Tak seperti kebanyakan drama Korea lainnya, drama dengan genre sejarah atau historikal bisa dibilang cukup jarang. Dalam satu tahun, kita hanya akan menemukan beberapa drama dengan genre sejarah. Dengan kata lain, drama ini bisa kita hitung totalnya dengan jari.

Tak heran, jika pada akhirnya drama dengan genre sejarah ini menjadi angin segar ditengah drama-drama dengan genre romance, melodrama atau yang lainnya. Drama dengan genre ini pun bisa menjadi pilihan saat kamu sudah bosan dengan genre umum yang sudah biasa kamu tonton.

Dibawah ini ada delapan drama dengan genre sejarah/historikal terbaik yang layak kamu tonton. Apa saja? Yuk disimak.

1. The Princess Man

Bosan dengan Tontonan Romantis? 8 KDrama yang Punya Cerita Sejarah

Apa jadinya jika dua orang yang saling mencintai harus terpisah karena permusuhan orangtuanya? Hal inilah yang terjadi pada kisah cinta Lee Se Ryung dan Kim Seung Yoo.

Lee Se Ryung merupakan putri dari Pangeran Su Yang (nantinya menjadi Raja Sejo). Ia gadis yang ceria, penuh semangat, berkepribadian tegas dan juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Sementara Kim Seung Yoo adalah putra dari Wakil Perdana Menteri Kim Jung Seo. Mereka saling mencintai namun terpaksa berpisah karena permusuhan orangtuanya, juga pembalasan dendam Kim Seung Yoo atas tragedi yang menimpa keluarganya.

Drama yang dibintangi oleh Park Shi Hoo dan Moon Chae Won ini dikenal sebagai kisah cinta Romeo dan Juliet dinasti Joseon. Nah, akankah kisah cinta mereka berakhir sama dengan Romeo dan Juliet? Saksikan sendiri ya.

2. The Great Queen Seon Deok

Bosan dengan Tontonan Romantis? 8 KDrama yang Punya Cerita Sejarah

Sebuah ramalan dari Raja Jinheung mengatakan bahwa hingga saat rasi bintang biduk menjadi delapan, takkan ada yang bisa mengalahkan Mi Shil. Tahun-tahun berlalu, hingga Putri Maya melahirkan bayi yang ternyata adalah kembar perempuan.

Dalam silsilah kerajaan, kelahiran bayi kembar akan memutus keturunan laki-laki. Dengan terpaksa, Raja memerintahkan pengasuh setianya Sohwa untuk membawa salah satu bayi perempuan keluar dari istana. Sementara Mi Shil dan pengikutnya berniat untuk membunuh bayi tersebut.

Waktu berlalu, setelah berjuang untuk hidup di tengah kejaran pembunuh, Deokman kembali ke Silla untuk mencari tahu tentang kelahirannya. Penyamaran Deokman sebagai laki-laki, bergabung dengan pasukan elit Hwarang, hingga kematian Putri Cheonmyeong membawa Deokman berhadapan langsung dengan Mi Shil.

Drama 62 episode ini menjadi drama dengan rating tertinggi pada masanya. Drama ini dibintangi oleh Lee Yo Won, Go Hyun Jung, Uhm Tae Woong, Kim Nam Gil dan banyak lagi yang lainnya.

3. The Moon That Embraces The Sun

Bosan dengan Tontonan Romantis? 8 KDrama yang Punya Cerita Sejarah

Mengambil setting dari masa Dinasti Joseon, drama ini berkisah tentang kisah cinta remaja yang harus terpisah antara Putra Mahkota Lee Hwon dengan sang Putri Mahkota Yeon Woo karena pengaruh intrik kekuasaan. Kematian Putri Mahkota menjadi kesedihan mendalam di hati Putra Mahkota.

Waktu berlalu, Hingga Ia menjadi Raja. Pertemuannya dengan seorang Shaman, bernama Wol membuatnya merasakan kehadiran dari Yeon Woo kembali.

Drama dengan rating tertinggi di masanya ini dibintangi oleh Kim Soo Hyun sebagai Raja dan Han Ga In sebagai Shaman Wol. Selain itu juga dibintangi oleh Yeo Jin Goo (Lee Hwon/Putra Mahkota), Kim Yoo Jung (Heo Yeon Woo), serta Kim So Hyun (Yoon Bo Kyung).

4. Dong Yi

Bosan dengan Tontonan Romantis? 8 KDrama yang Punya Cerita Sejarah

Drama ini mengambil latar pada masa dinasti Joseon dalam pemerintahan Raja Sukjong.

Berkisah tentang Dong Yi yang berusaha masuk istana agar Ia bisa mencari tahu kebenaran dibalik kematian ayah dan kakaknya.

Ayahnya yang merupakan seorang ahli forensik dituduh sebagai kepala dari organisasi yang akan membahayakan kekuasaan. Berkat bantuan seorang Gisaeng, Dong Yi berhasil masuk ke istana. Ia memulai kariernya sebagai pelayan di biro musik.

