Indonesia Millenial Summit (IMS) digelar kedua kalinya pada tahun 2020, tepatnya pada tanggal 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Pada tahun ini, IMS yang mengusung tema "Shaping Indonesia's Future" menghadirkan 100 pembicara inspiratif yang siap membawa pandangan baru pada generasi millennial calon pemimpin Indonesia di masa depan. Kesemua pembicara itu terbagi ke dalam beberapa stage, di antaranya Visionary Leader, Future is Female, Talent Trifecta, dan Hijrah.

Acara pertama di stage Future is Female membahas tentang "Strong and Striving: Finding Your Rhythm in Life and Love" oleh artis sekaligus entrepreneur, Luna Maya, yang dimoderatori oleh Patricia Gouw. Dalam sesi ini, Luna Maya menceritakan pahit-manis pengalamannya dalam mengejar cita-citanya, termasuk dalam merintis bisnisnya. Perempuan berdarah Bali ini pun membagikan tips sukses berbisnis a la dirinya. Apa saja?

1. Jangan salah pilih partner bisnis

#IMS2020: 5 Tips Sukses Berbisnis a la Luna Maya, Bisa Ditiru!Dok. IDN Media

Salah satu momen kurang mengenakkan yang pernah ia alami dalam berbisnis adalah salah memilih partner. "Saya dulu diajak bekerja sama merintis suatu bisnis fashion. Namun dengan dia, saya nggak diperbolehkan untuk tahu proses bisnis itu. Jadi, cukup terima jadi," tuturnya saat berada di panggung Future is Female IMS 2020. "Karena tidak tahu apa-apa, ternyata saya dicurangi. Karena itu, saya memutuskan untuk menghentikan kerja sama dengannya." Belajar dari pengalaman buruknya itu, ia menekankan untuk nggak salah pilih partner kerja.

2. Memiliki partner bisnis dengan value yang sama

#IMS2020: 5 Tips Sukses Berbisnis a la Luna Maya, Bisa Ditiru!Dok. IDN Media

Selain jangan salah pilih, pastikan kamu harus memiliki value yang sama dalam berbisnis dengan rekan kerja. Perempuan berusia 36 tahun ini menegaskan kalau perbedaan value dapat berdampak kurang baik pada kelancaran bisnis. "Jadi, kenali partner bisnis sebaik mungkin, cari tahu value bisnisnya, sama atau nggak denganmu."

3. Mau terjun dari awal

#IMS2020: 5 Tips Sukses Berbisnis a la Luna Maya, Bisa Ditiru!Dok. IDN Media

Masih berkaca pada pengalaman buruknya itu, salah satu tips sukses berbisnis a la Luna Maya adalah mau terjun dari awal. "Jangan terima jadi saja atau enggan membangun dari awal. Karena kalau seperti itu, kamu dapat dibodohi dan nggak dapat apa-apa".

Mau terjun merintis bisnis sedari dasar nggak hanya membuatmu tahu proses serta seluk-beluk bisnismu. Selain itu, kamu dapat mempelajari proses berbisnis dan mendapatkan banyak pengetahuan baru.

4. Selalu mengaktualisasikan diri

#IMS2020: 5 Tips Sukses Berbisnis a la Luna Maya, Bisa Ditiru!Popbela.com/Gaby

Diakui Luna kalau dirinya besar di zaman yang berbeda dengan generasi masa kini, di mana sudah ada bantuan internet untuk mengakses apapun. Namun, ia nggak menjadikan perbedaan ini sebagai hambatan dirinya untuk maju. Sebaliknya, Luna selalu berusaha mengaktualisasi dirinya agar dapat bersaing di dunia kerja, agar dapat bersaing dengan generasi muda.

5. Jangan takut gagal

#IMS2020: 5 Tips Sukses Berbisnis a la Luna Maya, Bisa Ditiru!Popbela.com/Gaby

Kegagalan dan kesalahan adalah hal yang lumrah terjadi dalam hidup. Hal itu pun nggak luput Luna Maya rasakan saat merintis bisnis-bisnisnya. Karena itu, perempuan kelahiran 26 Agustus 1983 ini menyarankan agar jangan takut gagal atau jangan takut membuat kesalahan. "Memang, zero mistake is better. Tapi dari kesalahan, kamu bisa mempelajari sesuatu. Kamu jadi lebih pintar, lebih bijak, dan lebih baik." 

Ketika menghadapi masalah, Luna selalu berusaha menguraikan masalahnya dan alasannya. Dengan begitu, ia nggak akan melakukannya lagi di bisnis selanjtnya.

Saat ini, Luna Maya telah membuka bisnis di bidang kuliner, properti, makeup, dan fashion. Namun, kesemuanya nggak membuatnya merasa ingin berhenti. Ia masih akan terus melangkah maju dan mengejar cita-citanya. Salah satu cita-cita yang sedang ia kejar adalah melakukan IPO pada perusahaan-perusahaan. "Doakan, ya, dan jangan lupa beli sahamnya!" ucapnya mengakhiri sesi di pagi hari di panggung Future is Female di IMS 2020.

Baca Juga: Transformasi Gaya Luna Maya dari Masa ke Masa