Di mata sebagian orang, kutek bening boleh jadi hanya sebatas kutek yang dapat membuat kuku berkilau. Selebihnya, nggak ada lagi kelebihan yang dapat dimanfaatkan. Banyak yang nggak tertarik untuk membeli kutek bening ini ke dalam koleksi mereka karena hal tersebut. Kalaupun memilikinya, hanya akan berdiam di dalam lemari atau laci penyimpanan.

Padahal, kamu bisa menggunakan kutek bening untuk berbagai hal, Bela. Di luar dari manfaatnya yang dapat membuat kuku menjadi lebih berkilau dalam warna natural, kamu dapa menggunakan cat kuku ini untuk memperbaiki benda-benda di rumah! Melansir dari Bustle, ini beberapa masalah atau kerusakan di rumah yang dapat kamu atasi dengan bantuan kutek bening.

1. Membuat korek batangan menjadi tahan air

Kegunaan Kutek Bening untuk Perbaiki Benda di Rumahbustle.com

Korek batangan mungkin sudah jarang digunakan. Namun ketika hanya itu satu-satunya pemantik api yang kamu miliki, itu akan menjadi benda paling berguna pada saat itu. Kamu dapat membuat dan menjaga korek api batangan menjadi tahan air dengan mencelupkannya ke dalam kutek bening. Jadi, meski terkena atau terendam air, kamu masih bisa menggunakannya disaat-saat genting.

2. Menjaga kayu furnitur nggak membuat tersangkut pakaian

Kegunaan Kutek Bening untuk Perbaiki Benda di Rumahbustle.com

Furnitur atau desain rumah yang terbuat dari kayu memang menawan. Namun ketika serat atau kayu itu sendiri mencuat dan bajumu tersangkut pada bagian rusak tersebut, itu menjadi sebuah musibah yang ingin kamu hindari. Ketika ada bagian kayu yang mencuat dari furnitur itu sendiri, oleskan kutek bening pada bagian serpihan kayu agar nggak merusak baju atau kain-kain lainnya.

3. Memberi label pada toples tanpa menodainya

Kegunaan Kutek Bening untuk Perbaiki Benda di RumahUnsplash.com/Waldemar Brandt

Suka menggunakan wadah bekas untuk dijadikan tempat penyimpanan? Pastinya kamu ingin memberikan label nama agar mudah mengingatnya. Jika nggak ada label tempel dan hanya ada spidol, kamu bisa menggunakan kutek bening untuk melapisi tulisan spidol sehingga nggak memudar atau menjadi noda yang mengotori toples.

4. Memperbaiki retak kecil pada kaca jendela

Kegunaan Kutek Bening untuk Perbaiki Benda di Rumahbustle.com

Ada retak kecil pada kaca jendela rumah atau kaca mobil? Kamu bisa mencegah agar retak tersebut nggak melebar dengan menggunakan kutek bening. Cara ini nggak dapat mengatasi secara permanen, namun kutek bening diyakini dapat mencegah retak kaca menjadi lebih parah, yang membuatmu harus mengeluarkan biaya lebih besar utnuk memperbaikinya.

5. Mengencangkan sekrup

Kegunaan Kutek Bening untuk Perbaiki Benda di RumahUnsplash.com/Ben Lodge

Sekrup yang longgar pada lacii atau kacamata bisa sangat mengganggu, ya, Bela? Coba kencangkan kembali dengan kutek bening. Oleskan kutek bening pada sekrup sebelum mengencangkannya. Mudah untuk kamu coba!

6. Memperbaiki lubang kecil pada lapisan pelindung ventilasi

Kegunaan Kutek Bening untuk Perbaiki Benda di Rumahbustle.com

Lapisan pelindung ventilasi atau kaca jendela yang bolong dapat memudahkan serangga kecil masuk ke dalam rumah. Jika lubang tersebut kecil, kamu dapat memperbaikinya dengan mengoleskan kutek bening. Namun perlu diingat, cara cepat ini dapat memperbaiki lubang kecil atau mencegahnya melebar, tetapi nggak dapat memperbaiki lubang yang sama pada sesuatu yang signifikan.

7. Mencegah karat pada botol dan kaleng

Kegunaan Kutek Bening untuk Perbaiki Benda di RumahUnsplash.com/Timo Bonin

Mungkin jarang disadari, tetapi bagian bawah produk seperti kaleng krim pencukur dan botol lainnya dapat menjadi berkarat, terutama jika disimpan pada ruangan yang selalu basah. Cukup mengganggu, terutama jika karat tersebut menodai keramik ruangan. Untuk mengatasi hal ini, oleskan kutek bening pada bagian bawah botol atau kaleng, lalu biarkan mengering sempurna sebelum meletakkannya kembali pada tempatnya.