Sebuah pertemuan tidak sengaja membuat Dong Yi menjadi dekat dengan Raja. Kepintaran dan kebaikan hatinya membuat Raja terpikat dan akhirnya membuat Dong Yi menjadi salah satu wanita kesayangan Raja. Dong Yi nantinya akan melahirkan seorang putra yang mana akhirnya menjadi Raja Joseon ke-21, Raja Yeongjo.

Dibintangi oleh Han Hyo Joo, Ji Jin Hee, Bae Soo Bin, dan juga Lee So Yeon.

5. The Great Doctor (Faith)

Bosan dengan Tontonan Romantis? 8 KDrama yang Punya Cerita Sejarah

Drama ini mengambil seting pada masa dinasti Goryeo. Yoo Eun Soo (Kim Hee Sun) merupakan seorang dokter masa kini yang terjebak di masa lampau.

Ia dibawa oleh ksatria dari dinasti Goryeo yang bernama Choi Young (Lee Min Ho) untuk mengobati istri Raja yang terluka. Kemampuannya dalam mengobati istri Raja membuatnya diangkat menjadi tabib kerajaan dan menunggu hingga pintu langit terbuka agar Ia bisa kembali ke dunianya.

6. Sungkyunkwan Scandal

Bosan dengan Tontonan Romantis? 8 KDrama yang Punya Cerita Sejarah

Bercerita tentang Kim Yoon Hye (Park Min Young) yang mau tidak mau mengambil identitas adik lelakinya Kim Yoon Shik agar bisa bekerja dan membiayai kehidupannya dan keluarganya. Pada saat itu, wanita di Korea tidak diizinkan sama sekali dalam bidang pendidikan juga pekerjaan.

Salah target saat menjadi joki dalam ujian membawa Yoon Hye berurusan dengan Sun Joon (Yoo Chun). Sun Joon pun menjebaknya hingga Yoon Hye akhirnya mengikuti ujian untuk masuk ke Sungkyunkwan dengan identitas adiknya Yoon Shik.

Drama yang dibumbui komedi ini sangat menarik buat kamu saksikan. Tak hanya Park Min Young dan Park Yoo Chun, drama ini juga dibintangi oleh Song Joong Ki dan Juga Yoo Ah In.

7. Jewel In The Palace

Bosan dengan Tontonan Romantis? 8 KDrama yang Punya Cerita Sejarah

Drama ini dikenal juga dengan judul Dae Jang Geum. Menceritakan tentang kisah nyata seorang wanita yang bernama Jang Geum (Lee Young Ae) yang menjadi dokter wanita pertama yang memiliki jabatan tertinggi di kerajaan.

Pada saat menjadi dayang istana, Ia mendapat diskriminasi karena Ia berasal dari keluarga miskin. Pada masa itu, wanita tidak bisa mendapat kedudukan apapun dan hanya dianggap sebagai pelayan.

Perjalanan yang dilaluinya tidak mudah, namun Ia tetap bersemangat demi meraih cita-citanya. Juga adanya sosok setia Min Jung Ho (Ji Jin Hee) yang selalu setia mendampinginya dan mendukungnya. Bagaimana perjalanan Jang Geum dari seorang dayang istana hingga Ia menjadi dokter kerajaan?

8. Arang and The Magistrate

Bosan dengan Tontonan Romantis? 8 KDrama yang Punya Cerita Sejarah

Seorang hantu bernama Arang berkeliaran di bumi karena rasa penasarannya akan kematiannya. Ia kehilangan ingatannya dan tidak tahu bagaimana bisa Ia mati.

Rasa penasarannya membuatnya mendekati hakim-hakim yang bertugas di desa Miryang. Namun, diantara hakim-hakim tersebut tak ada yang bertahan, karena Ia ketakutan dengan keberadaan Arang.

Sementara itu, ada hakim baru bernama Kim Eun Oh. Dia datang ke desa Miryang untuk mencari Ibunya. Ia bisa melihat hantu, namun berpura-pura tidak bisa, karena Ia tahu para hantu akan meminta bantuannya.

Arang yang tahu akan hal tersebut juga mendekati hakim baru tersebut. Ia menceritakan kisahnya dan meminta hakim tersebut untuk membantunya. Akankah Kim Eun Oh bersedia membantu Arang?

Drama yang didasarkan pada cerita rakyat terkenal ini ditayangkan pada tahun 2012 dan dibintangi oleh dua artis papan atas Lee Jun Ki dan juga Shin Min Ah.

Dari delapan drama tersebut, kamu udah nonton yang mana aja, Bela?

 

Disclaimer: Artikel ini telah terbit di laman IDNTimes.com dengan judul "Bosan dengan Romance? 8 KDrama Historikal Ini Bisa Jadi Pilihanmu!"