Usia 30 tahun merupakan fase baru bagi setiap wanita. Tak bisa dipungkiri, memasuki usia ini akan ada banyak hal yang berubah. Sebutan 'wanita dewasa' akan tersemat dan tak jarang menjadi beban lantaran dituntut harus mampu mengurus diri sendiri dan keluarga. Tentu saja di usia ini kamu juga sudah harus mampu untuk mengelola keuangan. Baik telah berkeluarga ataupun masih single, sebisa mungkin kamu harus mempersiapkan keuangan, termasuk dana pensiun. Lakukan 5 hal ini agar tak ada yang kamu sesali di hari tua nanti.
 

Perempuan 30an Wajib Baca! Lakukan 5 Hal Ini Agar Finansialmu Aman

Di usia ini, kamu harus dipaksa sadar kalau hidup tidak akan selamanya baik-baik saja. Akan ada masa kamu limbung secara finansial dan mau tak mau kamu juga harus punya pegangan. Sisihkan penghasilanmu. Masukkan ke rekening terpisah sebagai dana tak terduga yang tak boleh kamu utak-atik sampai masanya tiba.
 

Perempuan 30an Wajib Baca! Lakukan 5 Hal Ini Agar Finansialmu Aman

Kalau kamu belum mau memikirkannya saat di usia 20an, kali ini kamu tak boleh menolaknya lagi. Investasi itu penting, agar uangmu tak berhenti di rekening saja. Dengan investasi, danamu bisa terputar dan menghasilkan sesuatu yang menguntungkan, percayalah. Demi kemanan finansialmu sendiri, tak ada salahnya mulai berinvestasi dari sekarang.
 

Perempuan 30an Wajib Baca! Lakukan 5 Hal Ini Agar Finansialmu Aman

Yang harus kamu camkan, sebagian besar orang tersukses di dunia bukan bekerja sebagai karyawan, melainkan sebagai pengusaha yang membuka bisnis mereka sendiri. Apa kamu yakin nggak ingin jadi orang sukses juga, Bela? Mumpung masih bisa dibilang muda dan bertenaga, tak ada salahnya mencoba untuk mengembangkan usaha yang sesuai dengan kemampuanmu. Siapa tahu memang keberuntunganmu di situ.
 

Perempuan 30an Wajib Baca! Lakukan 5 Hal Ini Agar Finansialmu Aman

Bisa saja di usia 30 ini naluri belanjamu masih besar, tapi mulai sekarang tolong tahan naluri berlebihanmu itu. Milikilah anggaran belanja yang memprioritaskan kebutuhan, dan bukan hanya sekadar keinginan. Anggaran belanja ini akan sangat berguna bagimu nantinya untuk bisa mengatur keuangan. Percayalah, segala hal yang berhubungan dengan finansial di usia ini akan lebih complicated dari sebelumnya.
 

Perempuan 30an Wajib Baca! Lakukan 5 Hal Ini Agar Finansialmu Aman

Kegiatan yang satu ini  bisa jadi investasimu setelah kehidupan di muka bumi ini berakhir. Kamu mungkin bisa mengumpulkan banyak uang untuk membeli rumah, mobil dan segala keperluan lainnya. Tapi ada baiknya di usia 30 tahun ini kamu menyisakan sedikit dari penghasilanmu untuk berbagai aksi sosial, seperti sedekah atau menyantuni anak yatim misalnya. Cara sederhana ini bisa membuatmu bahagia dan merasa hidup yang lebih bermakna.
 
Usia 30 tahun masih merupakan masa produktif seseorang, untuk itulah merencanakan keuangan dengan matang akan jadi hal penting untuk masa depan. Kamu sudah siap melakukan 5 hal di atas, Bela?

BACA JUGA: 5 Hal Tentang Keuangan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Usia 30an​