Berdonasi dan berbagi pada sesama di tengah pandemik kayaknya bisa menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan selama Bela di rumah saja. Apalagi kini banyak cara disediakan bagi Bela yang ingin ikut berdonasi. Tapi jangan sembarangan ya. Coba lakukan lima tips ini jika Bela ingin berdonasi dan tentunya dengan tetap mematuhi aturan pembatasan sosial.

1. Mengumpulkan poin belanja online dan dikonversikan dengan penggalangan dana

Girls, Ini 5 Tips Berdonasi Meski Kamu Seharian di Rumah!Shutterstock/Alissa Kumarova

Di masa pandemik seperti ini, banyak banget e-commerce yang bekerja sama dengan berbagai pihak untuk penggalangan dana. Penggalangan dana juga dilakukan secara online dan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan pengumpulan poin belanja online kamu, dan bisa dikonversikan menjadi uang yang bisa didonasikan. Biasanya uang donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada yang membutuhkan. 

Jadi Bela nggak usah takut uang donasi yang diberikan bakal disalahgunakan, karena pasti sudah terpercaya.

2. Lomba lari virtual di atas treadmill atau di pekarangan rumah

Girls, Ini 5 Tips Berdonasi Meski Kamu Seharian di Rumah!Shutterstock/Gorodenkoff

Punya hobi olahraga? Tapi karena pandemik, hobi yang kamu gemari ini terpaksa dilakukan di rumah aja? Nggak masalah. Kamu masih bisa menebar kebaikan dan ikut penggalangan dana dari hobi kamu ini lho. Misalnya melakukan lomba lari virtual di rumah aja dengan treadmill atau sekedar di halaman rumah. Hasil dari perlombaan ini lalu didonasikan pada lembaga terpercaya untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Sehatnya dapat, pahala juga dapat. Lengkap deh!

3. Belanja skincare online sambil berdonasi

Girls, Ini 5 Tips Berdonasi Meski Kamu Seharian di Rumah!Shutterstock/Vizilla

Pernah dengar promo buy 1 get 1? Pasti sering dong ya. Kalau promo seperti itu, biasanya bonus satu yang didapat bakal Bela pakai sendiri. Tapi donasi beli 1 produk sama dengan donasi 1 produk, sudah pernah dengar belum? Jadi nih Bela, SAFI Indonesia berinisiatif untuk mengajak para konsumen untuk berbagi sebagai tanda kepedulian terhadap para tenaga medis dan juga karyawan di beberapa Rumah Sakit rujukan COVID-19. 

Safi Indonesia bekerjasama dengan Shopee mengajak konsumen setianya untuk turut peduli dan berbagi dengan para tenaga medis dan karyawan Rumah Sakit Rujukan COVID-19 melalui Campaign “SAFI x Shopee Buy 1 = Donate 1” selama periode 1-17 Mei 2020. Alasan dari pemilihan produk facial cleanser dan shampoo untuk didonasikan adalah karena para tenaga medis juga perlu menjaga kebersihan diri selama bertugas menjadi garda terdepan. 

Melalui program ini, berhasil terkumpul donasi sebanyak 20.000 pcs produk yang dibagikan kepada 4 (empat) rumah sakit rujukan COVID-19 di wilayah DKI Jakarta dan 1 (satu) rumah sakit rujukan COVID-19 di wilayah Tangerang dan secara bertahap telah disalurkan sejak Senin, 13 Juli 2020.

Girls, Ini 5 Tips Berdonasi Meski Kamu Seharian di Rumah!Popbela.com/SAFI Indonesia

5 Rumah Sakit rujukan COVID-19 yang telah menerima adalah RSU Kabupaten Tangerang, RSUD Cengkareng (Jakarta), RS TNI Angkatan Laut Dr. Mintohardjo (Jakarta), RS Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (Jakarta), dan RS Umum Pusat Fatmawati (Jakarta). 

Produk yang didonasikan adalah produk SAFI Facial Cleanser dan juga Treatment Shampoo. Menarik banget ‘kan? Bela bisa ikutan donasi SAFI di kesempatan lainnya lho.

4. Order makanan? Ada fitur untuk extra order buat driver-nya lho!

Girls, Ini 5 Tips Berdonasi Meski Kamu Seharian di Rumah!Shutterstock/Cat Box

Cara lain yang bisa Bela lakukan adalah dengan order makanan lewat aplikasi online. Kok bisa gitu? Selain dengan beli makanan secara online bisa membantu UKM rumahan, Bela juga bisa ‘berdonasi’ secara tidak langsung pada driver-nya lho. Caranya dengan memberikan tip ekstra kepada driver, atau extra order untuk driver

Extra order yang dimaksud disini misalnya membelikan driver  makanan sekedar untuk ‘mengganjal’ perut. Pasti driver-nya bakal happy banget dapat ‘asupan’ ekstra. 

5. Galang donasi online yang terpercaya

Girls, Ini 5 Tips Berdonasi Meski Kamu Seharian di Rumah!Shutterstock/fizkes

Selain cara-cara di atas, Bela juga bisa melakukan galang donasi secara mandiri dengan menggunakan situs-situs donasi online yang terpercaya. Bela tinggal memilih antara menjadi penggagas donasi atau mengikut penggalangan donasi online yang sudah ada. Pastikan tujuannya jelas dan terpercaya ya.

Berbuat baik seperti dengan berdonasi di saat pandemik ini pasti baik untuk jiwa, karena kita telah membantu sesama. Bela bisa tetap berbuat baik, meski hanya di rumah saja.