Memiliki tekad yang sama dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk membawa pendidikan Indonesia ke arah lebih baik, Iman Usman selaku Co-founder dan Chief of Product Ruangguru menuturkan kalau teknologi dapat membantu membawa pengalaman belajar-mengajar menjadi lebih modern dan interaktif. Salah satunya, penggunaan video yang kini menjadi salah satu media pembelajaran untuk para murid.

"Melalui video, murid-murid bisa langsung melihat jawaban yang benar. Jadi, mereka bisa tahu letak kesalahannya setelah lihat soal," tuturnya saat ditemui di acara Indonesia Millenial Summit (IMS) 2020 di The Tribata, pada hari Jumat (17/1), di panggung Visionary Leader dalam sesi “Education 4.0: Building Human Resources For The Future”.

Selain itu, pemanfaatan teknologi memungkinkan murid-murid untuk mendapatkan materi terbaru lebih cepat. Mereka yang mengakses materi tersebut pun dapat memberikan feedback dengan cepat.

#IMS2020: Iman: ‘Teknologi Bantu Bawa Perubahan dalam Pendidikan’Dok. IDN Times/Kevin Handoko

Laki-laki asal Padang itu juga menceritakan kalau teknologi dalam pendidikan dapat menjangkau kalangan difabel. Berdasarkan pengalamannya, ada murid yang mengalami keterbatasan tuna netra, mengaku dapat belajar dengan lebih mudah menggunakan video. Pengakuan tersebut membuat Iman tersentuh.

Artinya, teknologi nggak hanya membawa pengalaman baru dalam dunia pendidikan, tetapi juga membuat materi pembelajaran dapat diakses oleh siapa saja dari semua kalangan.

Sebagai seorang aktivis yang peduli dengan pendidikan, Iman nggak pernah berhenti melakukan inovasi dan menghadirkan berbagai fitur untuk membuat pengalaman belajar-mengajar menjadi lebih modern. Menurutnya, inovasi dalam dunia pendidikan itu dapat dilakukan di mana saja. Setuju?

Baca Juga: #IMS2020: SDM Unggul Butuh Kolaborasi Banyak Pihak