8. Menjaga kancing pakaian pada tempatnya

Kegunaan Kutek Bening untuk Perbaiki Benda di RumahPexels.com/Pixabay

Kadang-kadang, kancing baju dapat mengendur dan jatuh dari baju atau jenis pakaianmu yang lain. Kamu bisa mengatasi masalah kecil ini dengan mengolesikan kutek bening pada kancing baju. Lapisan kutek tersebut dapat menjaga kancing tetap pada tempatnya.

9. Menjaga pakaian dari gantungan baju kayu

Kegunaan Kutek Bening untuk Perbaiki Benda di RumahUnsplash.com/Andrej Lišakov

Gantungan baju, terutama yang terbuat dari kayu, membuat deretan baju di lemari terlihat lebih estetik. Namun ketika kayu tersebut sudah mencuat dan berpotensi merobek bajumu, itu adalah kecelakaan dalam rumah yang ingin kamu hindari sebisa mungkin. Cegah situasi ini dengan melapisi gantungan baju kayu menggunakan kutek bening. Keringkan, kemudian pakai kembali dengan perasaan tenang.

10. Mengunci ujung tali sepatu

Kegunaan Kutek Bening untuk Perbaiki Benda di RumahUnsplash.com/Imani Clovis

Kutek bening dapat membantu menjaga tali sepatu menjadi lebih awet. Lapisi ujung tali sepatu dengan kutek bening. Cara ini menjadikan ujung tali sepatu nggak terurai atau terbuka dan membuatnya menjadi lebih cepat rusak. Tali sepatumu akan terlihat baru setiap saat.

11. Membersihkan sekrup berkarat

Kegunaan Kutek Bening untuk Perbaiki Benda di Rumah

Sekrup berkarat terlihat kurang bagus, seakan nggak dapat dipakai kembali. Jika ingin memperbaikinya, kamu bisa membersihkannya dari karat, mewarnainnya dengan spidol permanen, lalu lapisi dengan kutek bening untuk menjaga warna tersebut dengan tahan lama.

12. Label tanaman tahan air

Kegunaan Kutek Bening untuk Perbaiki Benda di Rumah

Membuat label nama untuk setiap tanamanmu membantumu untuk mengenali setiap tumbuhan yang kamu rawat, terutama jika masih dalam fase bibit. Namun label ini dapat cepat rusak ketika terkena air, baik air siraman maupun air hujan. Kamu bisa mengatasi situasi ini dengan melapisi label tersebut menggunakan kutek bening. Produk kuku ini dapat membuat label nama menjadi tahan air.

13. Menyembunyikan ubin yang mengelupas

Kegunaan Kutek Bening untuk Perbaiki Benda di RumahUnsplash.com/Markus Spiske

Jika melihat ubin atau keramik ruanganmu mengelupas, kamu bisa menggunakan kutek untuk menyembunyikan kerusakan itu. Menariknya, kamu bisa melakukan trik ini dengan kutek warna apapun, yang sesuai dengan warna ubin milikmu.

14. Mencegah cat mobil terkelupas dari berkarat

Kegunaan Kutek Bening untuk Perbaiki Benda di RumahUnsplash.com/David Straight

Apa cat mobilmu mengelupas dalam bentuk noda-noda kecil? Kutek bening memang nggak dapat memperbaiki masalah itu sepenuhnya, namun produk itu dapat mencegah kelupas tersebut dari berkarat atau terlihat lebih buruk lagi. Lapisi bagian cat mobil yang mengelupas dengan kutek bening.

15. Menutup amplop

Kegunaan Kutek Bening untuk Perbaiki Benda di RumahUnsplash.com/Siora Photography

Nggak ada lem untuk menutup amplop? Jangan khawatir, Bela. Ambil kutek bening dan oleskan pada amplop. Masalahmu terselesaikan dengan sempurna.

16. Memperbaiki benang pakaian yang terurai

Kegunaan Kutek Bening untuk Perbaiki Benda di RumahUnsplash.com/Markus Spiske

Dengan kutek bening, kamu bisa mencegah benang baju apapun dari rusak terurai, bahkan pada ripped pants sekalipun! Cukup oleskan kutek bening pada bagian pakaian yang sudah mulai terurai.

Punya kutek bening di dalam koleksi kutek? Jangan diabaikan, Bela. Kamu dapat menggunakan kutek bening untuk mengatasi masalah atau kerusakan rumah yang kamu temui. Jadi, banyak gunanya, bukan?

Baca Juga: Pajang Foto Lama di Rumah dengan 8 Inspirasi DIY Unik Ini