Jika bisa memilih, kamu ingin traveling dengan pesawat, mobil, atau kereta? Tiga kendaraan umum ini memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri sehingga banyak yang memilih sesuai destinasi yang dituju dan jarak tempuh yang dimiliki. Tapi, semua setuju kalau perjalanan dengan kereta itu menyenangkan, bukan?

Belum pernah mencoba jalan-jalan dengan kereta? Maka kamu melewatkan keseruan mendasar dari sebuah perjalanan, Bela! Mengutip dari Huffington Post, ini tujuh alasan kamu harus mencoba naik kereta untuk traveling selanjutnya.

1. Biaya yang lebih hemat

7 Alasan Perjalanan dengan Kereta Bikin Traveling Jadi Lebih Berkesanunsplash.com/Mado El Khouly

Di Indonesia, harga tiket kereta sangat bersaing dengan tiket bis, namun lebih terjangkau dari tiket pesawat. Meski kurang cepat dibandingkan dengan transportasi udara, untuk perjalanan jarak dekat atau perjalanan yang santai, kereta menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, harganya cukup stabil.

2. Nggak membutuhkan banyak antrian

7 Alasan Perjalanan dengan Kereta Bikin Traveling Jadi Lebih Berkesan unsplash.com/Zhipeng Ya

Dibandingkan dengan pesawat, perjalanan dengan kereta nggak membutuhkan banyak check-in, seperti pemeriksaan keamanan dan antrian keberangkatan. Kamu mungkin akan mengalami beberapa antrian saat menaik kereta antarnegara seperti di Eropa, namun tetap saja proses keberangkatannya nggak repot seperti pesawat.

3. Menikmati pemandangan dan kenangan

7 Alasan Perjalanan dengan Kereta Bikin Traveling Jadi Lebih Berkesan unsplash.com/Mike Kotsch

Saat berada di kereta, kamu dapat menikmati pemandangan baru yang hanya bisa dilihat saat berada di transportasi itu. Juga, menikmati perjalanan di kereta akan membangkitkan kenangan masa lalumu, seperti liburan bersama keluarga atau perjalanan sekolah dengan naik kereta.

4. Kebebasan beraktivitas

7 Alasan Perjalanan dengan Kereta Bikin Traveling Jadi Lebih Berkesanunsplash.com/Florian van Duyn

Saat di pesawat, umumnya kamu perlu berada tetap di bangku dan terjaga dengan sabuk pengaman. Di kereta, kamu bebas melakukan apapun. Setelah menemukan kursi dan menaruh koper, kamu bisa berjalan-jalan dan bebas melakukan kegiatanmu. Kamu juga nggak perlu terganggu dengan permintaan para petugas (selain kondektur yang datang memeriksa tiket!).

5. Perjalanan yang lebih nyaman

7 Alasan Perjalanan dengan Kereta Bikin Traveling Jadi Lebih Berkesanunsplash.com/Jake Sloop

Selain bebas beraktivitas, kamu juga dapat menikmati perjalanan dengan nyaman. Pada kereta kelas eksekutif, kamu akan mendapatkan bangku dengan ruang gerak yang cukup luas. Juga, kamu nggak akan mengalami turbulensi saat berada di atas langit maupun kemacetan seperti yang dialami saat naik mobil.

6. Nggak ada biaya tersembunyi

7 Alasan Perjalanan dengan Kereta Bikin Traveling Jadi Lebih Berkesanunsplash.com/Ryan Tang

Umumnya, kereta nggak akan meminta biaya lebih pada barang yang kamu bawa. Jadi, nggak ada biaya-biaya tersembunyi yang akan menghantuimu saat ingin membeli tiket.

7. Pengalaman yang menyenangkan

7 Alasan Perjalanan dengan Kereta Bikin Traveling Jadi Lebih Berkesan unsplash.com/Tanja Heffner

Perjalanan yang nyaman, pemandangan yang memukau, bebas beraktivitas, semuanya akan memberikanmu pengalaman yang menyenangkan selama liburan. Kamu bisa betah berlama-lama menaiki transportasi ini.

Memang, kereta nggak bisa membawamu menyebrangi lautan, atau membawamu langsung ke destinasi wisata yang kamu inginkan. Namun, perjalanan kereta nggak akan pernah membuatmu menyesal!

BACA JUGA: Di Eropa Naik Kereta 2 Jam Sudah Bisa Pindah Negara, Benarkah?‚Äč