Penyanyi Indonesia yang melejit lewat lagu-lagunya, Rossa, masih tetap sukses dalam mempertahankan kariernya sejak dulu hingga saat ini. Terjun di dunia musik sejak tahun 1996, pelantun lagu Tegar ini juga sudah resmi bergabung dengan SM Entertainment dan berencana melakukan kolaborasi dengan Super Junior. 

Di balik keberhasilan yang diraih oleh Rossa, ia juga pernah mengalami titik terendah bahkan hampir ingin berhenti membuat karya."Titik terendah aku pada tahun 2015, hampir nggak mau terusin nyanyi, aku merasa rendah aja perasaannya, jenuh gitu, udah nggak tahu lagi mau bikin project apa, rasanya kayak aku udah senior, dan pasti masih banyak junior yang bisa bikin lebih keren," ujar Rossa saat mengisi acara di Indonesian Millenial Summit (IMS) 2020 dalam topik "What Lies Ahead for Music Industry in Indonesia". 

#IMS2020: Kaget! Rossa Pernah Ingin Berhenti Nyanyi & Pindah ke SydneyDok. IDN Media/Sweet Escape

Rasa jenuh yang dirasakan Rossa membuat dirinya ingin pindah ke negara Sydney, Australia dan menjadi karyawan. Namun, karena adanya antusiasme yang tinggi dari para penggemarnya, ia merasa bahwa ternyata lagu yang dibuat akan menjadi seumur hidup kalau jadi penyanyi.

Rossa juga memberikan tanggapan bahwa menjadi penyanyi, yang penting merasa happy. "Sebetulnya kita nyanyi nggak dibayar juga senang, selanjutnya sukses atau tidaknya itu kembali pada rezeki masing-masing," ucap Rossa. 

#IMS2020: Kaget! Rossa Pernah Ingin Berhenti Nyanyi & Pindah ke SydneyDok. IDN Media/Sweet Escape

Selain itu, pemilik lagu Nada-Nada Cinta ini memberikan pesan pada millennial, bahwa kalau sudah punya performa yang bagus pasti akan bisa sukses dalam dunia musik. “Kalau misalkan kita udah punya musik yang bagus, performa bagus, jangan minder. Pelajari apa yang kalian lakukan, kalau nyanyi, ya harus nyanyi yang benar, penampilannya juga yang benar," lanjut Rossa. 

Meskipun pernah di titik terendah, Rossa tetap menjalani kariernya dengan semangat dan memiliki harapan besar untuk industri musik saat ini, "Saya cuma berharap bagaimana caranya menyatukan visi antara seniman dengan pemerintah supaya bisa bersatu dan membawa nama Indonesia di ranah internasional," tutup Rossa. 

Penasaran dengan keseruan lain di IMS 2020. Jangan sampai ketinggalan update-nya di Popbela, ya!

Baca Juga: #IMS 2020: Pesan Mira Lesmana pada Millennial yang Ragu untuk Berkarya