Kemenangan Arab Saudi atas Argentina di laga perdana Piala Dunia Qatar 2022 menjadi sejarah. Pasalnya, Arab Saudi memecahkan sejumlah rekor mulai dari tim Asia pertama yang membobol Argentina dengan dua gol, serta tim Asia pertama yang meraih kemenangan di laga pertama. Dengan skor 2-1, tim asuhan Herve Renard ini berhasil membungkam Argentina dan memuncaki klasemen grup C dengan mengoleksi 3 poin.

Pencapaian ini pun sukses menarik perhatian dunia serta apresiasi dari kerajaan Arab Saudi. Beberapa hadiah gila diberikan kerajaan Arab Saudi yang sekaligus menjadi momen unik pasca kemenangan mereka di laga perdana Piala Dunia Qatar 2022. Berikut detailnya. 

1. Langsung libur nasional sehari

5 Momen Unik Pasca Kemenangan Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022REUTERS/Tomohiro Ohsumi

Pasca kemenangan Arab Saudi atas Argentina pada Selasa (22/11/2022) sore, esok harinya, Raja Salman mengumumkan hari Rabu (23/11/2022) sebagai hari libur nasional. Hari libur tersebut diperuntukkan untuk seluruh karyawan perkantoran sektor publik, swasta, serta seluruh siswa sekolah di seluruh negeri untuk merayakan kemenangan tersebut.  

2. Tiket gratis masuk taman hiburan

5 Momen Unik Pasca Kemenangan Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022REUTERS/Ahmed Yosri

Selain libur nasional, kerajaan Arab Saudi juga membagikan tiket gratis untuk masyarakat saat mengunjungi seluruh taman hiburan di Riyadh, Arab Saudi. Penasihat keluarga kerajaan Arab Saudi sekaligus kepala Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi, Turki al-Sheikh mengungkapkan, tiket masuk ke seluruh taman hiburan besar di Riyadh digratiskan khusus pada Rabu 23 November 2022, bertepatan dengan hari libur nasional mereka.

3. Pemain cedera dibawa dengan jet pribadi

5 Momen Unik Pasca Kemenangan Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022Getty Images/Marvin Ibo Guengoer

Ada insiden cukup mengerikan yang terjadi saat laga. Kiper timnas Arab Saudi, Mohammed Al Owais tak sengaja berbenturan dengan rekannya sendiri, Yasser Al Shahrani saat mencoba menghalau bola. Benturan tersebut membuat Yaseer mengalami luka di bagian kepala dan langsung mendapat pertolongan pertama oleh tim medis di lapangan.

Namun, karena kondisi yang memprihatinkan, Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman memerintahkan pihak kerjaan untuk mengirim jet pribadi ke Qatar untuk Yasser. Sang Pangeran juga memerintahkan agar Yasser segera diterbangkan ke Jerman untuk mendapatkan perawatan terbaik. 

Yasser dikabarkan mengalami patah tulang rahang pasca benturan tersebut. Kabar terkini dari Yasser disampaikan langsung oleh kesebelasan Arab Saudi melalui akun Twitternya pada Rabu (23/11). Dalam video berdurasi 20 detik itu, terlihat Yasser telah mendapat perawatan dan ia menyampaikan dirinya baik-baik saja. 

4. Dihadiahi Rolls Royce Phantom

5 Momen Unik Pasca Kemenangan Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022carscoops.com

Tak hanya itu, hadiah gila dari Pangeran Mohammed bin Salman untuk semua pemain Arab Saudi adalah mobil mewah Rolls Royce Phantom. Hal itu diungkapkan oleh seorang pebisnis asal India, Suhel Seth melalui akun media sosial Twitter miliknya.

Melansir dari laman Rolls Royce Pasadena, Rolls Royce tipe Phantom keluaran 2022 dibanderol dengan harga US$460 ribu atau sekitar Rp7,2 miliar hingga US$550 ribu atau sekitar Rp8,6 miliar (asumsi kurs Rp15.689/US$).

5. Hadiah Rp41 Miliar dari konglomerat

5 Momen Unik Pasca Kemenangan Arab Saudi di Piala Dunia Qatar 2022realestateasia.com

Setelah disebut mendapat mobil mewah Rolls Royce Phantom, tim yang dijuluki The Green Falcons ini akan menerima hadiah sebesar Rp41 miliar dari konglomerat Arab Saudi. Hal tersebut disampaikan Saudi News FR dalam unggahannya di Twitter.

Unggahan tersebut berisi poster ucapan selamat dari konglomerat Abdullah Saleh Al Othaim kepada Raja Abdul Aziz Al-Saud, Pangeran Mohammed bin Salman Al-Saud (MbS), dan Menteri Olahraga Pangeran Abdul Aziz bin Turki Al Faisal atas pencapaian timnas Arab Saudi. 

Miliarder Al Othaim menawarkan hadiah sebesar 10 juta Riyal atau sekitar Rp41,7 miliar kepada tim nasional Arab Suadi atas keberhasilan mereka mengalahkan Argentina di Piala Dunia Qatar 2022.

Itu dia 5 momen unik yang terjadi pasca kemenangan Arab Saudi di laga perdana Piala Dunia Qatar 2022. Tim nasional Arab Saudi banjir hadiah mewah setelah kemenangan mereka atas Argentina. Negara sultan memang beda, ya, Bela!

Baca Juga: 10 Potret Mewah Rafathar Nonton Piala Dunia di Qatar, Bikin Iri!

Baca Juga: Sejarah Singkat FIFA World Cup yang Dihelat Empat Tahun Sekali

Baca Juga: Kenalan Sama La'eeb, Maskot Piala Dunia 2022 yang Menggemaskan