Sering dinilai sebagai seseorang yang jutek oleh orang lain saat pertama kali bertemu atau berkenalan? Padahal mungkin sebenarnya, kamu adalah sosok yang lembut dan perhatian? Kesan pertama ini dapat mudah terjadi ketika kamu memiliki kebiasaan yang membuatmu terlihat seperti orang yang jutek atau cuek, bahkan tanpa kamu sadari, Bela.

Terlihat jutek memang bukan sesuatu yang membahayakanmu. Namun, bukan berarti kamu nggak perlu memperbaikinya, lho. Melansir dari Bustle, mengubah kesan pertamamu agar terlihat seperti orang yang ramah tentu saja akan membuatmu terlihat seperti sosok yang baik dan mudah didekati. Jika ingin mengubahnya, ada beberapa kebiasaan yang perlu kamu ubah, Bela.

1. Menunggu orang lain mendekatimu lebih dulu

11 Kebiasaan Ini Membuatmu Terlihat Seperti Orang JutekPexels.com/mentatdgt

Jika kamu lebih memilih berdiam diri di area yang lebih sepi saat menghadiri sebuah acara, hal ini bisa saja membuatmu terlihat seperti sosok yang jutek. Memang, mungkin kamu hanya ingin merasa lebih tenang di tengah keramaian. Namun coba pikirkan dari perspektif orang lain. Jika kamu merasa nggak ada orang lain yang mengajakmu berbicara, kemungkinan besar itu terjadi karena kamu nggak pernah mengajak orang lain untuk mengobrol lebih dulu. Menurut para ahli, nggak mendekati orang lain dapat membuatmu terlihat sombong dan jutek.

2. Memberikan aura nggak tertarik dengan bahasa tubuhmu

11 Kebiasaan Ini Membuatmu Terlihat Seperti Orang JutekPexels.com/Cflgroup

Bahasa tubuhmu dapat menunjukkan rasa ketidaktertarikan pada suatu hal tanpa kamu sadari. Misalnya, nggak tersenyum, menyilangkan lengan, melihat ke arah lain saat seseorang berbicara, melihat jam tangan atau handphone saat orang lain mengobrol denganmu, semua sikap ini menunjukkan kalau kamu nggak tertarik dengan seseorang. Jika ingin terlihat lebih ramah dan baik, coba biarkan lenganmu berada di masing-masing sisi tubuhmu. Bahasa tubuh yang terbuka ini dapat memengaruhi kesan orang lain padamu.

3. Terlalu jujur saat mengobrol

11 Kebiasaan Ini Membuatmu Terlihat Seperti Orang JutekPexels.com/Moose

Jujur itu baik, namun terlalu jujur dan terbuka saat sedang mengobrol dapat membuatmu terlihat seperti orang jutek dan nggak peduli dengan orang lain. Misalnya saat sedang mengobrol santai, kamu mengomentari seseorang dengan kalimat yang terlalu terbuka hingga terkesan kasar. Kebiasaan ini yang dapat membuat orang lain menilaimu sebagai orang jutek. Mungkin kamu bisa menggunakan bahasa yang lebih sopan atau memilah-milih kosakata yang lebih sopan ketika sedang menyampaikan suatu hal.

4. Selalu terlambat

11 Kebiasaan Ini Membuatmu Terlihat Seperti Orang JutekPexels.com/Pixabay

Kami akui, selalu tepat waktu 100% setiap kali janjian memang nggak mungkin terjadi. Namun, selalu terlambat saat ingin bertemu orang lain dapat memberikan kesan yang kurang baik di mata mereka. Kebiasaanmu ini menunjukkan kalau kamu nggak memprioritaskan pertemuan itu, atau menyiratkan kalau waktumu sendiri lebih penting ketimbang waktu orang itu. Meski mungkin bukan itu maksud yang ingin kamu sampaikan, kesan itu bisa saja terbangun dalam pikiran seseorang mengetahui kamu selalu datang terlambat.

5. Nggak merasa sabar

11 Kebiasaan Ini Membuatmu Terlihat Seperti Orang JutekPexels.com/Gabriel

Menurut para ahli, orang yang nggak sabar seringkali dianggap jutek, Bela. Rasa ketidaksabaran itu dapat diartikan sebagai rasa marah, terganggu, mudah tersinggung, yang dapat mengganggu suasana di sekitarmu. Jadi ketika merasa nggak sabar pada seseorang atau pada suatu hal, coba untuk menahannya dan berusaha lebih sabar lagi.

