Istilah body shaming pasti sudah nggak asing lagi di telinga kalian, setuju nggak Bela? Apalagi aktivitas menjelek-jelekkan atau merendahkan seseorang yang hanya melihat bentuk fisiknya saja, ternyata dampaknya nggak sesederhana yang kamu pikir lho. Bahkan ada banyak kasus yang menyebutkan korban body shaming bisa mendapatkan trauma bahkan kehilangan  kepercayaan dirinya.

Sayangnya, hal ini bahkan bisa dilakukan oleh orang terdekat kita tanpa menyadarinya. Nah, biar kamu nggak larut dalam kesedihan saat menerima body shaming, coba deh ingat-ingat 5 hal di bawah ini.

1. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain

Stay Confident! 5 Hal Ini Bikin Kamu Pede Saat Menghadapi Body ShamingShutterstock.com/Ivan Kislitsin

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat menerima body shaming adalah dengan tidak membandingkan diri kamu dengan orang lain. Walau terdengar sederhana, sebenarnya hal ini cukup sulit dilakukan. Apalagi saat menerima body shaming, pasti orang yang melakukannya akan membandingkan kondisimu dengan standar kecantikan yang ada di masyarakat atau orang lainnya. Kuncinya, yuk mulai terima diri kita apa adanya, dan percaya bahwa setiap orang punya sisi keunikannya sendiri biar makin percaya diri menghadapi hari. Sanggup, Bela?

2. Usahakan jangan diambil hati ucapan yang menyakitkanmu

Stay Confident! 5 Hal Ini Bikin Kamu Pede Saat Menghadapi Body ShamingShutterstock.com/file404

Popbela paham, pasti hal ini akan terasa sulit awalnya, apalagi jika kamu adalah orang yang overthinking. Eits, tapi bukan berarti kamu nggak bisa melakukannya kok, Bela. Tips dari Popbela nih, coba deh mulai belajar untuk memilah hal-hal mana yang perlu kamu pikirkan dengan serius dan mana yang seharusnya kamu abaikan. Karena kalau tetap kamu pikirkan, hubungannya nggak hanya bisa menyakiti hati kamu nih, tapi juga menghambat urusan yang lain. Move on yuk!

3. Rawat dirimu sebagai tanda cintamu pada tubuhmu sendiri

Stay Confident! 5 Hal Ini Bikin Kamu Pede Saat Menghadapi Body ShamingShutterstock.com/Rido

Saat menerima body shaming, kamu bisa menangis jika itu bisa melegakan perasaan. Take your time, Bela. Tapi jangan keterusan ya, sebagai awalan, kamu bisa lakukan beberapa hal sebagai langkah untuk mencintai dirimu sendiri. Coba deh buat daftar tentang hal-hal yang kamu syukuri di sekitar kamu. Kamu juga bisa melakukan perawatan dari yang paling sederhana sampai yang paling rumit dan butuh bantuan tenaga expert.

Coba deh make time di akhir pekan kamu untuk maskeran, luluran, hingga melakukan shaving di rumah. Dengan begini kamu bisa merasa lebih cinta dengan diri sendiri lho. Oh ya, omong-omong soal shaving, salah satu bagian yang nggak pernah ketinggalan adalah bagian kulit ketiak. Tapi sayangnya, banyak yang nggak sadar nih kalau ketiak adalah salah satu bagian kulit yang sensitif di tubuh kita. Bahkan jika tidak berhati-hati, kulit ketiak bisa mengalami iritasi dan bertekstur kasar. Nggak mau ini terjadi ‘kan?

Stay Confident! 5 Hal Ini Bikin Kamu Pede Saat Menghadapi Body ShamingPopbela.com/Dove

Nah, jangan khawatir, karena Dove kali ini hadir dengan Dove Original Deodorant yang formulanya mengandung ¼ moisturising cream yang bisa bikin kulit ketiak halus dan lembut. Selain itu, dengan formula Vitamin E dan F-nya mampu melembutkan permukaan kulit ketiak yang kasar karena iritasi hanya dengan pemakaian secara rutin selama tujuh hari. Kamu juga nggak perlu khawatir dengan bau badan, Bela! Karena Dove Original Deodorant punya wangi lembut yang khas yang tentu saja akan memberikan perlindungan hingga 48 jam buat kamu. Pas banget kan buat kamu yang aktif seharian?

Stay Confident! 5 Hal Ini Bikin Kamu Pede Saat Menghadapi Body ShamingPopbela.com/Dove

Nah, biar kamu bisa sekaligus meningkatkan kepercayaan dirimu, Popbela kali ini mau ngajak kamu ikutan #ShaveAndShine Challenge dari Dove Original Deodorant nih. Caranya gampang banget, ikuti langkah-langkah berikut ini ya.

  1. Daftarkan diri kamu di sini
  2. Unggah foto kamu yang paling menarik di feed Instagram
  3. Jangan lupa berikan juga caption berupa review terbaik kamu tentang Dove Original Deodorant (40ml atau 150ml) yang kamu beli
  4. Simpan struk pembelian untuk proses validasi pemenang
  5. Kemudian cantumkan hashtag #ShaveAndShine di caption

Wah, ternyata gampang banget ya caranya, makanya jangan sampai kamu nggak ikutan ya, Bela. Soalnya Dove Original Deodorant sudah menyiapkan hadiah seru nih buat kamu, seperti 30 paket Dove Beauty Box, 10 unit kamera polaroid, 7 unit jam tangan dan yang paling spektakuler ada hadiah utama berupa 3 paket liburan ke Maldives. Kebayang kan serunya liburan di Maldives? Makanya buruan ikutan #ShaveAndShine Challenge sekarang juga!

4. Selalu improve kemampuan yang sesuai dengan passion kamu

Stay Confident! 5 Hal Ini Bikin Kamu Pede Saat Menghadapi Body ShamingShutterstock.com/Golubovy

Walau sudah mengetahui bahwa setiap orang punya bentuk tubuh yang berbeda-beda, tapi rasanya masih menyakitkan ya saat mendengar ada orang terdekat kita yang mengomentarinya secara negatif. Daripada kamu fokus sama komentar negatif di sekitarmu, kamu bisa lho menggunakan waktumu untuk meningkatkan kemampuan di bidang-bidang yang kamu sukai. Yuk, buktikan ke mereka kalau bentuk tubuh yang kamu miliki tidak membatasi ruang gerakmu.

5. Mulai mencari lingkaran pertemanan yang membawa dampak positif

Stay Confident! 5 Hal Ini Bikin Kamu Pede Saat Menghadapi Body ShamingShutterstock.com/Prostock-studio

Pertama-tama kamu harus sadar bahwa lelucon seharusnya bisa diterima orang yang memberikan lelucon itu maupun yang menerima. Kalau dengan menggunakan tubuh kamu sebagai objek candaan dan bahkan kamu nggak merasa nyaman dengan itu, bisa jadi ini sudah mengarah ke body shaming, Bela. Kalau sudah kamu peringatkan tentang candaan mereka yang menyinggungmu tapi mereka nggak mengubah sikapnya, ini waktunya memberi jarak dengan mereka. Ingat ya Bela, kesehatan mental kamu juga penting!

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat menerima body shaming dari orang terdekat kamu. Tetap percaya diri di manapun kapanpun ya, Bela!