Memiliki ruangan dengan luas yang terbatas, dapat menyulitkanmu dalam menempatkan dan meletakkan berbagai benda. Terlebih jika ruangan tersebut memiliki fungsi penting dalam rumah, misalnya dapur. Idealnya, kamu menginginkan dapur yang luas agar dapat menata kitchen set, rak bumbu dapur sampai piring bersih, kompor, kulkas, lemari tambahan, tempat mencuci piring, serta mebel dan dekorasi lainnya untuk membuat dapur terlihat lebih menarik. Tapi, bagaimana jika kamu hanya memiliki dapur dengan luas terbatas?

Dapur yang kecil bukan berarti kamu nggak bisa menyimpan banyak benda. Bahkan, dengan teknik penataan yang tepat, dapur terlihat minimalis dan modern. Melansir dari Good Housekeeping, ada beberapa tips mudah untuk memaksimalkan penataan dan penyimpanan alat-alat dapur di ruangan yang terbatas.

1. Pilih laci ketimbang lemari

Jangan Pusing, Ini Tips Menata Dapur Kecil agar Lebih FungsionalPexels.com/Ready Made

Rak bagian bawah sering menjadi tempat penyimpanan barang secara acak dan kerap luput perhatian. Akibatnya, bagian ini juga menjadi tempat penampung untuk benda asing yang mungkin jarang terpakai. Kalau membutuhkan suatu benda dan itu terletak di bagian belakang, kamu harus mengeluarkan semua benda yang menghalangi di depan dan membuatmu kerja dua kali untuk merapikannya kembali.

Untuk penyimpanan yang lebih praktis, ganti lemari dengan laci. Saat menarik laci, kamu bisa melihat semua benda yang tersimpan sehingga mempermudahmu untuk mengambil tanpa perlu membuatnya berantakan. Menariknya, kamu dapat memasang partisi dan rak dalam laci untuk mempermudahmu dalam menyimpan sesuatu.

2. Memasang partisi dalam lemari dan laci

Jangan Pusing, Ini Tips Menata Dapur Kecil agar Lebih FungsionalGoodhousekeeping.com

Nah, ini dia partisi yang dibahas di atas. Sayang sekali jika ruang laci atau lemari yang luas nggak dapat dimanfaatkan dengan maksimal. 

Alternatif lainnya, kamu dapat memasang rak untuk menata alat masak sehingga tersusun dengan rapi di dalam laci. Kamu juga bisa memasang rak gantung jika lemari berada di atas dinding sehingga kamu dapat memanfaatkan ruang kosong itu untuk menyimpan peralatan dapur lainnya.

3. Memanfaatkan dinding dapur

Jangan Pusing, Ini Tips Menata Dapur Kecil agar Lebih FungsionalPexels.com/Tony Smith

Dinding dapur sebenarnya dapat kamu manfaatkan sebagai tempat penyimpanan, loh. Selain bisa kamu tancapkan paku untuk menggantung alat masak, kamu bisa memasang rak terbuka yang tersusun secara vertikal pada dinding. Tapi, kamu membutuhkan dinding yang cukup tinggi untuk memberi jarak yang luas antara satu rak dengan rak lainnya.

Alternatif lainnya, kamu bisa memasang rak dinding untuk menyimpan berbagai macam benda. 

4. Memasang kitchen set

Jangan Pusing, Ini Tips Menata Dapur Kecil agar Lebih FungsionalPexels.com/Dmitry Zvolskiy

Siapa bilang kitchen set hanya untuk dapur yang luas? Kamu bisa memasang kitchen set meski memiliki kapasitas yang terbatas, kok. Tersedia kitchen set minimalis untuk dapur dengan ruang yang terbatas. Pemasangan set ini membantumu dalam membedakan ruang antara dapur dengan ruang makan, mendapatkan tempat penyimpanan tambahan untuk perlengkapan dan peralatan dapur, serta dapat memberikan ruang tambahan untuk melakukan kegiatan masak-memasak. Jangan lupa, ukur dulu luas dapurmu sebelum memesan kitchen set pilihanmu.

5. Memilih mebel yang efisien

Jangan Pusing, Ini Tips Menata Dapur Kecil agar Lebih FungsionalPexels.com/Saviesa Home

Dapur yang kecil memberikanmu kesempatan untuk melirik furnitur modular atau yang fleksibel, seperti meja makan dan kursi yang bisa dilipat kembali ketika nggak digunakan. Bisa juga kursi makan yang dapat disusun bertumpuk untuk menghemat ruangan. Selain penataan yang menyenangkan, furnitur ini dapat menghemat ruang dapur yang terbatas tanpa harus mengorbankannya (untuk nggak membeli karena luas yang terbatas).

6. Menghemat perlengkapan dapur

Jangan Pusing, Ini Tips Menata Dapur Kecil agar Lebih FungsionalPexels.com/Daria Shevtsova

Tips terakhir memaksimalkan dapur kecil adalah mencoba untuk menghemat perlengkapan dapurmu. Sebab nggak dapat dipungkiri, nggak ada ruang lebih untuk benda-benda yang mungkin dapat kamu pangkas dari ruang tersebut. Apa kamu membutuhkan lebih dari empat set piring dan gelas? Apa kamu membutuhkan lima jenis panci yang berbeda jika kamu dapat memasak dan mengukus di satu-dua panci saja? Pertimbangkan lagi pemilihan peralatan, perlengkapan, serta furnitur dapur sehingga ruangan tersebut nggak terasa sempit karena barang-barang berlebih.

Jangan minder ketika memiliki dapur kecil. Dengan penataan dan pemilihan furnitur yang tepat, dapat membantumu memaksimalkan ruangan yang terbatas. Tips memaksimalkan dapur kecil ini dapat kamu terapkan pada hunian minimalis seperti apartemen. Selamat mencoba, Bela.

Baca Juga: 10 Desain Dapur Minimalis Dari Berbagai Tema Buat Pasutri Muda

Baca Juga: Bersihkan Dapur! Karena Orang Bisa Menilai Sifatmu

Baca Juga: Model Dapur Minimalis