutkan aksi baiknya di bulan April 2019. Pada aksi ini, Siwon, yang merupakan duta UNICEF ini, mengajak para penggemarnya untuk berdonasi ke UNICEF. Donasi yang telah tekumpul tersebut nantinya akan disalurkan dalam bentuk obat dan mainan untuk anak-anak. Untuk obat-obatan, bantuan ini akan diberikan ke anak-anak di Indonesia, sedangkan mainan akan dikirim untuk seluruh anak yang ada di dunia. Pada aksi ini, Siwon berhasil menggalang dana sebesar 1,4 juta won atau setara dengan Rp17 juta. 

Mengajari musik kepada anak berkebutuhan khusus

Baik Hati dan Suka Menolong, Ini Daftar Kebaikan Choi SiwonCosmopolitan.com

Setelah menyelesaikan wajib militernya, Siwon kembali terlibat dalam aksi sosial untuk United Children Children’s Fund (UNICEF) di Vietnam. Aksi yang berlangsung dari tanggal 21 hingga 25 Agutus 2017 ini merupakan aksi dalam bentuk kampanye hasil kolaborasi antara Unicef dan SM Entertainment. Kampanye yang bernama "SMile for U" ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak, khususnya anak berkebutuhan khusus, dalam belajar mengenai musik. Dalam aksi ini, Siwon terlihat sangat akrab dan banyak berinteraksi dengan anak-anak.

Memberikan simpati pada anak-anak putus sekolah di Sudan

Baik Hati dan Suka Menolong, Ini Daftar Kebaikan Choi SiwonInstagram.com/Siwonchoi

Tak hanya memberikan perhatian lebih kepada anak-anak berkebutuhan khusus di Vietnam, di tahun yang sama Siwon juga memberikan atensinya pada anak-anak yang putus sekolah di Sudan Selatan. Atensi yang diberikan oleh Siwon ini ia bagikan melalui unggahan di akun Instagramnya. Pada unggahanya tersebut, Siwon mengatakan banyak anak-anak SD di Sudan yang terpaksa putus sekolah. Hal ini dikarenakan sekolah-sekolah mereka ditutup karena sering terjadi kekerasan hampir setiap hari. Karena atensi dan simpatinya ini, banyak penggemar Siwon yang mengapresiasi kebaikan hartinya. Para penggemarnya ini merasa sangat tersentuh dengan unggahan Siwon dan menjadi sadar bahwa ada anak-anak di belahan bumi lain yang memerlukan bantuan. 

Jadi barista demi sumbang ratusan juta

Baik Hati dan Suka Menolong, Ini Daftar Kebaikan Choi SiwonDok.Internet

Pada tahun 2013, Siwon pernah menjadi seorang barista di sebuah toko kopi kawasan Myeongdong, Seoul. Toko kopi yang hanya dibuka selama 3 bulan ini menjual berbagai produk dengan merek yang menggunakan nama Siwon. Dengan menggunakan nama Siwon, diprediksi keuntungan yang didapatkan menembus angka Rp450 juta. Keuntungan dari penjualan kopi dan produk lainnya tersebut telah disumbangkan pada lembaga amal pilihan Siwon. 

Inspiratif sekali ya, Bela. Apakah kamu tahu kebaikan lain yang Choi Siwon lakukan? Kasih tahu kami, ya.

Baca Juga: 7 Drama Korea yang Pernah Dibintangi Siwon Choi, Sudah Nonton?

Baca Juga: 10 Potret Keseruan Siwon Choi Saat Mampir ke Rumah Raffi-Nagita

Baca Juga: 9 Kumpulan Foto Siwon Choi Suju Saat Liburan di Bali