6. Mengatakan apapun yang ingin dikatakan, kapan pun itu

11 Kebiasaan Ini Membuatmu Terlihat Seperti Orang JutekPexels.com/Rodolfo

Kita pasti punya teman yang dapat mengatakan apapun dengan mudahnya, nggak peduli kapapun dan di mana pun itu. Rasanya, seperti nggak ada sesuatu yang dapat menyaring perkataan keluar dari mulutnya. Apa kamu justru bersikap seperti ini, Bela? Pada beberapa momen, kebiasaan ini memang dapat mengesankanmu sebagai orang yang menyenangkan dan penuh kharisma. Namun di sisi lain, mudah mengatakan suatu hal pada orang lain dapat membuatmu terlihat seperti orang yang galak dan jahat. Para ahli menyarankan untuk selalu melihat lawan bicara mu, dan mencoba untuk mengurangi kebiasaan itu, terutama pada orang yang baru saja kamu kenal.

7. Selalu berpikir negatif

11 Kebiasaan Ini Membuatmu Terlihat Seperti Orang JutekPexels.com/Anastasiya

Mungkin kamu pernah mengalami hal-hal buruk sebelumnya sehingga itu memengaruhimu untuk selalu berpikir negatif dan pesimis. Namun, bukan berarti kamu memperkirakan hal yang sama pada keadaan yang dialami orang lain. Selalu pesimis, berpikir negatif, dan memperkirakan sesuatu yang buruk hanya akan membuatmu terlihat sebagai orang yang jutek dan galak.

8. Lupa membuat kontak mata dengan lawan bicara

Ada banyak alasan kamu nggak dapat membuat kontak mata dengan orang lain, atau nggak bisa menatap mata lawan bicara. Entah itu merasa gugup, merasa malu, entah karena murni lupa melakukan itu. Namun apapun alasannya, sikap ini dapat mencerminkan kalau kamu adalah orang yang jutek, sombong, dan nggak menunjukkan keterarikan pada sesuatu.

9. Mengacaukan pendapatmu dengan fakta

11 Kebiasaan Ini Membuatmu Terlihat Seperti Orang JutekPexels.com/Moose

Mengobrol dan saling berbagi pendapat adalah hal yang baik untuk dilakukan. Namun, para ahli mengingatkan kalau ada perbedaan besar antara opini dan fakta yang ada di dunia ini. Tentu saja, kamu dapat mengutarakan pendapatmu. Namun, jangan lupa untuk membuka pandangan terhadap fakta yang ada dan mau menerima pendapat orang lain. Jika nggak, hal ini  kemudian yang membuatmu terlihat seperti orang sombong dan jutek.

10. Menyembunyikan dirimu yang sebenarnya

11 Kebiasaan Ini Membuatmu Terlihat Seperti Orang JutekPexels.com/David

Orang yang tertarik denganmu ingin tahu dirimu yang sebenarnya. Jika sulit untuk terbuka, teman dan pasangan dapat mulai melihatmu sebagai sosok yang dingin dan jutek. Nggak ada salahnya untuk terbuka dengan perasaanmu dan menunjukkan kelemahanmu pada orang lain. Sebab, kedua hal itu dapat membuat mereka merasa kalau kamu sama sepertinya, seperti kebanyakan orang. Kamu jadi terlihat lebih terbuka dan mudah untuk didekati. Jika sulit, mulailah berlatih dari sekarang.

11. Nggak mau mendengarkan

11 Kebiasaan Ini Membuatmu Terlihat Seperti Orang JutekPexels.com/Craig

Semua orang ingin didengar dan dimengerti. Nggak dapat melakukan itu akan membuatmu dinilai sebagai orang yang jutek dan galak. Jadi, mengapa nggak mulai mencoba untuk mau mendengarkan orang lain saat mereka bercerita, Bela?

Kebiasaan-kebiasaan ini dapat mengesankanmu sebagai orang yang jutek, dingin, sombong, dan sulit diajak berteman di mata orang lain, Bela. Nggak mau ‘kan dianggap seperti itu? Karena itu, mulai berlatih untuk mengurangi kebiasaan-kebiasaan ini sehingga kamu dapat terlihat sebagai orang yang ramah dan terbuka.

Baca Juga: 3 Alasan Cewek Berwajah Jutek Justru Dicari Banyak Cowok