Memasuki Natal dan Tahun Baru, pertanda kalau satu tahun yang penuh tantangan serta petualangan akan berakhir. Kamu akan segera menemui babak akhir dari perjalanan selama  365 hari, kemudian membuka kembali babak baru di tahun baru. Sudah siap, Bela?

Bagaimana pun perjalananmu, tahun 2018 merupakan tahun terbaik yang meninggalkan kesan serta pengalaman terbaik. Sebagian ada yang melaluinya dengan baik, sebagian kurang baik. Namun, bukan berarti hal yang sama akan terulang lagi di tahun 2019. Jika mengharapkan tahun 2019 yang lebih baik dan lebih beruntung, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, loh. Melansir dari Elite Daily, beberapa pakar memberikan tips agar tahun barumu jadi lebih beruntung, dan lebih bahagia dari sebelumnya.

1. Menjaga kesehatan jiwamu

6 Tips Para Ahli Ini Bisa Bikin Tahun 2019 Jadi Penuh Keberuntunganpexels.com/Djalma Paiva Armelin

Menurut seorang public speaker dan coach Karla Starr, salah satu dasar untuk menarik energi baik dan keberuntungan dalam hidup adalah menjaga dirimu sendiri, termasuk kesehatan jiwa. "Menjadi cemas membuat orang berpikir kalau hal buruk akan terjadi, mengartikan hal-hal netral dengan cara yang lebih negatif, dan membuat hal buruk menjadi lebih buruk," ujarnya, "Ini membuat seseorang sulit memperhitungan risiko, juga sulit untuk bergerak maju." Maka dengan kata lain, ketika dapat mengelola dan memancarkan aura positif dari dirimu sendiri, terlepas dari keadaan yang sedang terjadi di sekitarmu, kamu bisa berada di posisi utama untuk keberuntungan yang baik. Sebab, kamu nggak akan takut untuk melangkah keluar dari zona nyaman dan mengambil risiko.

2. Membaca horoskop

6 Tips Para Ahli Ini Bisa Bikin Tahun 2019 Jadi Penuh Keberuntunganpexels.com/fotografierende

Konsultan astrolog bersertifikasi Elisabeth Grace menyarankanmu bertanya pada ahli astrologi untuk membantu mengartikan horoskopmu. Dengan begitu, kamu dapat memahami hal-hal yang dapat membawa keberuntungan seiring pergantian tahun. Sosok astrologer dapat mengatakan jika kamu sedang dalam kondisi beruntung dan menunjukkan waktu yang tepat ketika sedang nggak beruntung. Ia pun dapat membantumu untuk jadi lebih beruntung dengan cara mencarikan kesempatan yang sesuai dengan potensimu.

3. Mengikuti intuisimu

6 Tips Para Ahli Ini Bisa Bikin Tahun 2019 Jadi Penuh Keberuntunganpexels.com/Miguel Á. Padriñán

Cara lain untuk jadi lebih beruntung di tahun 2019 adalah benar-benar mendengarkan intuisimu. "Kenali hal-hal yang dapat memicu dirimu, dan dengarkan intuisimu," ujar Justin Peck, juru bicara untuk National Alliance on Mental Illness, "Orang yang paling beruntung memiliki indera keenam ini." Contohnya, kamu mendapat dua tawaran pekerjaan dan harus memilih salah satu di antaranya. Coba fokuskan pada hal yang intuisimu katakan. Besar pendapatan atau posisi yang diberikan dapat menjadi distraksi dalam memilih. Namun, coba pertimbangkan dari segi kenyamanan dan impian terbesarmu. Dengan begitu, kamu dapat memilih jalan karier yang terbaik.

4. Menunjukkan dirimu sendiri

6 Tips Para Ahli Ini Bisa Bikin Tahun 2019 Jadi Penuh Keberuntunganpexels.com/Pixabay

Selain mau mendengarkan intuisimu, kamu perlu mewujudkannya dengan aksi nyata, yaitu dengan melakukan hal yang intuisimu katakan padamu. "Penelitian menunjukkan kalau mereka yang unjuk diri dan hadir menerima lebih banyak kesempatan beruntung daripada mereka yang hanya berdiam diri di rumah," ujar Starr. Meski artinya kamu menerima banyak kesempatan, bukan berarti kamu bisa mengatakan "Ya" pada semuanya! Pilih kesempatan yang memang sesuai dengan minatmu, dan kalau bisa, dapat memperluas koneksimu dengan orang-orang baru.

5. Buat ekspektasimu menjadi hal yang wajar

6 Tips Para Ahli Ini Bisa Bikin Tahun 2019 Jadi Penuh Keberuntunganpexels.com/Miguel Á. Padriñán

Membuat target sangat penting untuk mendisiplinkan diri sendiri dan dapat mengukur tingkat kemajuan yang telah dicapai. Namun, terlalu menegaskan diri dengan membuat peraturan yang ketat dan target yang sulit didapat akan membebani dirimu sendiri, Bela. Jadi, menurut intuitive health coach Amanda Gabbert, jangan terlalu keras dengan diri sendiri. Sebaliknya, fokuskan diri pada perasaan yang ingin kamu rasakan dalam berbagai aspek kehidupan. Juga, jadi terbuka pada hal-hal yang akan datang padamu. Dengan begitu, kamu akan menemukan yang diinginkan dengan mudah.

6. Berlatih berbuat kebaikan

6 Tips Para Ahli Ini Bisa Bikin Tahun 2019 Jadi Penuh Keberuntunganpexels.com/Jonathan Petersson

Mengambil inisiatif berperan penting dalam menarik energi baik ke dalam hidupmu. Namun, sikapmu pun memiliki besaran peran yang sama. Setiap orang menilai orang lain berdasarkan kehangatan dan kompetensi, namun kompetensi jauh lebih penting. Caramu memperlakukan orang lain pun memainkan peranan penting dalam energi yang kamu ingin tarik. Jadi, ingatkan dirimu sendiri untuk bersikap baik dan melakukan kebaikan pada siapapun yang kamu temui.

Keberuntungan nggak selalu datang dengan sendirinya dan menemukan dirimu, Bela. Terkadang, kamu perlu berusaha untuk membuatnya datang ke arahmu. Semoga tahun 2019 menjadi tahun keberuntungan untukmu!

Baca Juga: Keberuntungan Itu Diciptakan Sendiri, Bukan Ditunggu! Ini Dia Cara Orang Cerdas Menciptakan Keberuntungan Mereka