Berasal dari bahasa Inggris, healing memiliki arti sebagai proses penyembuhan secara psikologis dengan berbagai cara yang dapat membuat diri merasa lebih tenang dan damai. Healing kerap dilakukan dikala stres atau sedang mengalami masalah kesehatan mental. 

Seiring dengan kemudahan akses informasi, kini banyak masyarakat yang lebih aware dengan kesehatan mentalnya. Dapat dipahami bahwa semua orang dapat dilanda stres dan memiliki masalah kesehatan mental yang berbeda-beda. Untuk itu, healing penting dilakukan agar dapat menyeimbangkan kembali kontrol diri untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Healing dapat dilakukan oleh semua kalangan termasuk artis dan publik figur. Sebagai seorang penyanyi dan entrepreneur, Pinkan Mambo kerap menghadapi berbagai masalah pekerjaan yang membuatnya butuh rehat sejenak dari aktivitas pekerjaan. Lantas apa makna healing menurut Pinkan? Diperhelatan Indonesia Millenial & Gen-Z Summit 2022, Pinkan membahas apa itu healing dan apa yang dilakukannya saat healing.

Bagi Pinkan, healing menjadi suatu misi untuk menemukan tujuan hidup. Healing juga jadi momen dimana proses menemukan diri sendiri untuk menjadi benar. Menurutnya, menjadi benar adalah harus menjadi yang diberkati.

#IMGS2022 Cara Pinkan Mambo Healing untuk Jaga Kesehatan MentalDok. IDN Media

"Kembali lagi kita ini untuk apa. Ini satu mission yang harus kita figure it out, ga bisa pegangan sama orang, kita harus find out ujungnya itu apa," katanya.

"Intinya healing itu memikirkan untuk mengutuhkan kita semuanya, sehingga kita tau apa yang benar, bukan apa yang netizen. Intinya apa yang benar yang harus kita to do, yang harus kita lakukan. Apa yang benar, yang benar itu harus jadi diberkati, tidak minta-minta, harus jadi top of the top, terlepas dari itu nggak pun, ya Pinkan cukup minum kopi, makan nasi padang, that's it," tambahnya.

Diketahui saat tinggal di Amerika, Pinkan Mambo sempat mengalami masalah finansial yang membuat mentalnya down, namun kini ia bisa bangkit kembali setelah melewati masa-masa tersebut. Ia pun menceritakan titik dimana ia merasa down dan solusi yang ia lakukan untuk mengatasinya.

#IMGS2022 Cara Pinkan Mambo Healing untuk Jaga Kesehatan MentalDok. IDN Media

"Pertama, ketika beberapa pihak menjahati kita, bahkan ketika kita sudah memberikan segalanya, waktu bucin-bucin banget, tiba-tiba hal yang kita cintai menusuk kita. Kedua, titik dimana kita susah, nggak ada makan minum (buat) anak, nggak ada rumah, minta endorse, ketika kita susah, kita minta sama orang yang harusnya membantu kita ternyata nggak bisa," katanya

"Terus solusinya adalah aku harus bergantung dengan diriku sendiri. Jadi, aku belajar otodidak, aku belajar sampai aku jadi pengusaha yang diberkati. Dan intinya dari pada itu, akhirnya aku menemukan bahwa aku yang harus membuat diriku who I want to be come, I don't need someone, I just need my God," tambahnya.

Selain belajar, cara Pinkan untuk stress release adalah dengan melakukan kegiatan yang simpel tapi menyenangkan, seperti pergi ke mall dan menghabiskan waktu dengan anak.

"Healing juga aku ke mall, ya itu better than nothing. Aku main kuda-kudaan sama anak, beli sepatu beli make up, minum kopi, ya simple happiness," katanya. 

Baca Juga: 5 Cerita Pinkan Mambo yang Sempat Bangkrut Sampai Jualan Pisang Goreng

Baca Juga: #IMGS2022: Perjalanan Baim Wong Jadi YouTuber Ternyata Tak Mulus

Baca Juga: #IMGS2022: Kisah Febby Rastanty Alami Sandwich Generation Burden