Kamu pasti sepakat, kalau banyak orang berpendapat, bahwa masuk usia 30 tahun berarti sudah siap secara keuangan dibanding saat masih di usia 20an. Sebelum berpikir untuk membeli rumah, mobil, pakaian mahal, atau berlibur ke tempat-tempat eksotis, pikirkanlah untuk meningkatkan pendapatan lebih dulu. Agar tak menyesal nantinya, lakukan 5 hal keuangan di bawah ini ya, Bela.

5 Hal Tentang Keuangan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Usia 30an

Kalau sekarang kamu masih berada di usia 20an, berjuanglah. Sebab, usia ini akan sangat menentukan jalan hidup seseorang.  Kalau saat ini kamu sudah memiliki penghasilan karena bekerja, rencana selanjutnya ialah memiliki penghasilan tanpa harus bekerja, inilah yang disebut pendapatan pasif. Kalau pada akhirnya nanti kamu punya, percayalah, kamu akan sangat bersyukur saat masa pensiun tiba.

5 Hal Tentang Keuangan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Usia 30an

Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Karena bukan hanya mencari nafkahnya saja yang penting, tapi juga bagaimana cara mengelolanya supaya benar dan terarah. Sudah berjuang keras mendapatkannya, bahkan tak jarang ada yang hingga bekerja jauh dari keluarga, tapi tidak tahu bagaimana cara membelanjakannya. Bukankah hal macam ini amat disayangkan?

5 Hal Tentang Keuangan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Usia 30an

Jangan sampai nanti kamu merasa, sudah kerja puluhan tahun, tapi tak pernah punya tabungan atau deposito yang cukup. Prinsip menabung yang harus kamu terapkan ialah: sisihkan di awal, jangan sisakan di akhir. Dalam dirimu juga harus jelas, kamu ingin mengumpulkan tabungan sebanyak apa dan apa tujuan akhirnya. Kamu yang paling tahu keinginanmu.

5 Hal Tentang Keuangan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Usia 30an

Investasi merupakan gagasan hebat kalau kamu memang punya uang lebih setiap bulannya. Ingat, berinvestasi bukan berarti kamu harus ke pasar saham. Ada jutaan usaha yang bisa kamu pilih untuk berinvestasi di dalamnya. Sebelum mulai, kamu harus menentukan berapa jumlah yang ingin diinvestasikan, berapa hasil yang diharapkan, dan berapa besar resiko yang harus ditanggung.

5 Hal Tentang Keuangan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Usia 30an

Apa kamu pernah merasa penghasilanmu hanya numpang lewat saja untuk membayar hutang? Kebiasaan macam ini jangan diteruskan. Di sinilah gunanya perencanaan keuangan yang benar dan terarah, yang akan membuat hidupmu lebih nyaman dalam jangka waktu panjang. Asuransi juga sama pentingnya dengan tabungan dan investasi. Sebisa mungkin kamu juga harus memilikinya ya, Bela.
 
Selamat menyambut angka 30 di hidupmu.

BACA JUGA: 5 Aturan Keuangan yang Harus Kamu Patuhi Agar Keuanganmu Maksimal