Tanaman bukan lagi cocok untuk di luar ruangan. Namun juga cocok untuk digunakan dalam ruang rumah maupun kamar tidur. Bisa kamu letakkan di lantai maupun di atas meja. 

Selain membuat suasana kamar menjadi segar, juga membuat sudut ruangan semakin estetis. Kira-kira apa saja jenis tanaman yang bagus dan cocok untuk menjadi hiasan? Simak di bawah ini, ya!

1. Monstera Deliciosa

7 Jenis Tanaman Estetis Penghasil Oksigen untuk di Dalam RuanganUnsplash.com/@mensroom

Tanaman ini disebut "monster" sebab memiliki ukuran daun yang cukup besar dan berwarna hijau pekat. Monstera Deliciosa berasal dari hutan tropis selatan Meksiko sampai selatan Panama. 

Jenis tanaman ini banyak disukai oleh masyarakat karena bisa bertahan di dalam ruangan dengan perawatan yang tepat. Apabila kamu menanam di tanah yang subur, ukuran daunnya akan melebar, lho. Cantik bukan?

Selain bisa mempercantik kamar tidur, tanaman monstera merupakan jenis yang bisa menghasilkan oksigen.

2. Pisang Hias

7 Jenis Tanaman Estetis Penghasil Oksigen untuk di Dalam RuanganPInterest.com

Tanaman hias untuk kamar tidak melulu bunga. Kamu bisa ganti dengan pisang hias yang berukuran besar. Hal ini akan mempercantik interior ruang dan cocok untuk ruangan dengan sirkulasi udara yang lancar. 

Pisang hias merupakan salah satu tanaman yang paling tertua dan memiliki lebih 400 spesies di seluruh dunia. 

Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan pisang hias perhatikan penyakit dan hama seperti kutu dan serangga sebab hal ini penting untuk kesehatan kamu di dalam ruangan.

3. Calathea

7 Jenis Tanaman Estetis Penghasil Oksigen untuk di Dalam RuanganPInterest.com

Tanaman hias menjadi komponen penting untuk membuat kamar lebih estetis, segar, dan lebih indah. Kamu bisa memilih salah satu tanaman hias daun yang populer yaitu berbagai jenis bunga calathea.

Calathea berasal dari Amerika Tropis yang memiliki daya tarik tinggi karena motif daun unik dan terdiri dari kombinasi beberapa warna cantik. Tanaman hias ini cocok untuk kamar kamu, tapi jangan sampai terpapar matahari ya, karena daun akan menggulung dan kualitas bunganya menurun. 

4. Pakis

7 Jenis Tanaman Estetis Penghasil Oksigen untuk di Dalam RuanganPinterest.com

Tanaman pakis yang berwarna hijau sangat menyegarkan mata kamu saat berada di ruangan semi terbuka.

Setelah melakukan aktivitas seharian, tanaman ini berfungsi untuk membuat kamu lebih tenang dan tetap segar. Meskipun pakis termasuk tanaman liar, namun kamu tetap perlu memerhatikan perawatannya dengan menjaga kelembapan tanahnya, agar tanaman awet dan tak mudah mati.

5. Alokasia

7 Jenis Tanaman Estetis Penghasil Oksigen untuk di Dalam RuanganPinterest.com

Tanaman yang membuat kamar kamu estetis adalah alokasia. Menyerupai bentuk hantung hati jenis tanaman ini menjadi salah satu yang sering dicari pecinta tanaman hias. 

Selain bentuknya yang canrik, daun alokasia juga memilki corak warna hijau muda dan tua yang unik. Untuk ukuran daun alokasia rata-rata berkisar antara 20 sampai 90 cm.

6. Sansevieria Trifasciata

7 Jenis Tanaman Estetis Penghasil Oksigen untuk di Dalam RuanganPinterest.com

Tanaman hias yang berasal dari daratan Afrika, Madagaskar, dan Asia Selatan ini sering disebut sebagai lidah mertua. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang kaku dan tumbuh secara vertikal ke atas. Tanaman ini cocok untuk ruangan semi terbukan dan ruangan tertutup, serta termasuk tanaman dengan perawatan cukup mudah.

Sebagai salah satu tanaman penghasil oksigen dan pembersih udara, keluarga sansevieria dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari

7. Kkatus Koboi

7 Jenis Tanaman Estetis Penghasil Oksigen untuk di Dalam RuanganPopbela.com/Emillia Wardhani

Tanaman khas gurun pasir yaitu kaktus memang sering digunakan untuk di luar ruangan sebab memiliki duri yang tajam. Tapi nggak ada salahnya kamu menggunakan kaktus di area rumah kamu, apalagi sebagai tanaman di samping pintu masuk rumah.

Untuk menanam tanaman dengan nama latin Cereus Peruvianus ini, harus menggunakan tanah yang kering. Sedangkan untuk penyiramannya hanya perlu 2 minggu sekali.

Dari sekian banyak tanaman hias estetis di atas, rencana kamu akan beli yang mana, nih? 

Baca Juga: 14 Jenis Tanaman Kaktus Hias untuk di Dalam Rumah

Baca Juga: Bikin Ruangan Segar dan Wangi, Letakan 7 Tanaman ini di Ruangamu Yuk!

Baca Juga: 8 Tanaman Rumah Ini Bikin Bebas Polusi dan Bebas Stres