Kecerdasan seringkali dikaitkan dengan tingginya IQ yang seseorang miliki. Padahal faktanya, kecerdasan nggak selalu tentang tahu banyak hal atau pintar di mata pelajaran tertentu, terutama matematika dan ilmu sains. Melansir dari Bustle, para ahli menuturkan jika seseorang yang cerdas adalah ia yang fleksibel dalam berpikir, dapat beradaptasi dengan perubahan, berpikir sebelum bertindak dan mampu mengelola emosinya dengan baik.

Dari penuturan para ahli itu, dapat disimpulkan kalau orang dengan IQ yang tinggi memiliki beberapa tipe kecerdasan, termasuk di antaranya kecerdasan intelektual, kecerdasan sosial, dan kecerdasan emosional. Selain itu, peneliti juga mengungkapkan kalau orang yang cerdas memiliki sifat dan karakter tertentu. Apa saja?

1. Penuh empati dan iba hati

Sadar, Nggak? 7 Sifat Ini Menandakan Kamu Memiliki IQ yang TinggiUnsplash.com/@kevin_butz

Menurut pandangan para ahli psikolog, ada hubungan antara kecerdasan emosional dan IQ yang tinggi dalam penilaian psikologis. Semakin tinggi nilai seseorang dalam sifat empati, semakin tinggi pula nilainya dalam pemahaman verbal yang efektif. Dengan kata lain, empati yang termasuk dalam bagian kecerdasan emosional, dan pemahaman yang merupakan bagian dari kecerdasan kognitif, saling berkaitan secara langsung. Jadi jika memimpin dengan hati, besar kemungkinan kalau kamu pun memimpin dengan pikiranmu.

2. Selalu ingin tahu

Sadar, Nggak? 7 Sifat Ini Menandakan Kamu Memiliki IQ yang TinggiUnsplash.com/@pepitaphotos

Orang yang pintar pasti gemar membaca. Namun, bukan berarti kepintarannya diukur dari banyaknya jumlah buku yang dibaca dalam sehari. Melainkan, kecerdasannya diukur dari tingkat keingin tahuannya tentang sesuatu dan semuanya. Orang yang cerdas melibatkan passion-nya dan bertanya sejelas mungkin. Mereka senang mempelajari tentang orang lain, budaya, binatang, sejarah, dan dunia dalam cakupan yang lebih luas.

Jadi sebenarnya, gemar membaca bukan menjadi sebuah tanda signifikan terhadap kecerdasan seseorang. Namun, hobi membaca menunjukkan kalau kamu senang belajar dan selalu ingin tahu.

3. Pengamat dan senang mengamati apapun

Sadar, Nggak? 7 Sifat Ini Menandakan Kamu Memiliki IQ yang TinggiUnsplash.com/@chaseelliottclark

Ketimbang membanggakan kecerdasannya, orang dengan IQ tinggi justru cenderung diam dan lebih suka mengamati. Mereka nggak akan memberi tahu pencapaian yang telah didapatkan atau pendapatnya pada orang lain. Orang dengan kecerdasan yang tinggi lebih suka mengamati. Dia memiliki kemampuan untuk menyadari hal-hal kecil yang luput dalam jangkauan orang lain.

4. Kendali pada diri sendiri

Sadar, Nggak? 7 Sifat Ini Menandakan Kamu Memiliki IQ yang TinggiUnsplash.com/Rohan Makhecha

Mampu mengendalikan diri sendiri adalah tanda kedewasaan. Kamu tahu cara mengendalikan emosi dan dorongan sehingga nggak menimbulkan hal-hal yang dapat merugikan siapapun. Menurut para ahli, memiliki kemampuan mengendalikan diri sendiri adalah salah satu tanda kecerdasan tinggi karena itu menunjukkan kalau seseorang berpikir sebelum bertindak. Selain itu, orang dengan IQ tinggi akan bekerja menyelesaikan masalahnya ketika ada hal-hal yang mengganggu dalam hidupnya.

5. Ingatan yang baik

Sadar, Nggak? 7 Sifat Ini Menandakan Kamu Memiliki IQ yang Tinggi

Ada hubungan antara ingatan yang bekerja dengan baik dan kecerdasan umum. Ketika seseorang memiliki ingatan yang baik, tandanya ia memiliki keterampilan fungsi eksekutif, ingatan jangka pendek yang baik, kemampuan untuk fokus dan memerhatikan. Selain itu, memiliki ingatan yang baik juga menunjukkan kalau seseorang memiliki fleksibilitas kognitif dan mudah beralih dari satu hal ke hal lainnya.

6. Sadar dengan batas diri sendiri

Sadar, Nggak? 7 Sifat Ini Menandakan Kamu Memiliki IQ yang TinggiUnsplash.com/Nathan Dumlao

Orang dengan IQ tinggi nggak akan bertindak seakan dirinya tahu segalanya. Faktanya, tanda kecerdasan yang tinggi adalah menyadari kalau dirinya nggak tahu segalanya. Orang yang cerdas nggak akan melakukan sesuatu jika nggak tahu, dan nggak akan bersikap seolah dirinya mampu. Sebaliknya, ia menyadari batas kemampuan diri sendiri dan mengakuinya. Ini pun menunjukkan kalau dirinya terbuka untuk belajar dari orang lain atau dari situasi yang ia hadapi.

7. Senang mengikuti alur yang ada

Sadar, Nggak? 7 Sifat Ini Menandakan Kamu Memiliki IQ yang TinggiUnsplash.com/Cole Patrick

Tanda lainnya seseorang memiliki kecerdasan yang tinggi adalah kemampuannya untuk fleksibel dan mengikuti alur yang ada. Sebab ketimbang menjadi "kaku" pada hal yang harus terjadi, orang yang cerdas memiliki mental fleksibel dan pemikiran terbuka. Ia pun dengan mudahnya menyesuaikan diri dengan kehidupan yang tengah berjalan, nggak peduli apapun yang datang menghadangnya. Ini menunjukkan kalau dirinya mampu menyelesaikan masalah dan menemukan solusinya dengan cepat.

Dengan kata lain, cerdas nggak selalu mengenai orang yang banyak membaca buku atau pintar dalam banyak bidang. Orang dengan IQ yang tinggi memiliki ciri-ciri yang melibatkan kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan sosial. Merasa memiliki tanda-tanda di atas dalam dirimu sendiri, Bela? Besar kemungkinan kamu adalah orang dengan kecerdasan yang tinggi.

Baca Juga: 5 Sikap Pemalas Menunjukkan Kamu Punya Tingkat Kecerdasan yang Tinggi